FUNGSI DAN TUJUAN DEMOKRASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA

  • Whatsapp

Cari informasi fungsi dan tujuan demokrasi pancasila yang harus diketahui oleh rakyat Indonesia untuk diterapkan pada kehidupan bangsa Indonesia dan bernegara!

Fungsi dan tujuan demokrasi pancasila jelas sangat mulia dan bermanfaat positif bagi seluruh warga negara Indonesia.  Mengingat warga negara Indonesia berasal dari berbagai suku, ras dan agama yang berbeda.  Agar perbedaan ini tidak menimbulkan sebuah konflik atau kesenjangan sosial maka perlu sekali setiap rakyat Indonesia menerapkan demokrasi pancasila.  Jika anda bertanya apa tujuan dari demokrasi pancasila jelas adalah sebagai pedoman untuk mengambil keputusan dalam kehidupan.  Mulai dari tatanan paling kecil yakni keluarga, masyarakat hingga pemerintahan harus dilaksanakan berdasarkan pedoman demokrasi pancasila.  Sehingga dengan adanya penerapan fungsi dan tujuan demokrasi pancasila yang baik dan benar membuat semua kehidupan bangsa tertata.  Tentunya berjalan dengan baik tanpa perlu melewati batas norma kesopanan.  Ilmu mengenai penerapan dari fungsi dan tujuan demokrasi pancasila sudah ditanamkan sejak dini.  Yakni ilmu mengenai pendidikan pancasila sudah diajarkan sejak semua orang duduk di bangku SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.  Dengan adanya ilmu dari fungsi dan tujuan demokrasi pancasila yang diajarkan sejak dini agar semua rakyat menjadi manusia demokrasi.  Yang mana tetap menghargai pedapat orang lain, memiliki rasa tanggung jawab, tenggang rasa saling menghargai dan menolong.  Agar banyak lagi warga negara Indonesia yang baik yang mana mencintai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari perbedaan.

sumber: httpssatujam.comtujuan-demokrasi-pancasila

Penjelasan Detail Fungsi Dan Tujuan Demokrasi Pancasila Yang Harus Diterapkan Warga Negara Indonesia Berikut Ini!

Jika anda bertanya maksud dari fungsi dan tujuan demokrasi pancasila sudah pasti sangat mulia untuk negara dan bangsa ini.  Target penerapan adanya demokrasi pancasila di Indonesia ini sebagai alat dimana untuk menciptakan penduduk yang adil dan makmur dengan landasan pancasila.  Semua target, fungsi dan tujuan demokrasi pancasila jelas tercatat pada UUD 1945.  Yakni membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi semua bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah negara Indonesia.  Demi memajukan kesejahteraan umum yang mana merata untuk seluruh bangsa dan rakyat Indonesia.  Selain itu adanya penerapan demokrasi pancasila memilih fungsi dan tujuan demokrasi pancasila untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.  Turut pula melakukan ketertiban dunia yang sesuai dengan asas kemerdekaan, perdamaian, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.  Penerapan fungsi dan tujuan dari demokrasi pancasila ini harus berdasarkan nilai yang terkandung pada setiap sila pancasila.  Agar lebih jelas seperti apa fungsi dari demokrasi pancasila yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini penjelasannya:

  1. Menjamin Keikutsertaan Rakyat Indonesia Dalam Kehidupan Bernegara

Pertama dari fungsi dan tujuan demokrasi pancasila adalah menjamin keikutsertaan semua rakyat Indonesia dalam kehidupan bernegara.  Hal ini berlaku bagi semua warga negara Indonesia dari berbagai tingkatan atau pun kalangan tanpa adanya kesenjangan sosial.  Yakni contoh nyata yang melibatkan semua warga negara dalam kehidupan bernegara seperti menyukseskan pemilu.  Selain itu semua warga negara Indonesia juga ikut menyukseskan pembangunan.  Dan tidak lupa memiliki kesempatan yang sama duduk pada badan perwakilan atau permusyawaratan rakyat tanpa mengutamakan kaum mayoritas.

 

  1. Menjamin Tetap Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kedua fungsi dan tujuan demokrasi pancasila yang harus anda ketahui adalah menjamin tegaknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).  Hal nyata yang harus dilakukan oleh semua warga negara Indonesia seperti tidak membedakan suku, ras, agama seluruh rakyat Indonesia.  Mengingat Indonesia tersusun dari banyak perbedaan untuk semua warga negaranya.  Selain itu fungsi dari penerapan demokrasi pancasila tidak membedakan tingkat pendidikan, warna kulit, jabaran, status sosial.  Terutama dalam hal penegakan hukum, agar tidak terjadi konflik dari adanya perbedaan rakyat Indonesia dengan ditegakkannya demokrasi pancasila.

  1. Menjamin Tetap Tegaknya Negara NKRI Yang Menggunakan Sistem Konstitusional

Ketiga fungsi dan tujuan demokrasi pancasila yang harus anda ketahui adalah menjamin tegaknya negara NKRI dengan sistem konstitusional.  Maksudnya di sini adalah menjalankan pemerintahan sesuai dengan acuan konstitusional yakni berdasarkan UUD 1945.  Agar keuntungan NKRI tetap terjaga.  Contoh nyata yang harus anda ketahui adalah adanya gerakan separatis OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang berusaha memisahkan diri dari Indonesia.  Dengan upaya dan usaha dari pemerintah Indonesia berdasarkan asas konstitusional demokrasi pancasila hal ini harus di cegah sebaik mungkin.

  1. Menjamin Tetap Tegaknya Hukum Negara Indonesia Yang Berdasarkan Pancasila

Keempat fungsi dan tujuan demokrasi pancasila adalah menjamin tetap tegaknya hukum yang berlaku di negara Indonesia sesuai pancasila.  Maksud dari fungsi yang keempat ini adalah Indonesia sebagai negara demokrasi harus menjamin penegakan hukum yang sesuai dengan sila pada pancasila.  Tentunya tanpa membedakan status sosial, pendidikan, suku, ras, agama dan lainnya dalam menegakkan hukum yang berlaku sesuai pancasila.

  1. Menjamin Adanya Hubungan Serasi, Selaras Dan Seimbang Setiap Lembaga Negara

Kelima fungsi dan tujuan demokrasi pancasila yang harus anda ketahui adalah menjamin hubungan yang selaras, serasi dan seimbang semua lembaga negara.  Artinya bahwa semua lembaga negara yang ada di pemerintahan Indonesia harus saling mendukung, dan menyempurnakan satu sama lain.  Contoh yang paling mudah untuk anda ketahui adalah Dinas Pendidikan harus berusaha memberikan SDM yang terbaik untuk dinas ketenagakerjaan.  Namun begitu pula sebaliknya dimana dinas ketenagakerjaan harus memberikan peluang kerja bagi lulusan dengan bidang pendidikan dll.

  1. Menjamin Adanya Pemerintahan Negara Indonesia Yang Bertanggung Jawab

Terakhir fungsi dan tujuan demokrasi pancasila yang harus anda ketahui adalah menjamin adanya pemerintahan yang bertanggung jawab.  Tentunya hal ini sesuai dengan masing-masing kedudukan pejabat negara dalam sebuah pemerintahan.  Contoh yang paling mudah untuk anda ketahui adalah presiden sebagai mandataris MPR (Musyawarah Perwakilan Rakyat).  Selain itu presiden juga bertanggung jawab kepada MPR dan segala agen kegiatan yang akan dijalankan.  Begitu pula sebaliknya MPR dalam menjalankan tugasnya harus bertanggung jawab sepenuh hati sesuai dengan mandat yang diberikan oleh presiden Indonesia.

Selain contoh dan penjelasan nyata mengenai fungsi dari demokrasi pancasila anda pun harus tahu tujuan dari demokrasi pancasila.  Agar semua warga negara Indonesia mampu menerapkannya sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari.  Berikut ini beberapa tujuan dari demokrasi pancasila yang harus anda ketahui adalah:

  1. Fungsi dan tujuan demokrasi pancasila pertama adalah menjamin hak-hak rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan agenda negara.
  2. Fungsi dan tujuan demokrasi pancasila yang kedua adalah menata segala norma agar tidak terjadi pelanggaran di masyarakat. Jelas tujuannya agar tidak muncul pertikaian atau konflik mengingat Indonesia terdiri dari berbagai perbedaan.
  3. Fungsi dan tujuan demokrasi pancasila ketiga adalah menambah pengetahuan yang luas serta sikap toleransi dan tanggung jawab setiap masyarakat. Yang mana asas demokrasi pancasila ini diwujudkan sebaik mungkin sejak dini agar tercipta rasa saling menghargai setiap perbedaan.
  4. Fungsi dan tujuan demokrasi pancasila keempat yang harus anda ketahui adalah adanya unsur ketuhanan Yang Maha Esa. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk memilih agama yang diyakininya.
  5. Fungsi dan tujuan demokrasi pancasila kelima adalah mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional dalam segala kegiatan. Terutama dari adanya penjajah atau pengusik kerukunan warga negara Indonesia.
  6. Fungsi dan tujuan demokrasi pancasila keenam adalah mementingkan dialog dan musyawarah untuk berbagai kesepakatan. Untuk mendapatkan keputusan terbaik bagi semua pihak tanpa membedakan.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *