PESONA PANTAI BARU BANTUL LIBURAN KESINI YUK

Pantai Baru Bantul ini juga merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata. Dan suatu objek wisata itu juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga bisa berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Objek Wisata juga merupakan sesuatu yang ada di daerah tersebut. Dan dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung. Tentunya wisata Pantai Baru Bantul ini juga termasuk ke semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya.

Menurut Undang – Undang juga pariwisata merupakan segala sesuatu seperti macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya. Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata “Pari” yaitu bersama atau juga berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika di gabungkan kedua kata tersebut juga memiliki artian yakni melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang-orang yang berwisata tersebut juga dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan berwisata pastinya.

Sunset atau juga matahari terbenam merupakan hal yang paling di tunggu pastinya. Matahari terbenam juga biasa di sebut dengan swastamita adalah sebuah waktu di mana matahari menghilang di bawah garus cakrawala di bagian sebelah barat. Dan warna merah di langit juga pada waktu matahari terbit atau terbenam ini si sebabkan oleh kombinasi hamburan Rayleigh warna biru dan juga tingkat kepadatan Atmosfir bumi. Cakrawala juga biasa di sebut dengan kaki langit atau horizon atau juga ufuk. Merupakan garis yang memisahkan bumi dari langit.

Tentu saja Pantai Baru Bantul ini sangat cocok untuk menikmati indahnya sunset bersama pasangan bahkan keluarga juga mengasikkan pastinya. Pantai Cermin sendiri ini juga sangat populer pastinya di kalangan masyarakat menjadikan tempat wisata ini ramai juga dikunjungi pastinya. Pantai Cermin ini juga memiliki pasir putih yang halus dan melandai. Juga memiliki khas pantai yakni deburan ombak yang jernih dan biru cerah. Yang pastinya di Pantai Carocok ini memiliki banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan dengan berbagai wahana yang ada.

PANTAI BARU

Pantai Baru Bantul ini merupakan sebuah tempat wisata pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentu saja Pantai Baru ini ramai di kunjungi wisatawan pastinya yang banyak memburu pesona pantai. Pantai Baru ini memang belum terlalu populer jika dibandingkan dengan Pantai Parangtritis atau juga Pantai Krakal. Tetapi pantai ini juga layak untuk di bahas. Pantai Baru ini juga memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan Pantai Kuwaru dan Pantai Pandansimo pastinya. Tidak juga dan hanya berjarak beberapa meter saja dengan Muara Sungai Progo. Pantai Baru telah resmi dijadikan objek wisata pada bulan Mei tahun 2010 yang lalu. Keunikan pada Pantai Baru ini adalah dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) yang berada tepat di pintu masuk Pantai Baru. Tentu saja kamu akan melihat puluhan kincir angin yang telah berdiri tegak di antara kebun dan semak-semak di Pantai Baru ini. Selain itu teduhan pohon cemara udang yang membuat matahari siang yang tidak terlalu terik. Membuat udara sekitar Pantai Baru ini malah terasa sejuk dan seperti berada di hutan pastinya. Kamu juga tidak akan merasa gerah atau kepanasan jika di bandingkan dengan beberapa pantai lainnya. Di Pantai Baru ini kamu dapat berlibur bersama keluarga atau juga pasangan pastinya. Selain itu juga kamu dapat menikmati sunset di Pantai Baru pastinya dan memburu foto yang keren di sini.

Asal kamu tahu bahwa kincir tersebut juga merupakan sebuah bantuan dari Kementerian Riset dan Teknologi atau Kemenristek tahun 2010. Tentu saja bantuan tersebut menjadi bagian dari program uji coba pembangkit listrik tenaga alternatif untuk mencukupi kebutuhan energinya. Dan berada di kawasan wisata Pantai Baru, selain itu juga di gunakan untuk tenaga angin juga menggunakan tenaga matahari dan biogas nya dari kotoran sapi milik warga sekitar. Secara keseluruhan juga mampu untuk menghasilkan energi dan cukup menghidupi beberapa kebutuhan masyarakat sekitar.

 

MANFAAT PANTAI BARU BANTUL BAGI MASYARAKAT SEKITAR

  • Sebagai Tempat Rekreasi

Manfaat pantai itu juga sebagai tempat rekreasi tentunya. Pantai itu juga merupakan salah satu tempat yang indah dan juga menakjubkan. Tentunya pantai sudah menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan baik lokal atau juga luar kota bahkan luar negeri. Pantai juga merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan yang menakjubkan. Dengan adanya ombak, pasir, pepohonan, kuliner dan juga oleh-oleh nya. Menjadikan pantai ini untuk melepaskan penat dan juga menghibur diri dengan suasana pantai yang sangat meneduhkan suasana. Dengan adanya sunset di pantai menjadikan pelengkap para wisatawan tentunya.

  • Sumber Ketenangan Batin

Manfaat pantai ini juga tentunya sebagai ketenangan batin seseorang. Karena jika kamu sedang mengalami masalah tentunya dengan solusi ini. Kamu akan merasakan solusi dari masalah. Dan tentunya kamu akan memperoleh pikiran yang jernih dan juga bisa menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Dengan suara deburan ombak dan juga wangi khas dari pantai dapat membantu membuat tubuh kamu menjadi rileks. Dan pada akhirnya dapat menghilangkan penat.

  • Sebagai Lokasi Dan Juga Tempat Tinggal Nelayan

Manfaat lainnya juga sebagai lokasi dan juga tempat tinggal nelayan tentunya. Pantai juga sebagai salah satu lokasi yang juga biasa di jadikan lokasi tempat tinggal para nelayan. Pantai juga menjadi mata pencaharian utama bagi para nelayan.  Dan di bangun tempat tinggal agar lokasi nya juga tidak terlalu jauh sehingga dapat menambah pemasukan para nelayan. Tentunya mereka dapat menangkap ikan dan juga menjualnya. Para nelayan itu biasanya juga tergantung dengan pasang surut nya air laut dan sering terjadi di daerah pantai.

  • Sebagai Ikon Foto

Manfaat pantai tentunya sebagai lokasi berfoto. Dan pantai ini juga memiliki dataran yang luas dan dikelilingi dengan ombak dan juga pemandangannya yang indah. Tentunya banyak orang yang datang untuk berfoto atau juga sekedar menikmati wisata alam nya. Biasanya pantai ini juga banyak di manfaatkan untuk berfoto-foto bersama teman atau juga yang hanya keperluan pribadi saja. Seperti foto pre-wedding atau juga yang lain nya.

  • Pemanfaatan Pasir

Manfaat pantai yang terakhir adalah sebagai pemanfaatan pasir nya. Tentu saja tidak hanya pantai saja yang bisa menyajikan keindahan atau juga kenyamanan. Tetapi sebagian kecil juga pantai ini memiliki pasir yang sangat bermanfaat tentunya. Dan sebagian banyak orang juga memanfaatkan pasir pantai ini untuk melakukan metode relaksasi atau juga metode untuk kecantikan. Dengan cara seperti mengubur diri di dalam pasir pantai hingga batas leher kamu. Dan biarkan hingga kuran lebih nya beberapa jam saja. Bahwasanya dipercaya juga dapat membantu membersihkan dan juga menghaluskan kulit. Selain itu juga kamu juga bisa untuk mengambil atau membuat menjadi hiasan atau juga kerajinan tangan.

Add Comment