MACAM MACAM AGAMA DALAM SUATU KEBUDAYAAN

  • Whatsapp

Ingin tahu informasi mengenai macam – macam agama dalam suatu kebudayaan untuk menambah wawasan anda. Silakan KLIK DISINI!

Macam macam agama dalam suatu kebudayaanSeperti yang kita tahu agama dan budaya memang memiliki keterikatan yang cukup kuat. Untuk hal ini budaya memang dapat diartikan sebagai hal – hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.  Sementara itu jika diartikan dari kata bahasa inggris, yakni culture budaya ini dapat diartikan sebagai mengolah tanah atau bertani.  Selain itu kata culture ini dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yakni sebagai kultur. Dalam perkembangannya budaya bisa terbentuk dari beberapa unsur yang memang cukup rumit.  Dimana dalam hal ini agama menjadi salah satu unsur yang membentuk suatu kebudayaan. Selain itu agama yang akhirnya menjadi salah satu bagian dari kebudayaan juga dianggap sebagai suatu yang diwariskan secara genetis. Pengertian agama secara garis besar adalah hubungan antara manusia dengan maha kuasa dihayati sebagai hakikat bersifat gaib.  Hubungan mana yang menyatakan diri dalam bentuk kultus serta ritus dan sikap hidup berdasarkan doktrin tertentu.  Dan dalam tatanan empiris, agama ini terdiri dari beberapa unsure poko yaitu system kepercayaan kepada tuhan.  Dimana sistem aturan dalam kitab suci, sistem ritual dan symbol – simbol agama yang bersifat kebendaan.  Semua itu dapat berfungsi sebagai unsur – unsur empiris atau nyata dalam sebuah agama.

sumber: https://www.kompasiana.com/syakirasyakir/5bfb501112ae9425606ab6b6/agama-dan-budaya-di-indonesia-sinergitas-yang-diakui-dunia?page=all

Macam Macam Agama Dalam Suatu Kebudayaan

Di dalam kajian agama sering dibedakan antara agama samawi (langit dan agama ardril (bumi – dunia). Baginya agama samawi adalah ciptaan tuhan sehingga bukanlah kebudayaan.  Sedangkan untuk kebudayaan adalah kata kajian dari kata – kata dasar budaya.  Budaya ini berasal dari budi – daya yang asal muasalnya dari bahasa sansenkerta yang dalam arti bahasa indonesia adalah daya budi.  Oleh karena itu budaya secara harfiah hal – hal yang berkaitan dengan berfikir dan hasil dari tenaga pikiran tersebut. Selain itu akan adalah sumberdaya apapun yang menjadi buat berpikir masuk dalam lingkup kebudayaan.  Dikarenakan setiap manusia yang berakal, budaya identik dengan manusia.  Sekaligus membedakannya dengan makhluk hidup yang lain. Dimana ada dual hal yang berperan pokok terhadap pemikiran seseorang yaitu faktor internal kecerdasan faktor eksternal pengetahuan sebelumnya.  Berikut ini ada ulasan mengenai macam – macam agama dalam suatu kebudayaan yaitu:

  1. agama samawi

Untuk agama samawi ini merupakan agama yang memiliki sejumlah tradisi yang sama namun juga memiliki perbedaan – perbedaan yang mendasar dalam inti ajarannya. Tentu saja dalam hal ini ada 3 besar agama di dunia yang dikelompokkan sebagai agama samawi. Karena ketiganya telah memberikan pengaruh yang besar dalam perkembangan kebudayaan manusia di berbagai belahan dunia.  Dan berikut ini ke -3 agama samawi diantaranya:

  • Yahudi

adalah contoh  agama yang jika tidak disebut sebagai pertama adalah agama monotheistic.  Selain itu menjadi salah satu  agama tertua yang masih ada hingga sekarang.  Terdapat juga nilai – nilai dan sejarah umat yahudi yang juga direfernesikan dalam agama samawi lainnya. Misalnya seperti islam dan kristen.

  • Islam

Memiliki nilai – nilai dan norma agama yang banyak dipengaruhi kebudayaan di timur tengah.  Afrika utara dan sebagian wilayah asia tenggara.

  • Kristen

adalah salah satu agama yang banyak mengubah wajah kebudayaan eropa dalam 1.700 tahun terakhir. Dan pemikiran para filsuf modern pun telah banyak terpengaruh oleh para filsuf kristen semacam ST. Thomas Aquinas dan Erasmus.

  1. Agama tradisional

Agama tradisional atau kadang – kadang di sebut sebagai agama nenek moyang.  Yang dianut oleh sebagian suku pedalaman di asia, amerika, dan afrika.  Dimana mereka berpengaruh cukup besar mungkin dapat dianggap telah menyerap kedalam kebudayaan atau bahkan menjadi agama negara. Misalnya saja seperti agama Shinto. Dan seperti kebanyakan agama lainnya, agama tradisonal menjawab kebutuhan rohani manusia akan ketentraman hati di saat mendapat masalah yang tertimpa musibah.  Dan tertimpa musibah dan menyediakan ritual yang ditujukan untuk ke bahagiaan manusia itu sendiri.

  1. Agama dan filsafat dari timur

Untuk agama dan filosofi yang saling terkait satu sama lain pada kebudayaan asia.  Agama dan filosofi di asia kebanyakan berasal dari china dan india.  Kemudian menyebar di sepanjang benua asia melalui difusi kebudayaan dan migrasi.  Agama hindhu dan india, mengajarkan pentingnya elemen non materi. Sementara sebuah pemikiran india lainnya yakni carvaka menekankan untuk mencari kenikmatan di dunia. Dan hindhuisme ialah sumber dari budhisme cabang mahayana yang menyebar di sepanjang utara dan timur yang ada di india hingga Tibet.  Negara lainnya seperti mongolia, china, jepang, korea, china selatan hingga ke vietnam. Dan sementara itu, Theravada budhisme telah menyebar di sekitar asia tenggara termasuk sri langka.  dan pada bagian barat laut china. Laos, kamboja, myanmar dan Thailand. Selain itu ada juga aliran konghucu dan taoisme yang merupakan 2 filosofi yang berasal dari cina.  Yang dapat mempengaruhi baik dari segi religi, politik, maupun tradisi filosofi Di seluruh asia. Lalu pada abad ke 20 kedua negara yang berpenduduk paling padat se – asia aliran filosofi politik yang tercipta.  Dalam hal ini mahatma gandhi memberikan pengertian baru tentang ahimsa.  Yakni sebuah inti dari kepercayaan hindu maupun jaina sekaligus memberikan definisi baru tentang konsep anti kekerasan dan anti perang.  Dimana pada periode yang sama filosofi komunisme mau zedong telah menjadi sistem kepercayaan sekuler yang sangat kuat di china.

Setelah anda sudah tahu apa saja macam macam agama dalam suatu kebudayaan tersebut, sebaiknya anda juga tahu apa sebenarnya fungsi agama tersebut. Berikut ini beberapa fungsi dari eksistensi agama di dunia adalah diantara nya :

  1. Mampu dijadikan sebagai sumber pedoman dalam berkehidupan.
  2. Mampu berperan dalam sebuah peranan sosial karena mengandung garis kode etika bagi setiap penganutnya.
  3. Mampu memberikan rasa kekitaan yang nantinya akan dipunyai dan diyakini oleh sekumpulan manusia.
  4. Mampu menjawab berbagai macam pertanyaan yang mungkin tidak mampu di jawab oleh sesama manusia lain.
  5. Mampu memberikan pandangan dunia kepada manusia dan berpengaruh pada kebudayaan manusia.
  6. Berfungsi untuk memberi suatu identitas pada umat manusia karena telah menjadi bagian dari sebuah agama.
  7. Mengungkapkan bentuk dari keindahan dan sebagai pedoman dalam berekreasi atau hiburan.
  8. Dijadikan sebagai pedoman membentuk sebuah keyakinan dan membentuk nilai – nilai dalam kehidupan.
  9. Menjadi pedoman untuk dapat mengungkapkan suatu kebersamaan.
  10. menentukan suatu tuntutan mengenai prinsip yang salah dan yang benar.
  11. Mampu dijadikan aturan dalam berhubungan antara manusia dengan tuhannya. Serta antar sesama makhluk hidup dan hubungan lainnya dalam kehidupan.

Semoga ulasan mengenai Macam macam agama dalam suatu kebudayaan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *