DEMOKRASI PANCASILA PENGERTIAN MENURUT PARA AHLI CIRI PRINSIP FUNGSI NILAI

  • Whatsapp

Cari informasi demokrasi pancasila, demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai yang harus diketahui oleh rakyat Indonesia!

Demokrasi pancasila adalah suatu pandangan demokrasi yang bersumber dari falsafah dan ideologi hidup bangsa Indonesia diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat berpolitik.  Demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai semua tercantum jelas pada UUD 1945.  Tujuan dari ilmu demokrasi pancasila ini jelas dimana semua masyarakat kalangan atas hingga bawah diharapkan mampu mewujudkannya.  Agar terbentuk kehidupan yang adil, makmur, harmonis hingga mencapai masyarakat yang madani.  Hal ini jelas sangat penting untuk dilakukan mengingat bahwa bangsa Indonesia berasal dari berbagai suku, ras dan agama.  Penekanan ilmu demokrasi pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya untuk menghapus adanya perbedaan.  Terlebih hingga timbul konflik yang akan menjadi sumber perpecahan bangsa Indonesia.  Selain untuk kehidupan bermasyarakat adanya ilmu demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai untuk mengatur sistem pemerintahan.  Sebagai negara yang menganut sistem demokrasi jelas harus menyeluruh dilaksanakan oleh seluruh bangsa Indonesia.  Termasuk sistem pemerintahan dan politik demi tercapai pembangunan negara Indonesia yang semakin baik untuk seluruh rakyat.  Bukan hanya mementingkan kepentingan sepihak, pribadi atau golongan tertentu demi kehidupan yang layak.

sumber: http://sistempemerintahannegaraindonesia.blogspot.com/2015/10/pengertian-demokrasi-pancasila-dan-ciri.html

Berikut Ini Pengertian Demokrasi Pancasila, Ciri, Prinsip Dan Fungsi Nilai Menurut Para Ahli!

Ilmu mengenai demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai tentunya diajarkan sejak dini oleh para tenaga pendidik.  Agar terbentuklah kehidupan masyarakat Indonesia yang demokratis untuk kepentingan semua rakyat.  Yang mana masyarakat Indonesia hidup saling membantu, saling menghormati dan saling memahami pada sebuah perbedaan.  Apalagi penerapan hukum yang berlaku di negara ini masih pada kenyataannya.  Dimana hukum negara Indonesia pada pelaksanaannya tumpul ke atas dan runcing ke bawah.  Jika mengacu pada kehidupan sistem demokrasi yang dianjurkan negara semua rakyat Indonesia sama di mata hukum.  Dengan adanya penekanan demokrasi pancasila sejak dini mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi diharapkan tidak ada penindasan.  Yang terjadi antara yang berkuasa dengan rakyat biasa hingga kaum mayoritas terhadap kaum minoritas.  Bahkan kini ilmu mengenai demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai mudah di dapat secara online.  Sesuai dengan perkembangan zaman semua orang pasti menggunakan gadget.  Agar semua rakyat Indonesia terus mengingat dan terus berusaha mewujudkan terciptanya kehidupan demokrasi sesuai ideologi pancasila.

Gambaran sekilas mengenai pengertian umum demokrasi pancasila sudah digambarkan secara jelas.  Ada pula pengertian menurut para ahli.  Berikut ini beberapa pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli adalah:

  1. Profesor Dardji Darmo Diharjo

Menurut profesor Dardji Darmo Diharjo, demokrasi pancasila adalah paham demokrasi yang sumbernya berasal dari kepribadian dan falsafah bangsa Indonesia.  Semua perwujudan demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai ketentuannya ada pada UUD 1945.

 

  1. GBHN Tahun 1978 dan Tahun 1983

Pengertian demokrasi pancasila menurut Garis Besar Haluan Negara tahun 1978 dan 1983 dimana pembangunan politik diarahkan untuk perwujudan demokrasi pancasila.  Untuk mewujudkan stabilitas politik yang dinamis maka pelaksanaannya diperlukan pemantapan kehidupan konstitusional.  Pada kehidupan demokrasi dan tegaknya hukum.

 

  1. Kansil

Menurut kansil demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai mengacu pada sila ke-4 Pancasila.  Yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.  Hal ini seperti yang tercantum pada alinea ke-4 pembukaan UUD 1945.

 

  1. Profesor Notonegoro

Demokrasi pancasila menurut profesor Notonegoro kerakyatan yang dipimpin kebijaksanaan dalam permusyawaratan dengan ketuhanan Yang Maha Esa.  Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

  1. Ensiklopedi Indonesia

Demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai menurut Ensiklopedi Indonesia.  Pancasila meliputi bidang politik, sosial, ekonomi dan penyelesaian masalah nasional harus berusaha menempuh jalan permusyawaratan mencapai mufakat bersama.

 

Selain pengertian demokrasi pancasila anda pun harus tahu ciri-ciri dari demokrasi pancasila yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  1. Ciri demokrasi pancasila pertama pemerintah harus berjalan sesuai dengan konstitusi
  2. Kedua ciri demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai terdapat pemilu secara berkesinambungan
  3. Penghargaan terhadap hak asasi manusia (HAM) dan perlindungan hak minoritas
  4. Sebagai kompetisi dari berbagai ide atau cara dalam menyelesaikan masalah dalam bidang apapun
  5. Ide terbaik diterima dari pada suara terbanyak (mufakat kesepkatan bersama)

Prinsip demokrasi pancasila juga harus anda ketahui sebagai warna negara yang baik.  Agar tercipta budaya demokrasi dengan karakteristik yang sangat khas dan mengandung prinsip dasar.  Berikut ini prinsip-prinsip pokok demokrasi pancasila adalah:

  1. Perlindungan hak asasi manusia (HAM)
  2. Pengambilan sebuah keputusan berdasarkan musyawarah (mufakat)
  3. Badan peradilan yang merdeka tidak terpengaruh pada kekuasan pemerintah atau pihak lain. Seperti presiden, BPK, DPR atau pihak lainnya yang berkuasa
  4. Adanya partai politik dan organisasi sosial politik yang berfungsi menyalurkan seluruh aspirasi rakyat negara Indonesia
  5. Diwujudkan pada pelaksanaan pemilihan umum yang LUBERJURDIL (Langsung, Umum Bersih, Jujur dan Adil) bagi semua pihak
  6. Sebagai negara demokrasi bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat dan pelaksanaannya berdasarkan UUD 1945 (Pasal 1 Ayat 2)
  7. Adanya keseimbangan pemenuhan antara hak dan kewajiban semua rakyat Indonesia
  8. Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, masyarakat, negara dan orang lain
  9. Menjunjung tinggi cita-cita dan tujuan nasional negara Indonesia dilaksanakan semua warga negara
  10. Pemerintahan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan konstitusional yang dijabarkan jelas pada UUD 1945:
  11. Indonesia sebagai negara berdasarkan hukum (rechstaat) tidak berdasarkan kekuasaan belaka (machstaat)
  12. Pemerintah dilaksanakan berdasarkan sistem konstitusi (sebagai hukum dasar) tidak bersifat absolutisme atau kekuasaan tidak terbatas
  13. Kekuasaan tertinggi negara Indonesia ada di tangan rakyat

Informasi selanjutnya yang harus anda ketahui dan dapatkan dari demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai.  Yakni fungsi demokrasi pancasila yang banyak sekali untuk diterapkan dan dilaksanakan oleh semua warga negara Indonesia.  Apa sama macam-macam fungsi demokrasi pancasila yang harus anda ketahui dan terapkan, berikut informasinya:

  1. Menjamin keikutsertaan semua rakyat dari berbagai lapisan tanpa terkecuali untuk menyukseskan pemilihan umum, pembangunan negara. Hingga perwakilan dan permusyawaratan di seluruh bidang kehidupan warna negara Indonesia.
  2. Menjamin berdirinya negara Republik Indonesia (RI)
  3. Menjamin tetap tegaknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) berdasarkan atau mengacu pada sistem konstitusional
  4. Menjamin tegaknya hukum di negara Indonesia yang bersumber dari Pancasila
  5. Menjamin adanya hubungan seimbang, serasa dan sama pada semua lembaga negara Indonesia
  6. Menjamin pemerintahan yang adil dan bertanggung jawab kepada semua warna negara

Itulah pembahasan mengenai demokrasi pancasila pengertian menurut para ahli ciri prinsip fungsi nilai yang harus anda ketahui.  Harapannya semua warga negara Indonesia mampu melaksanakannya pada seluruh aspek kehidupan setiap hari.  Agar tercipta kondisi yang kondusif, harmonis, untuk seluruh warga negara Indonesia.  Mengingat warga negara Indonesia terdiri dari berbagai macam perbedaan suku, ras dan agama.  Sehingga terbentuk semua kehidupan masyarakat Indonesia yang madani demi kejayaan negara Indonesia.  Sebagai negara yang demokratis yang adil untuk seluruh rakyat.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *