PANCASILA SEBAGAI SUMBER NILAI PENGERTIAN CIRI DAN MACAMNYA

  • Whatsapp

Cari informasi pancasila sebagai sumber nilai, pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap yang harus diketahui bersama.  Anda KLIK DISINI!

Sebagai dasar negara tentunya anda sebagai warna yang baik memahami mengenai pancasila sebagai sumber nilai bagi kehidupan manusia.  Jika secara pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap dan pengertian umum merupakan dasar sumber segala sumber pokok kehidupan manusia.  Baik pancasila sebagai sumber nilai dasar, nilai instrumental, maupun pancasila sebagai nilai praktis.  Semua nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila berdasarkan atas asas ketuhanan, asas kemanusiaan, asas persatuan, asas kerakyatan dan asas keadilan.  Pancasila sebagai sumber nilai bagi bangsa Indonesia sebagai dasar atau sumber nilai dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.

sumber: https://www.ilmudefinisi.com/pengertian-pancasila-sebagai-sumber-nilai

Artinya seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara harus menggunakan Pancasila yang menjadi dasar norma dan juga moral.  Selain itu garis besar dari pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap dapat dikatakan sebagai tolak ukur untuk menentukan baik dan buruk dalam bersikap.  Tentunya juga sebagai dasar nilai baik buruknya perbuatan dan tingkap laku bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.  Sehingga seluruh kehidupan baik di masyarakat, bangsa dan juga negara dapat berjalan dengan baik dengan mengutamakan kedamaian.  Penetapan pancasila sebagai sumber nilai sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia yang mana berasal dari banyak keragaman dan perbedaan.  Tentunya agar semua rakyat Indonesia bersatu memperjuangkan kehidupan bangsa yang jauh lebih baik dari seluruh lapisan masyarakat.

Berikut Ini Penjelasan Secara Detail Pengertian Pancasila Sebagai Sistem Nilai Secara Lengkap, Ciri Dan Macam!

Pancasila sebagai sumber nilai jika dilihat dari kata dasarnya jelas bahwa nilai atau value (bahasa Inggris) berkaitan dengan kebaikan.  Sesuatu dikatakan memiliki nilai apabila berguna, benar, baik, indah, religius dan lainnya.  Nilai pasti ideal dengan sifat ide, yang berarti nilai itu abstrak dan tidak bisa disentuh oleh panca indra.  Namun nilai bisa ditangkap melalui tingkah laku dan pebuatan yang dilakukan oleh seseorang.  Hal ini sebagai pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap yang mana sebagai dasar untuk bangsa Indonesia.  Dalam menjalankan kehidupan masyarakat, bangsa dan juga negara untuk mencapai sebuah kebaikan.  Yakni dengan menerapkan berbagai nilai-nilai yang terkandung pada kelima sila Pancasila.  Jika pancasila sebagai sumber nilai ada ciri-ciri nilai yang harus anda ketahui sebagai berikut:

  1. Internalized Value

Arti dari internalized value bahwa nilai-nilai yang menjadi kepribadian bawah sadar atau mendorong timbulnya sebuah tindakan tanpa berpikir lagi.  Tentunya apabila nilai tersebut dilanggar maka menimbulkan perasaan malu atau perasaan bersalah yang mendalam.

  1. Nilai Dominan

Ciri nilai kedua adalah nilai dominan yang dianggap lebih penting dari pada nilai lainnya.  Hal ini bisa dilihat dari seseorang pada waktu berhadapan dengan tindakan yang diambil.

Selanjutnya berdasarkan pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap tentunya memuat nilai-nilai luhur.  Sehingga pancasila ditetapkan sebagai dasar negara bangsa Indonesia yang paling tepat.  Pancasila sebagai sumber nilai memiliki banyak nilai dasar yang terkandung pada kelima sila pancasila.  Menurut Darmodihardjo dkk, menggolongkan beberapa nilai Pancasila secara berpasangan, berikut ini:

  1. Nilai Objektif Dan Nilai Subjektif

Macam nilai pertama yang ada pada Pancasila adalah nilai objektif dan nilai subjektif.  Nilai objektif sebagai nilai yang dilihat berdasarkan kondisi nyata pada suatu objek.  Sedangkan nilai subjektif sebagai nilai yang diberikan oleh seseorang (subjek) untuk sebuah benda, barang dan lainnya.

  1. Nilai Positif Dan Nilai Negatif

Pancasila sebagai sumber nilai memiliki nilai positif yang mana bermanfaat baik kepentingan manusia baik ditinjau dari sudut kepentingan lahiriah dan batiniah.  Penerapan nilai positif pada pancasila untuk mencegah nilai negatif yang mana melawan atau bertolak belakang dengan nilai positif.

  1. Nilai Intrinsik Dan Nilai Ekstrinsik

Sedangkan untuk nilai intrinsik adalah nilai yang sejak awal mula sudah ada.  Contohnya bisa anda lihat pada nilai intrinsik pisau yang memang memiliki kualitas pengirisan.  Namun untuk nilai ekstrinsik sebagai nilai yang bergantung pada nilai intrinsik dari akibat-akibatnya.

  1. Nilai Transenden Dan Nilai Imanen

Untuk nilai transenden sebagai nilai yang melewati batas-batas pengalaman dan juga pengetahuan manusia.  Sedangkan untuk nilai imanen sebagai nilai yang terhubung dengan pengalaman dan pengetahuan manusia.

  1. Nilai Dasar Dan Nilai Instrumental

Terakhir nilai dasar adalah nilai yang besifat tetap dan tidak akan pernah berubah, dipilih sesuai dengan landasan bagi nilai instrumental yang diwujudkan pada kehidupan nyata.  Nilai dasar ini mencakup nilai objektif, positif, intrinsik dan transenden.  Sedangkan untuk nilai instrumental sebagai nilai yang usaha secara konkret berasal dari nilai dasar.  Pada umumnya dituangkan pada bentuk norma, dan dijadikan sebagai acuan untuk bersikap dan itu adalah Pancasila.

Berdasarkan pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap anda sebagai warga negara yang baik harus mengetahui nilai-nilai dasar yang ada pada Pancasila.  Tentunya pemilihan Pancasila sebagai dasar negara ini menjadi sebuah pilihan yang tepat.  Jika melihat dari pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap untuk mencapai sebuah kebaikan dalam menjalankan kehidupan.  Berikut ini nilai-nilai dasar yang terkandung pada kelima sila Pancasila yang harus anda ketahui sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Berikut ini nilai-nilai yang terkandung pada pancasila sebagai sumber nilai sila pertama:

  • Seluruh bangsa Indonesia mempunyai kepercayaan dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta.
  • Ketakwaan terhadap Tuhan YME dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan Nya.
  • Manusia dan bangsa Indonesia memberikan contoh sikap saling menghormati dan toleransi antar umat beragama yang berbeda-beda. Dan memberikan kebebasan dalam menjalankan ibadah yang sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut oleh setiap masyarakat.
  • Membina sikap saling menghormati kemerdekaan beragam atau memeluk agama. Tidak ada paksaan dan juga tidak berlaku diskriminatif atau sesama umat beragama.
  • Membina kerukunan hidup antar sesama umat beragam dan kepercayaan terhadap Tuhan YME.

  1. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Sesuai dengan pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap berikut ini nilai yang terkandung pada sila kedua Pancasila adalah:

  • Seluruh bangsa Indonesia mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk tuhan memiliki derajat yang sama.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan memperoleh perlakuan adil terhadap sesama manusia.
  • Manusia yang beradab sebagai makhluk Tuhan yang mempunyai daya cipta, rasa, karsa dan juga keyakinan
  • Menciptakan sikap tenggang rasa supaya setiap orang tidak berbuat semena-mena kepada orang lain.
  • Berani membela kebenaran dan juga keadilan.

  1. Persatuan Indonesia

Pancasila sebagai sumber nilai memiliki nilai-nilai dasar yang ada pada sila ketiga berikut ini:

  • Mempunyai rasa cinta kepada tanah air dan bangsa yang rela berkorban demi kepentingan bangsa dan juga negara.
  • Menempatkan rasa persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa serta negara diatas kepentingan pribadi diri sendiri dan golongan.
  • Mengakui dan menghargai secara penuh adanya keragaman suku bangsa dan budaya bangsa yang mendorong ke arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Menciptakan rasa kebanggaan dan berkebangsaan serta bertanah air Negara Republik Indonesia.

  1. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Dan Perwakilan

Penjelasan mengenai pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap tentunya terdapat nilai dasar pada sila keempat berikut ini:

  • Pemerintah Negara Indonesia dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang berarti kedaulatan tertinggi ada di tangan rakyat.
  • Setiap manusia atau bangsa Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama dalam sistem pemerintahan.
  • Menerima dan menjalankan hasil keputusan musyawarah dengan niat yang baik dan rasa bertanggung jawab tinggi.
  • Dalam melaksanakan musyawarah menempatkan kepentingan negara, masyarakat diatas kepentingan pribadi dan juga golongan.

  1. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dan pancasila sebagai sumber nilai tentunya memiliki nilai dasar pada sila kelima Pancasila berikut ini:

  • Bangsa Indonesia harus mewujudkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan juga bernegara terutama pada bidang ideologi, politik, sosial budaya dan keamanan nasional.
  • Memelihara keseimbangan antara hak dan juga kewajiban yang saling menghormati hak-hak orang lain.
  • Memberikan pertolongan kepada orang lain, dengan mewujudkan keadilan dan kemakmuran masyarakat Indonesia secara lahir dan batin.
  • Melalukan perbuatan terpuji dengan sikap kekeluargaan dan gotong royong.
  • Tidak memakai hak milik untuk hal yang merugikan kepentingan umum.
  • Melakukan kegiatan demi mewujudkan kemajuan yang merata demi mencapai keadilan sosial.

Demikian penjelasan mengenai pengertian pancasila sebagai sistem nilai secara lengkap, semoga bermanfaat!

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *