PENGERTIAN AGAMA ISLAM UNTUK MENAMBAH WAWASAN ANDA

  • Whatsapp
sumber: http://belajarpengertian.blogspot.com/2018/07/pengertian-agama-islam-secara-umum-istilah-dan-menurut-para-ahli.html

Cari tahu pengertian agama islam untuk menambah wawasan anda mengenai dunia islam. Silakan Anda KLIK DISINI!

Pengertian agama islam secara umum yang perlu anda tahu, sebelum mengulas lebih dalam. Agama islam terdiri dari 2 kata, yakni agama dan juga islam.  Dimana masing – masing dari dua kata tersebut memiliki arti tersendiri.  Untuk agama sendiri berasal dari bahasa sangsekerta.  Dimana agama memiliki arti tradisi sedangkan untuk islam berasal dari bahasa arab al – islam yang artinya berserah diri kepada tuhan atau Allah SWT.  Dan untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas mengenai materi pengertian agama islam secara umum.  Seperti yang kita tahu agama islam ini memiliki seperempat miliar lebih penganut.  Hal ini juga yang membuat agama islam menjadi agama yang sangat diakui seluruh dunia sebagai agama terbesar setelah agama kristen.  Untuk agama islam merupakan agama yang diridhoi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.  Karena agama islam adalah agama yang memang paling benar dan paling sempurna.  Serta agama yang dapat membawa rahmat bagi seluruh semesta alam.  Selain itu agama islam adalah wahyu yang diturunkan Allah kepada Nabi muhammad.  Dimana seperti yang kita tahu beliau adalah nabi terakhir yang dipilih oleh Allah.  Dan di dalam agama islam memang memiliki berbagai aturan dan hukum yang dapat dijadikan petunjuk dan tuntunan hidup bagi seluruh umat islam.  Agar selamat dan bahagia dunia dan akhirat.

sumber: http://belajarpengertian.blogspot.com/2018/07/pengertian-agama-islam-secara-umum-istilah-dan-menurut-para-ahli.html

Pengertian Agama Islam Secara Umum Yang Perlu Anda Tahu

Definisi atau pengertian agama islam adalah suatu agama yang ada di muka bumi dengan ajarannya yang berupaya. Untuk mengimami satu tuhan yaitu Allah SWT.  Melalui perantara kanjeng nabi muhammad SAW.  Dimana beliau bertugas untuk menyampaikan ajaran Allah kepada umatnya di dunia. Islam mempunyai arti penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.  Dan pengikut ajaran agama islam di sebut sebagai muslim.   Yang memiliki makna seseorang yang tunduk pada tuhan.  Sebutan bagi kaum laki – laki adalah muslimin, sedangkan bagi kaum perempuan adalah muslimat.  Islam mengajarkan kepada umatnya bahwa Allah SWT menurunkan firmanya dan kalamnya kepada manusia.  Melalui utusannya Nabi dan rasul serta menyakini dengan sungguh – sungguh bahwa nabi muhammad SAW adalah nabi sekaligus rasul terakhir yang diutus oleh Allah SWT. Pengertian agama islam menurut kita arbain annawawiyah, islam adalah bahwa tidak ada than selain Allah SWT dan Muhammad SAW itu adalah utusan Allah SWT.  Dan mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan suci ramadhan.  Pergi menunaikan ibadah haji le baiktullah, apabila engkau mampu untuk melakukannya.  Sedangkan pengertian agama islam menurut mabadi fiqih, islam adalah suatu agama yang diturunkan oleh Allah melalui utusannya yaitu nabi muhammad SAW sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai kebahagiaan bagi manusia.

Untuk kepercayaan dalam agama islam ditemukan dalam dua kalimat.  Yaitu syajadah yang artinya saja bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah SWT. Dan saya bersaksi bahwa nabi muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.  Dan salah satu esensi dan prinsip ini adalah keesaan tuhan dan pengakuan kenabian terhadap nabi muhammad SAW.  Jika seseorang menyakini dan mengucapkan dua kalimat syhadah tersebut.  Tentu saja akan dianggap telah menjadi muslim dan berstatus sebagai mualaf.  Atau orang yang baru masuk islam dari kepercayaan awal yang dianut nya.  Dan dalam agama islam, terdapat suatu hal yang hendaknya diimani dan diyakini keberadaannya. Seperti:

  1. Rukun islam

Untuk para umat islam harus memegang teguh 5 rukun islam ini.  Dimana kelima rukun islami ini dijadikan pilar untuk menyatukan muslim sebagai sebuah komunitas.  Dan isi kelima rukun adalah mengucapkan dua kalimat syahadah.  Dan meyakini bahwa tidak ada yang berhak ditaati dan disembah dengan beanr serta sungguh – sungguh. Hanya kepada Allah SWT dan juga meyakini bahwa nabi muhammad SAW adalah hamba dan rasul Allah SWT.  Selain itu mendirikan shalat wajib 5 kali sehari. Dan berpuasa pada bulan ramadhan. Membayar zakat bila terdapat kelebihan harta dan menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu.

  1. Rukun Imam

Sebagai umat muslim, hendaknya anda juga mempercayai dan mengimani 6 rukun imam yang menyangkut perkara berikut.  Misalnya saja imam kepada Allah SWT, imam kepada malaikat – malaikat Allah, Imam kepada kitab – kitab Allah SWT.  Misalnya saja Al qur’an, Injil, taurat san zabur.  Selain itu anda juga harus imam kepada nabi dan rasul Allah SWT. Anda juga harus iman kepada hari kiamat, iman kepada qada dan qadar dll.

Ruang lingkup agama islam yang perlu anda tahu:

Secara garis besar, agama islam terdiri atas 3 ruang lingkup yaitu:

  1. Hubungan manusia dengan makhluk lainnya ataupun lingkungannya sebagaimana tercantum dalam QS. Ibrahim ayat 19.
  2. Hubungan manusia dengan manusia yang tercantum dalah QS. Al – maidah ayat 2
  3. Hubungan manusia dengan penciptanya yaitu Allah SWT dimana hal ini tercantum dalam QS. Az – zariyat ayat 56 dan QS. Al bayyinah ayat 5.

Keberadaan ajaran agama islam tentunya memiliki tujuan yang sangat mulia bagi umat manusia.  Dan tujuan serta makna ajaran agama islam adalah agar supaya hidup manusia dapat lebih terarah baik.  Baik di dunia maupun di akhirat dengan ketentuan – ketentuan yang telah diajarkan oleh para rasul utusan Allah SWT.  Dan melalui ajaran dari kitab yang telah diturunkan oleh Allah SWT dengan perantara rasul utusannya melalui ayat – ayat suci berupa firman dari Allah SWT.  Dan keberadaan agama islam mampu memberikan petunjuk dan pedoman hidup bagi umat yang meyakini sehingga dapat terhindar dari hal – hal yang tidak diridhoi oleh Allah SWT.  Selain itu umat muslim senantiasa untuk mendekatkan diri pada hal – hal yang menjadi anjuran dan disukai oleh Allah SWT.

 Tentu saja guna untuk menumpulkan pahala yang dapat digunakan untuk bekal dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.  Selain itu keberadaan agama islam ini dapat dijadikan sebagai pembimbing dalam hidup. Serta penolong dalam kesukaran, penentram batin, serta pengendali moral karena apa yang kita lakukan dalam kehidupan tentunya semuanya bersumber dari ajaran agama yang dianut.  Dan salah satu agama yang paling baik adalah islam.  Untuk hari perayaan dalam agama islam secara umum terbagi menjadi hari raya keagamaan dan hari raya lainnya.  Dimana hari raya keagamaan meliputi idul adha dan idul fitri.  Sedangkan untuk hari besar islam lainnya meliputi isra miraj, maulid nabi muhammad SAW. Dan tempat untuk beribadah muslim dikenal dengan masjid.  Ibadah yang dilakukan di masjid biasanya berupa sholat berjama’ah.  Ada juga ceramah, maupun belajar mengaji. Semoga ulasan mengenai pengertian agama islam bermanfaat untuk anda. Selamat membaca!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *