Penjelasan Lengkap Peta Papua Kamu Harus Tahu

  • Whatsapp

Peta Papua adalah sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi di sebuah bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari sebuah peta konvensional yang kemudian tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi.

Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Tentu untuk menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

Peta Papua juga merupakan sebuah peta permukaan bumi yang dapat dibuat juga menggunakan berbagai proyeksi peta. Dengan peta papua ini dapat berupa sebuah peta politik bahkan fisik. Tentu saja dengan adanya tujuan utama peta politik juga merupakan menunjukkan batas teritorial. Tujuan nya peta fisik ini untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau juga penggunaan tanah nya. Tentu saja hidup di zaman ilmu pengetahuan dan telah terbuka secara umum pastinya. Memudahkan kamu dan kita semua dalam mencari informasi berkat berbagai penemuan dan juga penelitian yang dilakukan. Jika kamu ingin mengetahui juga letak pasti suatu negara yang belum pernah dikunjungi bahkan sama sekali asing. Maka kamu bisa membentangkan peta dunia untuk mengetahuinya.

Tentu saja keberadaan peta papua ini sudah seperti yang kamu kenal dan tidak lepas dari perkembangan peradaban makhluk hidup. Dan manusia sendiri pun juga butuh alat bantu penunjuk arah dan tempatnya. Khususnya bagi para pelayar yang juga siap menjelajah lautan luas. Bahkan tidak ada penunjuk arah yang pasti di laut dan dengan kemunculan bintang utara pastinya harus menanti sampai malam hari. Dengan kompas dan juga peta tersebut yang menjadikan acuan teman sejati nya. Sejarah juga telah mencatat bahwa aktivitas pelayar lah yang sudah mulai menghubungkan antar bangsa di berbagai benua bahkan seluruh belahan dunia.

PETA PAPUA

Peta Papua sendiri merupakan salah satu provinsi terluas di tanah air dan terletak di bagian tengah Pulau Papua. Atau juga di bagian paling timur wilayah Papua miliki tanah air dan belahan timur merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua dahulu bernama Irian Jaya dan sebelumnya mencakup seluruh wilayah Papua Bagian Barat. Sejak waktu itu tahun 2003 telah di bagi menjadi dua provinsi dan dengan bagian timur pastinya tetap memakai nama Papua. Dan pada bagian barat nya memakai nama Papua Barat. Pulau Papua ini memiliki luas 808.105 km2 dan pastinya pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di tanah air. Provinsi Papua sendiri memiliki luas sekitar 421.981 km2, dan pulau ini berada di ujung timur dari wilayah Indonesia pastinya.

Provinsi Papua memiliki potensi sumber daya alam yang sangat bernilai strategis dan ekonomis yang pastinya telah mendorong bangsa-bangsa asing yang menguasai pulau ini. Kota tertinggi yang ada di pulau Papua ini adalah Kabupaten Puncak Jaya, dan kota terendah berada di kota Merauke. Tentu saja sebagai daerah yang tropis dan wilayahnya kepulauan menjadikan Provinsi Papua ini memiliki kelembapan udara relative lebih tinggi yakni 80-90%. Dan kondisi geografis yang telah bervariasi ini dapat mempengaruhi kondisi penyebaran penduduk yang pastinya tidak merata.

Pada tahun 1990 penduduk di Pulau Papua sendiri pada tahun 1990 hanya berjumlah 1.648.708 jiwa saja. Dan pada tahun 2006 telah meningkat menjadi sekitar 2,8 juta jiwa. Puncak tertinggi yang ada di tanah air sekaligus di Oseania yakni berada di Puncak Jaya yakni 4.884 mdpl. Puncak Jaya sendiri atau disebut dengan Carstensz Pyramid merupakan sebuah puncak yang menjadi bagian dari sebuah Barisan Sudirman. Dan terdapat di Provinsi Papua, Indonesia pastinya. Di sekitarnya juga terdapat sebuah gletser Carstensz dan merupakan satu-satunya gletser tropika di tanah air. Dan mungkin akan segera lenyap karena kemungkinan besar akibat pemanasan.

Tentu saja puncak ini merupakan gunung tertinggi di tanah air dan merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia. Puncak Jaya sendiri berhasil di daki pada awal tahun 1909 oleh sesorang penjelajah dari Belanda yakni Hendrikus Albertus Lorentz dan beberapa orang dari Suku Kenyah dari Kalimantan Utara. Dataran tinggi di sekitar daerah puncak yang pada awalnya sudah dihuni pastinya sebelum adanya kontak dengan bangsa Eropa. Dan nama puncaknya biasa disebut dengan Nemangkawi di Amungkal. Puncak Jaya yang sebelumnya bernama Piramida Carstensz waktu itu setelah dijajah oleh Belanda. Padang salju atau juga gletser di Puncak Jaya telah berhasil didaki pastinya. Pada tahun 1962 puncak ini berganti nama menjadi Puncak Soekarno dan setelah itu di ganti lagi menjadi Puncak Jaya.

Beberapa informasi yang harus kamu ketahui:

  • Semboyan: Karya Swadaya
  • Hari jadi: 1 Mei 1963 (direbut dari Belanda)
  • Ibu kota: Jayapura
  • Total luas: 309.934,4 km2
  • Pemerintahan:
  • Gubernur: Lukas Enembe[1
  • Wagub: Klemen Tinal
  • Ketua DPRD: Yunus Wonda
  • Sekda: Titus Emanuel Adopehan Herry Dosinaen
  • Kabupaten: 27
  • Kota: 2
  • Kecamatan: 214

Suku bangsa

  • Suku Papua (52%)
  • Pendatang (48%) (2002)

Suku Yang Ada Di Papua: Suku Amungme, Arfak, Asmat, Dani, Damal, Yali, dll.

Sedangkan suku pendatang antara lain: Suku Jawa, Bugis, Sunda, Makassar, Buton, Batak, Minahasa, Huli, Tionghoa

Agama yang ada di ProvinsiPapua adalah:

  • Protestan (65.5%)
  • Katolik (17.7%)
  • Islam (15.9%)
  • Hindu (0.08%)
  • Budha (0.05%)

Bahasa yang digunakan: Bahasa Indonesia dan 268 Bahasa Daerah

Papua memiliki 28 Kabupaten dan Kota:

  1. Kabupaten Asmat : Agats
  2. Kabupaten Biak Numfor : Biak
  3. Kabupaten Boven Digoel : Tanah Merah
  4. Kabupaten Deiyai : Tigi
  5. Kabupaten Dogiyai : Kigami
  6. Kabupaten Intan Jaya : Sugapa
  7. Kabupaten Jayapura : Sentani
  8. Kabupaten Jayawijaya : Wamena
  9. Kabupaten Keerom : Waris
  10. Kabupaten Kepulauan Yapen : Serui
  11. Kabupaten Lanny Jaya : Tiom
  12. Kabupaten Mamberamo Raya : Burmeso
  13. Kabupaten Mamberamo Tengah: Kobakma
  14. Kabupaten Mappi : Kepi
  15. Kabupaten Merauke : Merauke
  16. Kabupaten Mimika : Timika
  17. Kabupaten Nabire : Nabire
  18. Kabupaten Nduga : Kenyam
  19. Kabupaten Paniai : Enarotali
  20. Kabupaten Pegunungan Bintang : Oksibili
  21. Kabupaten Puncak : Ilaga
  22. Kabupaten Puncak Jaya : Kotamulia
  23. Kabupaten Sarmi : Sarmi
  24. Kabupaten Supiori : Sorendiweri
  25. Kabupaten Tolikara : Karubaga
  26. Kabupaten Waropen : Botawa
  27. Kabupaten Yahukimo : Sumohai
  28. Kabupaten Yalimo : Elelim
  29. Kota Jayapura Agats                     : –

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *