Liburan Ke Gunung Bromo Yuk Menikmati Indahnya Alam Yang Wajib Kamu Kunjungi

  • Whatsapp

Tempat Wisata Gunung Bromo ini juga merupakan sebuah tempat tujuan berlibur sebagian banyak orang. Tempat wisata merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata. Dan suatu objek wisata juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Obyek Wisata juga merupakan segala sesuatu yang berada di daerah dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung. Tentunya wisata ini merupakan semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya.

Menurut Undang – Undang, pariwisata juga merupakan segala macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya. Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata “Pari” adalah bersama atau juga berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika digabungkan adalah memiliki artian melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang tersebut dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan kunjungan untuk bersenang-senang.

Tempat Wisata Gunung Bromo adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus sampai puncak, tetapi juga kamu bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

GUNUNG BROMO

Tempat Wisata Gunung Bromo ini merupakan salah satu gunung yang berada di pulau jawa. Siapa yang tidak mengenal atau juga mendengar Gunung Bromo ini. Tentunya gunung ini juga termasuk gunung berapi yang masih aktif. Dan gunung ini tentunya yang paling terkenal di Jawa Timur. Karena memilki kunjungan wisatawan yang paling ramai pada setiap tahunnya. Gunung Bromo ini memiliki ketinggian 2.392 Mdpl dan berada di kawasan 4 kabupaten. Yakni kabupaten Probolinggo, kabupaten Pasuruan, kabupaten Lumajang dan juga kabupaten Malang. Tentunya keberadaan Gunung Bromo ini bertautan dengan lembah, ngarai, caldera atau juga pasir dengan luas mencapai 10 km. Gunung Bromo ini juga termasuk ke dalam satu kawasan Bromo Tengger Semeru National Park dan terdapat beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi.

Seperti Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok, Gunung Bromo dan juga beberapa danau. Gunung Bromo ini juga termasuk ke dalam gunung berapi yang masih aktif dan pernah mengalami meletus dengan interval waktu yang teratur dalam 20 abad ini. Atau juga sekitar 30 tahun sekali, dan letusan terbesar juga terjadi pada tahun 1974 dan 2010 yang lalu. Dengan keindahan Gunung Bromo ini, Yadna Kasada atau juga di sebut sebagai Upacara Kasodo lah yang membuat Gunung Bromo ini menjadi tujuan utama destinasi setiap tahunnya. Diadakannya upacara ini pada setiap tahun dan bulan purnama di bulan Desember atau Januari.

Upacara Kasodo ini juga berawal pada abad ke 15 dan di mana menceritakan seorang putri bernama Roro Anteng dan memimpin kerajaan Tengger bersama suaminya. Joko Seger, suami istri ini tidak memiliki anak dan karena itu mereka berdoa dan memohon kepada dewa gunung untuk dapat di berikan anak. Dan dari permohonan mereka juga dewa memberikan 24 anak dan mewajibkan mereka untuk dikorbankan anak yang ke 25. Dan harus dilempar ke dalam gunung berapi tersebut. Permintaan dewa ini juga di laksanakan hingga menjadi tradisi sampai saat ini dan Rakyat Tengger juga melakukan upacara Kasada dengan melemparkan hasil bumi ke dalam kawah Gunung Bromo. Tentunya sebagai ucapan syukur atas panen dan yang mereka terima sebagai permohonan untuk panen yang lebih melimpah lagi. Walaupun Gunung Bromo ini penuh dengan bahaya tetapi juga terdapat beberapa penduduk yang tinggal di daerah tersebut. dengan mengambil resiko dengan naik dan turun ke bawah dalam supaya untuk mengambil barang yang di korbankan. Mereka juga meyakini bisa membawa keberuntungan. Tentunya hampir semua para pendaki ingin pergi ke Gunung Bromo karena di mata para pendaki juga. Gunung Bromo ini memiliki keistimewaan yang tersendiri. Traveling ke Gunung Bromo ini juga lebih mudah karena tidak sepenuhnya juga harus di lakukan dengan berjalan kaki tentunya. Karena sudah ada mobil jeep yang siap melayani perjalanan kamu.

TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini merupakan sebuah kawasan taman nasional yang berada di Jawa Timur. Berada di 4 wilayah kabupaten, yakni berada di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan juga Kabupaten Malang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki bentangan barat ke timur sekitar 20 km sampai 30 km dan ke utara selatan nya sekitar 40 km. Dan telah ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1982. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki luas wilayah kurang lebihnya 50.276,3 ha. Di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini juga terdapat sebuah kaldera lautan pasir yang memiliki luas kurang lebih 6290 ha. Pada batas kaldera ini juga berupa dinding yang terjal dengan ketinggian mencapai 200 – 700 m.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sebelum ditetapkan sebagai kawasan taman nasional. Daerah Tengger juga merupakan sebuah kawasan hutan yang berfungsi sebagai cagar alam dan hutan wisata. Pada kawasan ini juga berfungsi sebagai hutan lindung dan juga hutan produksi. Kamu juga dapat melihat berbagai fungsi tersebut pastinya. Dan dengan Kongres Taman Nasional Sedunia juga telah mengukuhkan kawasan Bromo Tengger Semeru ini sebagai taman nasional. Yang dalam pertemuan yang dapat diselenggarakan di Denpasar, Bali pada tanggal 14 oktober tahun 1982. Tentunya atas pertimbangan alam dan juga lingkungannya juga perlu dilindungi beserta macam-macam potensi tradisional kuno nya.

Yang pastinya dapat terus di kembangkan dan pada tanggal 12 November tepatnya tahun 1992. Pemerintah Indonesia telah resmi meresmikan kawasan Bromo Tengger Semeru menjadi taman nasional. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini juga memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin. Tentunya dengan pohon-pohon yang besar dan juga sudah berusia ratusan tahun antara lain seperti Cemara Gunung, Jamuju, Edelweis dan berbagai jenis tanaman Anggrek dan rumput langka lainnya. Juga memiliki banyak rerumputan, centigi, akasia dan juga cemara dll.

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *