PENGERTIAN PETA BANDUNG DAN SEJARAH LENGKAPNYA KAMU HARUS TAHU INI

  • Whatsapp

Peta Bandung juga merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi pada bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari mulai peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi. Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Dapat menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

BANDUNG

Kota Bandung juga merupakan sebuah kota terbesar di Jawa Barat dan sekaligus Ibu Kota. Bandung berada di sebelah tenggara Jakarta dan berjarak 140 km. Di Bandung juga merupakan kota yang memiliki sejarah penting di tanah air. Seperti tempat berdirinya perguruan tinggi teknik pertama Indonesia atau sekarang biasa di sebut ITB. Sebagai tempat ajang pertempuran pada masa kemerdekaan. Kota Bandung juga menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia – Afrika tahun 1955. Kota Bandung ini juga biasa di sebut dengan kota kembang, karena pada zaman dulu Bandung dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon. Dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Bandung juga dahulu biasa disebut dengan Parijs Van Java tentunya karena keindahannya. Kota Bandung ini telah dikelilingi oleh pegunungan dan berbentuk morfologi wilayahnya bagaikan mangkuk raksasa katanya. Kota Bandung ini secara geografis berada di tengah-tengah Provinsi Jawa Barat dan memiliki ketinggian kurang lebih 768 mdpl. Dan dengan titik tertinggi itu berada di sebelah utara dengan ketinggian 1.050 mdpl. Dan bagian selatan berada di kawasan terendah yakni dengan ketinggian 675 mdpl. Kota Bandung ini memiliki dua aliran sungai yakni Sungai Citarum dan Sungai Cikapundung. Kota Bandung ini juga memiliki sebuah gunung yakni Gunung Tangkuban Parahu. Di Kota Bandung ini memiliki iklim pegunungan yang lembap dan juga sejuk. Dengan suhu rata-rata 23.50C.

Sejarah Kota Bandung ini juga berasal dari kata Bendung atau juga Bendungan. Karena dahulu terbendungnya Sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahu dan terbentuk sebuah Telaga. Pada zaman dahulu Jawa Barat dikenal sebagai Bumi Priangan dan telah jaya pada zaman kerajaan Pajajaran dan era Kesultanan Mataram. Pada 20 april 1641 Mataram mulai kembali menata wilayah mereka dan membentuk 4 kabupaten dan salah satunya adalah Kabupaten Bandung. Dan setelah kepemimpinan Sultan Agung telah selesai karena beliau sudah wafat. Kini Mataram semakin melemah karena masalah eksternal dan internal lainnya dan kekuasaan jatuh ke tangan Republik Batavia dan segala urusan pemerintahan nya berada di bawah kendali mereka. Dan pada tanggal 25 september 1810 Bupati Bandung yakni R.A Wiranatakusumah IV telah membangun Kota Bandung sebagai Ibu Kota Kabupaten Bandung. Dan dengan tata kota tradisonal nya yang membangun pendopo di sisi selatan Alun-alun Bandung. Tentunya mengarah menghadap Gunung Tangkuban Parahu, dan pada Masjid Agung yang sekarang menjadi Masjid Agung Raya Bandung ini di bangun di sisi barat alun-alun. Pada tanggal 1 maret tepatnya tahun 1906 telah menetapkan peningkatan status Kota Bandung. Yakni menjadi pusat pemerintahan kota dan sejak saat itu juga Kota Bandung telah resmi di lepas dari Kabupaten Bandung. Tentunya berdiri sebagai pemerintahan sendiri yakni Kota Bandung.

Tentunya Kota Bandung ini juga terkenal sangat indah dengan pemandangan sekelilingnya yang juga berupa pegunungan. Kota Bandung juga termasuk kota tua dan sudah ada sejak zaman penjajahan. Bandung memiliki dua pemerintahan yakni Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Dan memiliki letak yang berhimpitan, memiliki beberapa kecamatan yang ada di wilayah masing-masing.

Kota Bandung

Memiliki 30 wilayah kecamatan dan dipimpin oleh Camat dan 68 kelurahan yang juga dipimpin oleh Lurah.

Kabupaten Bandung

Memiliki 31 kecamatan dan dengan luas wilayah 2.322 hektare sampai 20.243 hektare.

Dengan melihat peta bandung kamu dapat mengetahui batas-batas pada masing-masing wilayah yang ada di Bandung. Berhubungan dengan adanya letak geografisnya, tentunya memiliki sejarah masa lampau dan semua yang melibatkan Bandung ini menjadi daya tarik tersendiri. Banyak hal yang dapat menarik wisatawan datang dan juga berkunjung ke Bandung. Tentu saja sudah banyak yang mengenal Bandung sebagai kota yang penuh dengan nilai historis nya. Dunia Internasional pun juga mengenal Bandung sebagai Ibu Kota Asia Afrika. Bandung juga pernah di bumi hanguskan pada saat masa penjajahan. Selain juga sejarahnya Bandung juga memiliki iklim yang dingin dan cocok untuk kamu jika ingin melepas penat. Walaupun tidak lagi sedingin masa lalu tetapi tetap lebih dingin jika di bandingkan dengan luar kota Bandung. Bandung juga memiliki budaya lokal yang juga mendunia pastinya yakni alat musi daerah seperti Angklung dan dengan penduduk mayoritas nya Sunda. Budaya lokal ini sudah di akui oleh UNESCO dan memiliki tari Jaipong, Wayang Golek dan berbagai kesenian lainnya. Memiliki banyak pesona lainnya yang juga di miliki Bandung ini. Berhubungan dengan letak geografisnya Bandung ini memiliki andalannya yakni sebagai wisata alam. Dan banyak sekali objek wisata alam yang di tawarkan.

 

PENGERTIAN PETA MENURUT PARA AHLI

  1. Menurut ICA (International Cartographic Association)

ICA (International Cartographic Association) adalah lembaga asosiasi para kartografi seluruh dunia. Menurut ICA, peta diartikan sebagai suatu representasi atau gambaran unsur-unsur kenampakan abstrak dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada bidang datar secara diperkecil atau diskalakan.

  1. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL, 2005)

Bakosurtanal juga merupakan akronim dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Menurut lembaga ini juga, pengertian peta merupakan sebuah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan yang dapat menjadi sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

  1. Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG)

Peta adalah wahana untuk penyimpanan dan penyajian data kondisi sebuah lingkungan yang dapat difungsikan bagi perencana dan pengambil keputusan dalam peningkatan pembangunan.

  1. Menurut F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson

Menurut F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson, pengertian peta ialah suatu perakitan terpadu atau suatu sintesa dari empat kelompok infomasi yaitu titik, garis, wilayah dan nama yang dikemukakan dalam istilah: liputan, ciri, pola, bentuk, ukuran, ketebalan simbul dan lain-lain. Batasan tersebut di atas langsung menunjuk ke pada segi teknik penetapan simbul dan analisis keruangan aspek persebaran data dalam jenis dan besaran serta penamaan geografik nya (toponimy). Di antara pengertian peta tersebut dan menurut para ahli lainnya, rasanya pengertian inilah yang paling mendasar.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *