PENGERTIAN PETA ASIA SECARA LENGKAP DAN PENJELASANNYA

  • Whatsapp

Peta Asia juga merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi pada bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari mulai peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi. Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Dapat menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

PENGERTIAN PETA MENURUT PARA AHLI

  1. Menurut ICA (International Cartographic Association)

ICA (International Cartographic Association) adalah lembaga asosiasi para kartografi seluruh dunia. Menurut ICA, peta diartikan sebagai suatu representasi atau gambaran unsur-unsur kenampakan abstrak dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada bidang datar secara diperkecil atau diskalakan.

  1. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL, 2005)

Bakosurtanal merupakan sebuah akronim dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Menurut lembaga ini, pengertian peta adalah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan yang dapat menjadi sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

  1. Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG)

Peta adalah wahana untuk penyimpanan dan penyajian data kondisi sebuah lingkungan yang dapat difungsikan bagi perencana dan pengambil keputusan dalam peningkatan pembangunan.

  1. Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, peta diartikan sebagai suatu gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan lain sebagainya: representasi melalui gambar dari suatu daerah tentunya yang menentukan sifat dari semua area tersebut.

  1. Menurut F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson

Menurut F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson, pengertian peta ialah suatu perakitan terpadu atau suatu sintesa dari empat kelompok infomasi yaitu titik, garis, wilayah dan nama yang dikemukakan dalam istilah: liputan, ciri, pola, bentuk, ukuran, ketebalan simbul dan lain-lain. Batasan tersebut di atas langsung menunjuk ke pada segi teknik penetapan simbul dan analisis keruangan aspek persebaran data dalam jenis dan besaran serta penamaan geografik nya (toponimy). Di antara para pengertian peta tersebut itu juga menurut para ahli lainnya, rasanya pengertian inilah yang sudah paling mendasar.

PETA ASIA

Asia merupakan sebuah benua terbesar dan tentunya paling padat penduduknya di dunia. Benua Asia berada di bagian timur dan belahan utara. Tentunya mencakup 8.7 % dari luas daratannya, dan ada sekitar 4,3 miliar orang terdapat juga 60% populasi manusia di dunia saat ini. Benua Asia ini juga memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi di era modern pastinya. Selama abad ke 20 ini populasi Asia sudah hampir 4 kali lipat. Benua Asia dan Eropa ini juga termasuk benua yang terhubung lewat darat dan juga keduanya dapat membentuk suatu benua raksasa yang biasa disebut dengan Eurasia. Batas antara benua ini dengan Eropa memang sangat kabur jadi beberapa negara Turki dapat dimasukkan ke Asia atau Eropa. Dan memiliki beberapa bentang alam yang sering di pakai untuk memisahkan kedua benua itu. Yakni Selat Bosporus, Laut Marmara, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Dardanella, Sungai Emba, Sungai Ural dan Novaya Zemlya. Tentunya Benua Asia ini berbatasan langsung dengan Benua Eropa. Dan memiliki batas langsung dengan Benua Afrika yang juga memiliki perbatasan darat dan bertemu di Terusan Suez. Untuk dapat mengingat-mengingat ukuran dan keragaman nya tentunya konsep Asia-nama ini kembali pada zaman klasik dan mungkin lebih berkaitan dengan geografi manusia daripada geografi fisik. Benua Asia ini juga memiliki keberagaman dan juga masing-masing memiliki kelompok etnis, budaya, ekonomi, lingkungan, sistem pemerintahan dan hubungan sejarahnya.

PEMBAGIAN WILAYAH

Asia Tengah

Tentunya tidak ada konsensus yang pasti mengenai penggunaan istilah ini tetapi sudah mencakup:

  • Rusia
  • Uzbekistan, Tajikistan, Kirgizstan, Kazakstan, Turkmenistan
  • Georgia, Abkhazia, Ossetia Selatan
  • Armenia, Azerbaijan, Nagomo-Karabakh

Asia Timur

Bagian Asia Timur ini juga biasa disebut dengan Timur Jauh karena orang-orang Eropa melihat letak geografisnya memang sangat jauh dari Eropa. Dan meliputi:

  • Kepulauan Samudera Pasifik, Jepang
  • Semenanjung Korea, Kore Utara, Korea Selatan
  • Republik Rakyat Tiongkok, Hongkong, Makau, Tibet, Taiwan
  • Mongolia

Asia Tenggara

Bagian Asia Tenggara ini juga mencakup di Semenanjung Malaka, IndoChina dan beberapa kepulauan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

  • Daratan Asia Tenggara: Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam
  • Kepulauan Asia Tenggara: Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Timor-Leste

Di Malaysia juga telah dibagi menjadi dua bagian oleh Laut Tiongkok Selatan dan di daratan. Daratan yang pertama di Semenanjung Malaka dan yang kedua ada di Pulau Kalimantan.

Beberapa nama kepulauan Malaysia:

  • Kepulauan Malaysia Timur berada di Pulau Kalimantan dan terdiri dari negara bagian Sabah dan Serawak.
  • Kepulauan Malaysia Barat berada di sebelah selatan Thailand dan terdiri dari Negeri Sembilan, Selangor, Kelantan, Perak, Johor dan Pahang.

Tentunya juga Pulau Papua di bagian barat yang menjadi milik Indonesia ini dapat di masukkan ke Asia Tenggara pastinya karena urusan Politik.

Asia Selatan

Bagian Asia Selatan ini juga terdiri dari beberapa negara di Himalaya:

  • India dan anak dari benua Asia seperto Pakistan, Nepal, Bangladesh dan Bhutan.
  • Beberapa negara yang berada di Samudera Hindia seperti Sri Lanka dan Maladewa
  • Iran dan Afganistan

Asia Barat

Bagian Asia Barat ini biasanya juga disebut dengan Timur Tengah dan istilah ini juga sering di gunakan untuk merujuk dengan Negara-Negara lain seperti Afrika Utara. Asia Barat ini juga dapat di bagi lagi dengan:

  • Laut Tengah seperti Negara pulau Siprus
  • Levant atau juga bisa disebut Timur Dekat dengan Yordania, Suriah, Irak dan juga Lebanon
  • Jazirah Arab ini meliputi Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Oman, Qatar, Bahrain, Yaman dan juga Kuwait.
  • Semenanjung Sinai berada di Mesir.
  • Dan juga Israel, Palestina.

Tentu saja Benua Asia ini merupakan regional atau juga Benua yang terluas dan terkenal. Dan juga tergantung dari apa batasannya. Baik secara tradisional batasannya adalah pada bagian dari massa benua tersebut. Dan terbentang dari Afrika – Eurasia yang terletak di timur Terusan Suez. Pada Pegunungan Ural dan selatan Pegunungan Kaukakus dan juga Laut Kaspia serta Laut Hitam. Ada sekitar 60 % penduduk di dunia yang tinggal di Benua Asia ini. Dan diantaranya ada 2 % ini sudah menempati bagian utara dan separuh bagian pedalaman seperti Mongolia, Siberia, Xinjiang, Kazakhstan, Tibet, Qinghai dan beberapa bagian barat seperti Uzbekistan dan Turkmenistan.

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *