MENDAKI GUNUNG BALEASE YANG TERKENAL SULIT DI SULAWESI SELATAN

  • Whatsapp

Tempat Wisata Gunung Balease adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki.

Mendaki gunung itu juga tidak harus sampai puncak, tetapi juga kamu bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

Mendaki gunung juga bukanlah dapat menaklukan puncak nya atau sampai di titik tertinggi. Karena itu hanya bonus semata. Dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita aku dan kamu dapat mengalahkan diri sendiri dan tetap terus menatap masa depan. Dengan rasa lelah hingga tujuan yang tidak kunjung terlihat pastinya. Bisa membuat seseorang bahkan semua pendaki menjadi putus asa dan kalah dengan rasa egois. Seperti rasa ingin untuk berhenti dan ingin pulang saja. Bahkan mendaki gunung bukan hanya sekadar jalan-jalan saja tetapi juga ras syukur kita karena telah di beri kesempatan menikmati keindahan ciptaan-Nya.

GUNUNG BALEASE

Gunung Balease merupakan sebuah gunung yang berada di SulawesI Selatan. Dan tepatnya Gunung Balease ini bukan merupakan gunung berapi tetapi menjadi titi tertinggi di pegunungan karoue. Gunung Balease ini memiliki ketinggian sekitar 3.016 mdpl. Dan Gunung Balease ini tepatnya berada di perbatasan kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur. tentu saja puncak Gunung Balease ini termasuk yang paling sulit di taklukan oleh para pendaki siapa pun. Untuk mendaki Gunung Balease ini membutuhkan waktu sekitar seminggu untuk bisa sampai pada puncak dan juga turunnya. Gunung Balease ini bisa kamu mulai dari Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone di Luwu Utara. Gunung Balease ini juga memiliki sebuah lembah yang bernama Lembah Waru dan banyak diselimuti oleh lumut. Lembah merupakan sebuah wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Memiliki luas beberapa kilometer persegi dan sampai mencapai ribuan kilometer persegi. Lembah juga dapat terbentuk dari beberapa proses geologis nya. Gunung Balease ini memang tak setinggi Latimojong sebagai salah satu tujuh puncak tertinggi di tanah air. Tetapi Gunung Balease ini terkenal sangat sulit untuk didaki pastinya. Bersama dengan Gandang Dewata yakni di pegunungan Quarles yang berada di Sulawesi Barat. Memiliki karakteristik yang hampir sama yakni dengan hutan lumut, panggungan, penyeberangan sungai, pacet, relatif jarang di daki dan memiliki trek yang panjang.

Tentu saja banyak sekali tantangan untuk menuju Gunung Balease ini. Yakni dengan kamu harus berada di titi start pendakian yang sangat rendah sekitar 25 mdpl saja. Dan keterbatasan sumber daya air yang hanya tersedia di Pos 3 dan juga Lembah Waru saja. Selain itu juga kamu harus mengoptimalkan tampungan air hujan yang pada botol-botol bekas yang ada di beberapa pos pendakian. Kamu sebaiknya juga jangan hanya mengandalkan tampungan botol ini saja ya karena tidak selalu ada apalagi kalau musim kemarau. Yang terakhir tentu saja dengan panjangnya jalur pendakian sejauh 50km selama pulang pergi. Dan sudah terbagi menjadi 7 pos pendakian dan jika kamu ingin mendaki menghabiskan waktu 8 hari sampai 7 malam untuk pulang pergi di puncak Tolangi. Dan jika kamu ingin menuju ke puncak Gunung Balease ini memerlukan waktu satu hari lagi pastinya.

Pada saat perjalanan di awal pendakian kamu akan menemukan medan seperti kebun, sawah dan juga penyeberangan sungai besar sebanyak 4 kali. Jika kamu sudah sampai di Air Terjun Bantimurung di pintu rimba, medan pendakian akan menjadi trek hutan lebat dan berdominasi panggungan. Jangan lupa untuk mengisi persedian air di Air Terjun tadi ya. Dan kamu juga harus menyiapkan logistik paling tidak selama 10 hari dan itu pasti sangat berat bukan.

Trek Gunung Balease ini memiliki jalur licin, banyak duri dan becek. Tentu saja kamu harus siap jika diserang oleh pacet. Walaupun tidak sebesar di Bukit Raya Kalimantan tetapi di sini memiliki jumlah yang lebih banyak jenisnya. Di Pos pertama kamu akan menikmati hujan yang biasanya turun dan pos ini berada di ketinggian 800 mdpl. Hutan lebat yang berada di Gunung Balease ini memang membuat sinar matahari relatif untuk sedikit menembus tanahnya. Kamu bisa membuat tenda diantara Pos 2, Pos 3 dan Pos 4. Pada Pos 5 kamu juga bisa untuk bermalam di sana pastinya. Untuk menuju di Pos 6 kamu akan melewati medan yang masih panggungan dan dengan vegetasi cantigi dan juga lumut serta tumbuhan lainnya. Pastinya sangat mengganggu dan susah lagi untuk didaki.

Catatan untuk kamu yang ingin mendaki Gunung Balease:

  • Pintu rimba ini berada di Air Terjun Desa Bantimurung tepatnya di Bone-bone Sulawesi Selatan.
  • Gunung Balease ini memiliki juru kunci bernama pak nasaruddin atau pak nas.
  • Kamu harus mengusakan membawa leader yang pernah kesana pastinya supaya kamu tidak akan tersesat.
  • Jangan berharap untuk ada porter yang akan dibawa karena penduduk sekitar pun tidak pernah ke puncak Gunung Balease.
  • Harus membawa masing-masing kantong air.
  • Gunung Balease ini memiliki supply air hanya berada di air terjun, kali kecil yang berada di pos 2 dan pos 3. Dan tentunya tampungan air yang berada di camp juga Lembah Waruh.
  • Sebaiknya jangan sekali-kali berangkat naik ke puncak tanpa ijin dari pak nas.
  • Jangan mendaki Gunung Balease ini dulu jika dari atas ada pendaki lain yang baru turun tentu saja supplay air telah habis dan juga berkurang.
  • Mengusahakan untuk membawa kantung air yang selalu penuh dan jangan sampai kamu tidak hemat dalam perjalanan menuju puncak Gunung Balease ini ya.
  • Kalau bisa kamu memasak pada malam hari tentunya agar pada pagi hari kamu sudah siap untuk mendaki lagi atau melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Balease ini apabila kamu juga kejar target.
  • Selalu perhatikan string dan juga tanda yang berada di jalan selama perjalanan ya. Tentu saja agar kamu tidak salah pilih jalan dan akan tersesat.
  • Jika kamu melihat sesuatu yang aneh pastikan untuk tidak menegur atau melihatnya.
  • Sebaiknya berhati-hati terhadap rotan, pacet dan juga pada saat tiarap dan akan melewati akar. Kamu tidak maukan kaki kamu akan menjadi pesta tempat pacet.
  • Di sini kamu tidak perlu izin khusus tentunya sudah cukup untuk melapor di kepala desa setempat.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *