APA ITU AQIDAH CARI TAU PENGERTIAN AKIDAH ISLAM

  • Whatsapp
sumber: https://muslim.or.id/24808-makna-akidah.html

Mencari info apa itu aqidah cari tau pengertian akidah islam, aqidah islam untuk menambah ilmu keislamanan anda. KLIK DISINI!

Apa itu aqidah cari tau pengertian akidah islam?  Untuk sebagian besar orang yang beragama islam tentu sudah tahu dan tidak asing lagi dengan kata aqidah.  Karena untuk istilah ini memang kerap kali muncul dalam materi pelajaran agama islam.  Namun, belum semua orang yang memahami dengan benar apa itu aqidah.  Dan fungsi aqidah dalam kehidupan.  Berikut ini ada ulasan lengkap tentang pengertian aqidah, fungsi, tujuan, dan juga contoh serta keistimewaan dari aqidah itu sendiri. Pengertian secara umum aqidah adalah sebuah ikatan atau kepercayaan kuat dalam diri seseorang terhadap apa yang diimani nya.  Karena di dalam islam, aqidah meliputi keimanan kepada Allah SWT beserta sifat – sifatnya.  Namun secara bahasa, aqidah islam bisa diartikan sebagai ikatan atau keyakinan sedangkan aqidah merupakan sebuah keimanan yang kuat terhadap suatu dzat tanpa ada keraguan sedikit pun.  Dan secara garis besar, aqidah islam meliputi semua rukun iman yaitu iman kepada Allah, malaikat, rasul, kitab – kitab dan juga iman kepada qada dan qadar.  Sehingga dapat disimpulkan jika Aqidah adalah sebuah keimanan yang pasti tanpa ada keraguan sama sekali. Maka dari itu, berpegang pada aqidah yang benar merupakan sebuah kewajiban bagi umat islam. Sehingga wajar jika aqidah ini begitu banyak dipelajari oleh umat islam untuk menuntun kehidupan mereka.

sumber: https://muslim.or.id/24808-makna-akidah.html

Apa Itu Aqidah Cari Tau Pengertian Akidah Islam?  Tujuan Dan Keistimewaan aqidah

Akidah juga di kenal dengan tauhid. Merupakan salah satu asas yang paling dasar dalam kehidupan beragama.  Dengan tauhid, kehidupan ini akan mencapai kebahagiaan, tidak hanya di dunia, melainkan juga di akhirat.  Keesaan Allah dalam segala hal melahirkan konsekuensi bahwa allah merupakan pusat kehidupan.  Dengan begitu manusia tidak bergantung dan tergantung pada keunggulan apa pun selain Allah.  Sikap ini melahirkan kebebasan yang hakiki.  Dan jika seseorang yang telah memiliki kebebasan hakiki berarti dia telah mendapatkan kebahagiaan yang hakiki pula.  Oleh karena itu, perkara paling utama untuk didahulukan dan harus diperhatikan yang lebih dalam adalah meluruskan aqidah. Selain itu memurnikan tauhid, memberantas kemusyrikan, mengokoh benih – benih keimanan dalam hati, sehingga dapat membuatkan amal perbuatan.  Tentu saja yang diridhai oleh Allah SWT yang dapat menyelamatkan hidup kita baik di dunia dan akhirat.  Untuk aqidah yang berasal dari bahan arab yang berarti mengikat dan membuhul, menjanjikan, menyimpulkan mengokohkan.  Lalu apa saja yang dipelajari dalam aqidah islam?. Menurut para ulama, beberapa hal yang termasuk dalam lingkup aqidah adalah sebagai berikut:

  1. Sam’iyyat

Tentang pembahasan hal yang berkenaan dengan alam gaib. Misalnya saja seperti neraka, alam kubur dll.

  1. Ruhaniyat

Tentang pembahasan hal yang berkenaan dengan mahluk gaib. Misalnya malaikat, iblis, dan jin.

  1. Nubuwwat

Tentang pebhasan hal yang berkenaan dengan utusan Allah seperti nabi dan rasul.

  1. Ilahiyat,

Tentang pembahasan hal yang berkenaan dengan masalah ketuhanan, khususnya membahas mengenai Allah SWT.

 Tujuan Mempelajari Aqidah Islam

Bagi mereka umat islam, mempelajari aqidah yang benar sudah menjadi suatu kewajiban.  Dimana dapat mengacu pada pengertian aqidah, adapun beberapa tujuan mempelajari aqidah adalah sebagai berikut:

  1. Menegakkan agamanya

Bagi mereka yang mempelajari aqidah tidak akan pernah ragu dalam berbuat baik. Terutama untuk menegakkan agamanya.  Tidak hanya itu, mereka juga akan selalu berusaha untuk memperkuat tiang penyangga agamanya.  Dan hal ini juga dimaksudkan dengan berjihad. Dan pada dasarnya, untuk aqidah ini akan membuat orang tahu bahwasanya yang perlu dikejar tidak semata – mata kebahagiaan di dunia namun juga di akhirat.

  1. Meningkatkan amal baik

Tujuan dari mempelajari aqidah sebenarnya untuk menghindarkan diri dari perbuatan sesat.  Oleh karena itu mereka yang memahami dengan baik aqidah akan senantiasa melakukan amalan baiknya. Selain itu mereka juga berupaya untuk menghindari pebuatan buruk yang dilarang oleh Allah.  Selain itu mereka akan selalu ingat bahwasanya setiap perbuatan dosa yang dilakukan dapat mendapat balasan dan siksaan.

  1. Mampu menenangkan jiwa

Aqidah memang memiliki tujuan untuk membuat hati manusia menjadi lebih tenang.  Karena bisa menerima semuanya dengan ikhlas.  Baik takdir baik maupun buruk.  Hal ini karena mereka meyakini bahwa semuanya ini memang sudah diatur dan dikehendaki oleh Allah.  Mereka juga percaya bahwa rencana Allah jauh lebih indah sehingga tidak perlu khawatir apa yang akan terjadi di esok harinya.

  1. Makin meningkatkan ibadah kepada Allah SWT

Orang yang memang paham aqidah, akan bisa dengan mudah mengikhlaskan ibadahnya semata – mata hanya untuk allah swt. Dan dari sini, mereka terus berusaha meningkatkan ibadahnya tanpa ada keraguan lainnya.

Selain tujuan, anda juga harus tahu apa keistimewaan dari aqidah islam diantaranya:

  1. Bebas dari paradoks, kekaburan dan keracuan

Dan seperti yang dijelaskan di awal, sumber utama Aqidah islam ini sangatlah murni.  Bahkan untuk dalil – dalilnya juga sangat jelas.  Oleh karena itu, di dalamnya terbebas dari unsur kekaburan atau paradoks. Sedangkan untuk aqidah islam tidak mudah untuk dimasuki kebatilan dari berbagai arah.

  1. Jelas, terang dan mudah

Untuk aqidah islam memuat segala hal dengan jelas tanpa ada penyimpangan apa pun di dalamnya. Perlu anda tahu, semua dalil dan maknanya juga sangat mudah dipahami oleh semua orang.

  1. Aqidah mengenai perkara gaib

Untuk perkara ghaib merupakan segala sesuatu yang tidak dapat di jangkau oleh indra manusia.  Selain itu aqidah islam bertumpu pada penyerahan diri dan kepasrahan segala hal yang memang tidak ada logikanya.

  1. Sumber dari pengambilan murni

Dan terakhir aqidah islam ini memiliki landasan yang jelas dan murni dari al – qur’an. Dan juga berasal dari As sunnah serta ijma salafush shalih.  Sehingga aqidah sama sekali tidak ada campur tangan dengan hawa nafsu, akal ataupun sekedar asumsi dari manusia.

Berikut ini contoh aqidah islam yang perlu anda tahu:

Tentu saja dalam menjalani kehidupan sehari – hari, umat islam seharusnya selalu berpegang pada aqidah islam.  Berikut ini ada beberapa contoh dari aqidah islam yang perlu anda tahu:

  1. Tidak menerima fatwa, kecuali hanya berdasarkan dari al- qur’an dan Sunnah rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam.
  2. Saling menghormati dan bahkan menyayangi sesama anggota keluarga dan masyarakat sesuai ajaran islam. Dan mau melakukan beberapa kegiatan bersama dan sesuai dengan ajaran islam. Seperti melakukan shalat berjamaa’ah.
  3. Melakukan enam rukun imam dalam kehidupan yang sesuai dengan ajaran islam dengan melaksanakan perintah Allah. Dan mereka pun akan menjauhi larangannya.
  4. Dan hanya beriman kepada Allah ta’ala dan menyakini apa yang ada di al Qur’an.

Semoga pembahasan mengenai aqidah islam ini bermanfaat untuk anda dan selamat membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *