MACAM – MACAM AGAMA DI DUNIA DAN PENJELASANNYA

  • Whatsapp

Mencari info mengenai macam macam agama dan penjelasannya, macam macam agama di dunia untuk menambah ilmu pengetahuan anda. Silakan KLIK DISINI!

Macam macam agama dan penjelasannya, macam macam agama di dunia tentu banyak dicari info nya oleh beberapa kalangan demi menambah wawasan mereka.  Apalagi seperti yang kita tahu di dunia ini, memang ada banyak sekali agama – agama. Mulai dari agama kristen, islam, hindu, budha, hingga konghuchu, kejawen dll.  Tetapi, apakah agama itu? Dan ada berapakah agama yang ada di dunia.  Dan menurut yanga da di di Wikipedia, agama ini sendiri adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan dan juga perintah dari kehidupan.  Selain itu banyak sekali agama yang memiliki narasi, simbol, sejarah suci dan lain – lain.  Dimana yang dimaksudkan untuk menjelaskan makna hidup atau asal muasal dari kehidupan.  Dan menurut para ahli seperti Kenneth shouler yakni pada tahun 2010 dalam bukunya yang berjudul the everything word religions book.  Jika dalam bukunya mengatakan jika ada kurang lebih 42.000 agama di dunia.  Selain itu banyak agama yang mungkin telah mengorganisir perilaku, kependetaan, definisi tentang apa yang merupakan kepatuhan atau keanggotaan.  Misal tempat – tempat suci atau kitab suci.  Untuk praktik agama juga dapat mencangkup ritual, khotbah, pemujaan tuhan atau peringatan, dewi atau dewa, festival, pengorbanan, pesta trance, jasa penguburan dll.  Agama juga memungkinkan mengandung sebuah mitologi.

sumber:
https://www.nesabamedia.com/agama-di-indonesia/

Macam Macam Agama Dan Penjelasannya Yang Perlu Anda Tahu

Menurut para ahli emile Durkheim ini mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci.  Dan menurut KBBI aga adalah sistem tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada tuhan yang mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.  Itulah sebuah definisi agama menurut emile durkhem dan KBBI.  Akan tetapi di sini berita unik tidak mendefinisikan apa itu agama seperti yang telah dijabarkan di atas. Akan tetapi kami akan menjabarkab 10 agama terbesar di dunia menurut jumlah penganutnya.  Dan dari data yang ditemui ada 10 agama dengan penganut terbanyak yang ada di dunia:

  1. Kristen (prostetan dan katholik)

Untuk agama yang satu ini memiliki penganut sebanyak 2,1 miliar.  Dimana agama kristen baik itu khatolik atau protestan. Masih menjadi salah satu agama yang paling banyak penganutnya di dunia.  Bahkan dari tahun ke tahun, pengikut agama ini masih terus mengalami peningkatan yang cukup pesat.  Namun juga kadang mengalami penurunan.  Untuk agama kristen dan islam sendiri merupakan agama yang kini ramai diperbincangkan di beberapa negara yang ada di seluruh dunia.  Dalam agama kristen, mereka pun memiliki al kitab (perjanjian lama dan juga perjanjian baru. Dimana akan dijadikan sebagai pedoman beragama.  Untuk umat kristen percaya tentang adanya penebusan.  Sehingga mereka mengimani bahwa yesus adalah tuhan dan mesias yang telah dijanjikan dalam kitab perjanjian lama.

  1. Islam

Untuk penganut agama yang satu ini adalah sebanyak 2 miliar.  Dimana untuk jumlah pengikut agama islam ini memang terus mengalami peningkatan dari tahu ke tahun.  Dimana banyak sekali negara dari berbagai penjuru dunia yang memang mulai tertarik dan mendalami ajaran islam ini.  Dalam melaksanakan segala perintah agama. Maka umat islam yang biasanya di sebut dengan muslim akan berpatokan pada al – Qur’an.  Dimana mereka telah percaya bahwa Allah memberikan firman kepada umatnya melalui perantara para Nabi dan rasulnya.  Selain itu umat muslim juga percaya bahwa muhammad adalah nabi atau rasul terakhir yang telah dikirim oleh Allah.

  1. Hindu

Untuk agama yang satu ini memiliki penganut sebanyak 900 juta.  Dimana penganut agama hindu ini merupakan penganut agama tertua yang ada di Indonesia. Dan untuk agama yang satu ini menduduki peringkat ketiga sebagai agama yang memiliki pengikut terbanyak di dunia. Dimana agama hindhu ini banyak berkembang di negara – negara di asia selatan.  Misalnya saja di india dan juga nepal.  Selain itu kita suci agama hindhu ini adalah weda.  Yang mana di dalamnya terdapat wahyu dari brahman. Dalam hindhu ini memang terkandung banyak tradisi dan memiliki pandangan luas tentang hukum dan aturan seputar moralitas sehari – hari.  Selain itu hindhu di pandang sebagai sebuah jalan hidup. Dimana agama ini bukan hanya merupakan agama yang didirikan oleh seorang tokoh, akan tetapi merupakan sebuah sintesis dari berbagai macam tradisi. Bahkan di Indonesia, agama hindhu ini telah banyak berkembang di pulau dewata bali.

  1. Budha

Untuk agama yang satu ini memiliki penganut 376 juta.  Dimana pada dasarnya budha ini adalah agama dan juga filsafat. Dimana dalam budha memang ada ajaran yang sangat termasyur.  Yakni tentang adanya karma dan kelahiran kembali atau reinkarnasi.  Dimana karma ini merupakan sebuah hukum sebab akibat.  Walaupun begitu, terdapat dua macam karma yakni karma baik dan juga karma buruk.  Selanjutnya karma sangat mempengaruhi proses kelahiran kembali.  Dimana kelahiran kembali merupakan proses ada kembali di kehidupan mendatang.  Dan dalam hal ini segala hal yang dilakukan oleh manusia di masa lampau akan berdampak pada kehidupan setelahnya.  Untuk agama yang satu ini berasal dari anak benua india. Dimana di dalamnya ada berbagai macam tradisi, kepercayaan, dan bentuk praktik spiritual yang merupakan ajaran sidharta gautama.  Dimana pengikut agama budha tersebar di wilayah cina, taiwan dan korea utara.

  1. Sikh

Untuk agama yang satu ini memiliki penganut 23 juta.  Dimana untuk agama ini memang mampu untuk mampu berkembang pesat di India yakni pada abad ke 16 dan ke 17.  Agama sikh ini merupakan gabungan dari dua macam agama.  Yakni hindhu dan islam yang didirikan oleh sikh dan guru nanak. Dan agama ini berasal dari 40 km dari Lahore. Selain itu untuk penganut sikh ini hanya 2% dari total penduduk di india.  Walaupun begitu, kaum minoritas ini tersebar sangat luas ke berbagai daerah.  Termasuk wilayah amerika serikat Bahkan terdapat 500.000 penganut sikh yang hidup di negara tersebut.  Selain itu umat sikh juga tersebar di kota kanada dan inggris.  Sedangkan untuk di jerman sekitar 5000 sampai 15.000 penganut.  Bahkan yang ada di indonesia ini pun terdapat 80.000 umat sikh.  Dimana mereka merupakan pendatang yang memiliki kepentingan di negara – negara tersebut.

  1. Yudaisme

Umat yuidaisme sering disebut dengan yahudi.  Dimana mereka percaya Tuhan yang maha esa yang telah menyelamatkan mereka dari penindasan mesir.  Selain itu jumlah populasi mereka 83% adalah negara israel.  Akan tetapi menariknya, untuk jumlah umat yahudi ini lebih banyak tersebar di Amerika serikat dibandingkan dengan israel. Untuk tempat ibadah pemeluk agama yahudi ini adalah sinagoga. Dan pimpinan mereka dikenal dengan sebutan rabi.  Dimana untuk umat yahudi ini memiliki harga utama beragama pada hari minggu.

Nah itulah macam macam agama dan penjelasannya semoga bermanfaat untuk anda. Dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Terima kasih atas kunjungan nya dan selama membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *