PENYEBARAN ISLAM UNTUK MENAMBAH WAWASAN TENTANG DUNIA ISLAM

  • Whatsapp
sumber: https://prelo.co.id/blog/6-cara-penyebaran-agama-islam-di-indonesia/

Anda sedang mencari info mengenai penyebaran islam untuk menambah wawasan anda mengenai dunia islam. Silakan Anda KLIK DISINI!

Penyebaran islam sudah dilakukan sejak dahulu. Dimana penyebaran islam ini dilakukan oleh Rasullullah SAW.  Saat melakukan penyebaran islam ini dibagi menjadi dua macam. Yakni dakwah secara sembunyi – sembunyi dan secara terang – terangan. Dan pada awal mulanya misi kenabian rasullullah SAW.  Beliau mendakwahkan kalam Allah kepada orang – orang terdekat.  Seperti keluarga dan rekan – rekan.  Dan salah satu orang yang menjadi kandidat yang mengikuti ajaran rasulullah SAW ini adalah khadjjah.   Selanjutnya disusul oleh sepupu rasulullah SAW yakni ali bin abu thalib, abu bakar ash shidiq, zaid, dan ummu aiman.  Selanjutnya di susul oleh sahabat – sahabat nabi, seperti utsman bin affan, Zubair bin awam, abdurrahman bin auf, saad bin abi waqqasah dan thalhah bin ubaidillah.  Setelah semua teman terdekat dan keluarga rasul sudah mengikuti ajaran beliau. Selang beberapa waktu kemudian, rasulullah SAW mulai mendakwahkan ajaran ilahi secara terang – terangan.  Ditujukan kepada penduduk makkah maupun penduduk dari luar makkah yang menyempatkan berkunjung ke makkah.  Dalam melakukan penyebaran islam ini banyak sekali hambatan yang dihadapi rasullah SAW.  Karena memang cukup sulit untuk mengentaskan mereka yang telah membuat makkah sebagai salah satu tempat kunjungan penyembah berhala. Dibutuhkan kesabaran dan strategi untuk melakukan penyebaran islam ini.

sumber: https://prelo.co.id/blog/6-cara-penyebaran-agama-islam-di-indonesia/

Penyebaran Islam Melalui Pendidikan

Untuk akan dan islam memang memiliki hubungan yang cukup erat. Dimana islam memerintahkan manusia, agar terus mencari ilmu pengetahuan dan mulai mengembangkannya.  Dan untuk perintah ini sudah terdapat dalam al – qur’an yang terdapat pada al alaq.  Selain itu ajaran ini juga terdapat di surat Shad ayat 29.  Dalam sebuah hadist, rasulullah menyerahkan pada akal manusia untuk mengurus urusan dunia yang bersifat detail dan teknis.  Agama islam selalu menganjurkan umatnya untuk mendorong dan memerintahkan manusia agar selalu menggunakan akalnya untuk berfikir. Selain itu menjadi salah satu sarana mengenal Allah dengan tidak berfikir.  Selain itu akan mudah membuat diri jatuh kedalam hal – hal yang keji dan dimurkai Allah.  Misalnya terjatuh kedalam hal yang musrik dan menyekutukan allah. Serta juga menyesatkan manusia yang lainnya.  Hal ini dikarenakan pada masa al – khulafa   Ar rasyidin dan juga beberapa khilifah setelahnya.  Terdapat banyak ilmuwan – ilmuwan muslim yang turut memberikan kontribusi besar, terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.  Dengan adanya hal ini mereka sudah berperan sebagai media penyebaran islam melalui pendidikan.  Baik di wilayah khilafah dan juga wilayah sekitarnya. Hal ini dapat anda lihat dari dualah islam yang ada di Andalusia kala itu.  Dimana pengaruh ilmu pengetahuannya, dapat mengentaskan eropa kala itu, masih terbelakang.

Dan beriku ini ada beberapa ilmuwan – ilmuwan muslim yang memiliki kontribusi besar pada bidang ilmu untuk penyebaran islam tersebut.

  1. Al mawardi, abu hanifah, zaid bin ali, ibnu taimiyah dalam bidang ekonomi.
  2. Ibnu rusyd dalam bidang ensiklopedia
  3. Ibnu sina berjasa pada bidang ilmu medis
  4. Al khawarizmi pada bidang ilmu matematika

Tentu saja masih banyak ilmuwan muslim yang belum disebutkan diatas.  Dimana kontribusi untuk penyebaran islam ini sangat besar khususnya dalam bidang ilmu.

Sedangkan penyebaran Islam melalui kesenian yang perlu anda tahu untuk menambah wawasan anda.

Seperti yang kita tahu kesenian menjadi salah satu penyebaran islam. Kesenian lokal yang berpadu dengan agama islam.  Akan tetapi memiliki ciri khasnya sendiri.  Dan ciri khas itu pun akan berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.  Selain itu untuk penyebaran islam melalui kesenian yang dimaksud, Dalam bentuk seni tari, bangunan, pahat, musik, sastra, dan lain – lain.  Dengan begitu membuat islam sangat mudah untuk dipahami oleh masyarakat lokal.  Tidak hanya itu islam yang berpadu dengan seni – seni tersebut.  Bahkan hingga sekarang, masih ditemukan dan dapat dilihat dan juga dinikmati bentuk fisiknya.  Baik yang masih dalam keadaan utuh maupun tidak.  Meskipun begitu, paling tidak sudah membuktikan bahwa islam dapat diterima oleh sebagian lapisan masyarakat.

Sedangkan penyebaran Islam melalui Tasawuf yang perlu anda tahu untuk menambah wawasan anda.

Untuk anda yang belum tahu apa yang dimaksud dengan tasawuf.  Untuk tasawuf ini adalah ajaran untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Selain itu juga dapat membantu anda untuk menemukan jati diri. Dan dalam proses tasawuf ini tidak ada wujud lain, selain wujudnya.  Dimana pun anda memandang, di sana hanya ada wajah Allah SWT. Entah itu dilangit ataupun bumi, hanya akan ada satu wujud sejati dan hakiki.  Allah SWT lebih tepatnya.  Untuk pemilik nama allah, dan konsep ini jauh lebih dikenal dengan wahdah al – wujud. Untuk ilmu tasawuf ini sendiri baru berkembang setelah masa sahabat dan tabiin.  Sebelum itu, ilmu tasawuf belum terlalu diperlukan, karena pada kala itu, mereka adalah orang – orang yang ahli ibadah.  Selain itu ahli taqwa, dan ahli wara. Dimana mereka saling berlomba untuk meneladani berbagai aspek dari rasulullah.  Dimana mereka lebih dikenal dengan sebutan sufi.  Dimana hidup yang dijalankan hanya kepada tuhan.  Selain itu berdasarkan data historis, sebenarnya tasawuf bukanlah ilmu baru dalam islam.  Karena untuk ilmu yang satu ini merupakan bagian dari maqam ihsan. Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu dasar agama.  Yakni islam, imam dan ihsan.  Sehingga kita dapat menyimpulkan jika penyebaran islam ini berasal dari filsafat sesat maupun sumber kuno.  Dan tokoh – tokoh tersebut diantaranya: Syaikh muhammad al hasyimi, Ali al khawas, Abu madyan, ahmad zaruq. Abu ali ats – tsaqafi, abdul wahab asy – syarani, abdul qadir al jailani, ibnu athaillah as sakandari, abdul qadir al jazairi, abu hamid al – Ghazali.

Saluran Penyebaran Penyebaran Islam Yang Ada Di Indonesia

Jika berdasarkan runut sejarah yang masih ada dan berlaku. Anda dapat menyimak runut sejarah dan bagaimana penyaluran islam yang ada di Indonesia diantaranya:

  1. Pedagang

Setelah para pedagang muslim masuk ke Indonesia.  Hubungan kerajaan – kerajaan lokal ini tidak hanya sekedar hubungan perdagangan.  Melainkan hingga merambah hingga menjalin hubungan diplomatik.

  1. Pernikahan

Banyak sekali pedagang muslim yang menetap di Indonesia.  Dimana banyak para pengembara muslim yang menikah dengan keluarga bangsawan.

  1. Tasawuf

Adalah ajaran mendekatkan kepada allah SWT yang disebarkan oleh syekh siti jenar saat di Indonesia.

  1. Pendidikan & seni

Penyebaran Islam melalui pendidikan ini sudah dilakukan melalui pesantren – pesantren atau pusat dakwah. Selain itu para penduduk lokal juga mendapatkan pendidikan islam dari seni wayang yang dibawa oleh sunan kalijaga.

Semoga info penyebaran Islam ini bermanfaat untuk anda. Dan selamat membaca!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *