PENGERTIAN SABAR DALAM ISLAM

  • Whatsapp

Anda ingin tahu apa itu pengertian sabar dalam islam untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda. KLIK DISINI!

Pengertian sabar dalam islamSabar adalah sikap menahan diri, emosi, keinginan menahan situasi yang sulit bahkan tidak mengeluh.  Bahkan hingga kini banyak orang yang menggunakan kata sabar, ketika dirinya mengalami musibah.  Sehingga tidak jarang juga kata sabar digunakan saat berpuasa karena menahan segala keinginan yang dilarang dalam puasa.  Sehingga untuk pengertian sabar dalam islam ini memang mencangkup segalanya.  Dimana sabar juga termasuk pengendalian diri yang cukup bernilai tinggi. Dan juga dapat mencerminkan kokohnya jiwa seseorang.  Sehingga makin tinggi kesabaran seseorang, maka akan semakin kuat juga dalam menghadapi berbagai musibah dan masalah yang akan menimpanya.  Dan untuk kata sabar ini sendiri tentu berasal dari bahasa arab.  Dimana kata sabar yakni sobaro berarti menahan. Dan juga menurut istilah, pengertian sabar ialah menahan diri, terhadap segala kesulitan.  Tidak hanya itu, bertahan di kesedihan, maupun menahan diri ketika menghadapi sesuatu yang kurang untuk disukainya. Dan dalam agama islam sendiri terdapat 3 jenis sabar.  Yakni sabar pada ketaatan Allah seperti sabar dalam menjalankan semua ibadah – ibadah kepadanya.  Contoh seperti sabar dalam berpuasa, berzakat, haji dan lainnya.  Dan yang kedua, sabar menghadapi musibah contohnya seperti kehilangan harta, rejeki yang kurang, mengalami musibah.  Bahkan hingga di tinggal oleh orang yang disayang.

sumber: https://www.depokpos.com/2018/12/bermacam-bentuk-sabar-dalam-islam/

Pengertian Sabar Dalam Islam Yang Perlu Anda Tahu

Dan melanjutkan pembahasan di atas, Untuk sabar yang ketiga, adalah sabar dalam menjauhi seluruh pembuatan maksiat maupun semua perbuatan yang diharapkan oleh agama.  Diantaranya sabar tidak melakukan judi.  Selanjutnya sabar tidak meminum – minuman keras.  Selain itu sabar tidak menjalankan segala yang diharapkan oleh Allah.  Sedangkan untuk sabar dalam arti luas, yakni adalah menahan diri agar tidak mudah marah. Tidak mudah benci, tidak mudah putus asa, tidak mudah dendam, dan selalu melatih diri agar selalu melakukan ketaatan dan membentengi diri untuk tidak melakukan pembuatan keji dan maksiat. Nah, setelah anda sudah tahu apa saja pengertian sabar ini. Sebaiknya anda juga tahu contoh sikap sabar tersebut. Nah, untuk menjabarkan contoh sikap sabar yang terbagi menjadi 3 jenis di atas, berikut ulasannya:

  1. Sabar dalam ketaatan

Dan dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang maka akan terasa berat sehingga membutuhkan kesabaran yang tinggi.  Seperti sabar dalam menahan diri, dan sifat malas supaya tetap istiqomah dalam menjalankan kewajiban sholat dengan tepat waktu. Sabar dalam menjalankan puasa yakni sabar dengan menjaga lisan.  Hati serta pikiran, sabar menuntut ilmu dan lainnya.

  1. Sabar dalam menghadapi cobaan dan musibah

Hal ini dimaksudkan agar bersabar atas cobaan, ujian dan musibah yang telah menimpanya.  Memiliki keyakinan bahwa Allah tidak akan menguji hambanya di luar batas kemampuan.  Apabila jika anda mendapat cobaan, maka bersabar dan ikhlas dengan apa yang telah menimpanya.  Karena sesungguhnya Allah SWT ini bersama dengan orang – orang yang sabar.

  1. Sabar dalam kemaksiatan

Hal ini yang dimaksud dengan menjauhi segala sesuatu yang haram dan dilarang Allah SWT.  Segala bentuk maksiat itu memang menyenangkan. Tetapi Allah melarangnya sehingga orang – orang yang beriman wajib untuk menjaga dan menahan diri.  Dalam segala bentuk maksiat dll.

Setelah pembahasan mengenai 3 jenis sabar, maka selanjutnya kita akan bahas soal manfaat sabar diantaranya:

  1. Hidup damai

Dengan kita tidak bersabar akan mengakibatkan kegelisahan. Selain itu kita akan merasa kebencian, bahkan hingga sampai permusuhan.  Namun sebaliknya jika kita bersabar, maka akan merasakan hidup lebih damai karena setiap hal dilakukan akan mengalir dengan sendirinya.

  1. Menstabilkan tempo dengan lingkungan

Dan bukan hanya diri pribadi saja yang merasakan dampak jika tidak bersabar.  Bahkan dalam lingkungan ini pun akan terpengaruh.  Dan jika menimbulkan emosi yang stabil dan tidak mudah dipengaruhi oleh lingkungan.

  1. Menikmati sebuah proses Jika dalam segala hal ini kita melakukannya dengan terburu – buru. Tentu anda akan selalu berusaha dan hanya akan melihat target. Karena setiap proses berharga maka itu dari kenikmatan proses tersebut.

  1. Akan berpengaruh baik bagi ketenangan pada tubuh dan pikiran

Dengan bersabar akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.  Anda pun tidak akan terbebani dengan target yang anda ingin raih.  Bahkan anda juga tidak akan mengalami rasa stress.

Kata sabar memang sudah tertuang dalam banyak surat – surat al qur’an yang secara khusus.  Dimana Allah memerintahkan langsung kepada umatnya untuk menerapkan sabar dalam masalah yang dihadapi.  Dan perkara sabar juga memiliki banyak keutamaan dalam islam. Baik keutamaan duniawi maupun keutamaan ukhrawi.

  1. Orang yang sabar akan senantiasa bersama – sama Allah

Sabar adalah sebuah tindakan mulia yang disukai oleh Allah.  Oleh karena itu bagi siapapun orang yang selalu menerapkan dan mengusahakan kesabaran dalam menjalani kehidupannya.  Akan lebih dicintai oleh Allah SWt.  Allah senantiasa memelihara kesabaran, menjaga melindungi, dan menolong mereka dari setiap hal apapun yang menimpa mereka.

  1. Apresiasi berupa predikat taqwa kepada orang – orang yang bersabar dalam menghadapi ujian Allah

Dan selain senantiasa melindungi dan merindhai orang – orang yang bersabar.  Allah juga akan memberikan sebuah apresiasi yang luar biasa berupa taqwa dari Allah SWt.

  1. Bersabar adalah ladang pahala tanpa batas

Hal ini terdapat pada surat AZ Zummar ayat 10 dijelaskan bahwa Allah SWT senantiasa memberikan balasan yang luar biasa.  Kepada mereka yang sabar berupa pahala yang lebih baik tanpa batas.  Dimana pahala tersebut hanya diperuntukkan bagi orang – orang yang bersabar dalam menghadapi ujiannya.

  1. Allah menjanjikan kabar gembira bagi orang – orang yang sabar

Dan sungguh allah akan memberikan cobaan kepadamu.  Dengan cara memberikan sedikit ketakutan, kekurangan harta, kelaparan, jiwa dan buah – buahan. Dan anda pun mendapatkan kabar gembira bagi mereka yang sabar.

  1. Sabar merupakan bagian dari iman

Kesabaran sangat berhubungan dengan keimanan dan amal shalih.  Jika diibaratkan kedudukannya kepala merupakan bagian terpenting. Untuk dimiliki oleh tubuh kita, dengan begitu tanpa adanya kesabaran maka tiadalah kita.

  1. Segala urusan yang dihadapi oleh orang – orang sabar adalah baik

Sabar selalu mendatangkan hal – hal yang baik dalam kehidupan.  Bahkan meskipun kita tengah menghadapi masalah maupun ujian dalam kehidupan.  Karena setiap masalah dan ujian yang kita hadapi pasti akan mendatangkan hikmah dan kebaikan.  Dalam diri dan kehidupan kita.

Demikian artikel mengenai pengertian sabar dalam islam. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah keilmuan anda serta ketakwaan maupun keimanan kita.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *