Peta Sulawesi Terlengkap Dengan 6 Provinsi Kamu Harus Tahu

Peta Sulawesi juga merupakan sebuah peta permukaan bumi yang dapat dibuat juga menggunakan berbagai proyeksi peta. Dengan Peta Sulawesi ini dapat berupa sebuah peta politik bahkan fisik. Tentunya dengan tujuan utama peta politik juga merupakan menunjukkan batas teritorial. Tujuan nya peta fisik ini untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau juga penggunaan tanah nya. Tentu saja hidup di zaman ilmu pengetahuan dan telah terbuka secara umum pastinya. Memudahkan kamu dan kita semua dalam mencari informasi berkat berbagai penemuan dan juga penelitian yang dilakukan. Jika kamu ingin mengetahui juga letak pasti suatu negara yang belum pernah dikunjungi bahkan sama sekali asing. Maka kamu bisa membentangkan peta dunia untuk mengetahuinya. Tentu saja keberadaan Peta Sulawesi ini sudah seperti yang kamu kenal dan tidak lepas dari perkembangan peradaban makhluk hidup. Dan manusia sendiri pun juga butuh alat bantu penunjuk arah dan tempatnya. Khususnya bagi para pelayar yang juga siap menjelajah lautan luas. Bahkan tidak ada penunjuk arah yang pasti di laut dan dengan kemunculan bintang utara pastinya harus menanti sampai malam hari. Dengan kompas dan peta lah yang menjadikan acuan teman sejati nya. Sejarah juga telah mencatat bahwa aktivitas pelayar lah yang sudah mulai menghubungkan antar bangsa di berbagai benua bahkan seluruh belahan dunia.

Peta Sulawesi merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi mengenai bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari mulai sebuah peta yang konvensional lalu tercetak hingga menjadi peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi. Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta sulawesi juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Dapat menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

SULAWESI

Peta Sulawesi sendiri dahulu biasa dikenal dengan Celebes yang merupakan sebuah pulau di tanah air. Tentu saja Sulawesi juga merupakan salah satu dari 4 Kepulauan Sunda Besar dan termasuk pulau terbesar nomor sebelas di dunia. Sulawesi berada di sebelah barat Kepulauan Maluku, sebelah timur Kalimantan dan berada di sebelah selatan Mindanao dan juga Kepulauan Sulu, negara Filipina. Di tanah air juga hanya pulau Kalimantan, Papua dan Sumatra yang pastinya lebih besar dari luas wilayahnya. Dan hanya Pulau Sumatra dan Jawa yang hanya memiliki populasi lebih banyak pastinya dari pulau Sulawesi. Bentang alam yang berada di Sulawesi telah mencakup empat wilayah. Yakni ada Semenanjung Timur, Semenanjung Selatan, Semenanjung Tenggara dan Semenanjung Minahasa di bagian utara.

Pastinya di pulau Sulawesi ada tiga telur yang telah memisahkan semenanjung-semenanjung tersebut. Seperti Teluk Tomini di Semenanjung Minahasa, Telur Bone yang berada diantara Semenanjung Selatan dan Tenggara, dan juga ada Teluk Tolo du Semenanjung Timur dan Tenggara. Selat Makassar sendiri merupakan selat yang membentang di sepanjang sisi barat pulau dan juga memisahkan pulau Sulawesi dari pulau Kalimantan. Selat Makassar juga menghubungkan Laut Sulawesi pada bagian utara dan juga dengan Laut Jawa di bagian selatan. Tentu saja Selat Makassar juga termasuk ke dalam kategori laut dalam dan merupakan salah satu dari Alur Laut Kepulauan Indonesia atau ALKI.

Untuk Kota Pelabuhan utama tentunya berada di selat ini adalah Kota Balikpapan, Palu dan Makassar. Pastinya tempat ini juga telah menjadi lokasi jatuhnya pesawat Adam Air Penerbangan 574 yang telah menewaskan 102 penumpang dan awak pesawat pada 1 januari tahun 2007 yang lalu. Nama dari Sulawesi sendiri berasal dari kata dalam bahasa-bahasa yang berada di daerah Sulawesi Tengah. Yakni kata sula yang berarti nusa atau pulau dan kata mesi merupakan besi atau logam. Dan mungkin saja merujuk pada praktik perdagangan bijih besi dari hasil produksi tambang-tambang yang telah ada di daerah Luwu Timur. Sulawesi sendiri memiliki bentuk unik dengan bentuk yang memiliki banyak tanjung dan juga teluk. Geografis di pulau Sulawesi merupakan fakta yang telah dituangkan pada peta Sulawesi dan pastinya telah meliputi beberapa berdasarkan keadaan geografis pulau tersebut. Pulau Sulawesi juga berada di Asia Tenggara dan dengan koordinat 2o 08 menit LU dan 120o 17 menit BT. Pastinya pulau Sulawesi ini juga termasuk ke dalam Kepulauan Sunda Besar di wilayah kepulauan Nusantara. Pulau Sulawesi memiliki luas wilayah 174.600 km persegi dan puncak ketinggiannya berada di Rantemario 3.478 mdpl.

PROVINSI DI PULAU SULAWESI

Pada awalnya Peta Sulawesi ini hanya memiliki 4 provinsi saja lalu dilakukan pemekaran lagi. Dan pada tahun 2000 setelah ada pemekaran maka Gorontalo dijadikan sebagai Provinsi baru di Sulawesi. Tak hanya itu pada tahun 2004 disusul dengan Provinsi Sulawesi Barat.

  1. Provinsi Sulawesi Barat

Salah satu provinsi baru yang berada di pulau Sulawesi dan berada di bagian barat pulau pastinya. Ibu Kota dari Manuju ini memiliki luas wilayah 16.796,19 km persegi. Dan pastinya penetapan pada Provinsi Sulawesi Barat ini pada tanggal 5 Oktober tahun 2004 yang lalu.

  1. Provinsi Sulawesi Utara

Provinsi ini merupakan yang berada di ujung utara pulau Sulawesi dan memiliki ibukota di Manado. Dan pastinya di provinsi ini juga memiliki potensi wisata sejarah besar. Di Provinsi Sulawesi Utara ini memiliki 11 kabupaten yang telah terbagi pastinya:

  • Mongondow
  • Mongondow Selatan
  • Mongondow Utara
  • Mongondow Timur
  • Sangihe
  • Siau Tagulandang
  • Talaud
  • Minahasa Utara
  • Minahasa Selatan
  • Minahasa Tenggara
  • Minahasa

Selain itu juga provinsi ini memiliki 4 kota yakni ada:

  • Kotamobogu
  • Manado
  • Kota Bitung
  • Tomohon
  1. Provinsi Sulawesi Tengah

Memiliki 12 kabupaten dan 1 kota karena provinsi ini berada di bagian tengah pulau Sulawesi. Ibu kota ini adalah Palu. Dan pastinya provinsi ini yang paling luas diantara ke enam provinsi lainnya di pulau Sulawesi.

  1. Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi ini memiliki ibukota Makassar dan dahulu bernama Ujung Pandang. Provinsi Sulawesi Selatan memiliki 12 kabupaten dan juga 3 kota.

  1. Provinsi Sulawesi Tenggara

Tentu saja provinsi ini berada di bagian tenggara pulau Sulawesi dan memiliki ibukota Kendari. Memiliki luas wilayahnya 38.140 km persegi dan hanya memiliki populasi sekitar kurang lebihnya hanya 2,5 juta jiwa.

  1. Provinsi Gorontalo

Provinsi Gorontalo ini merupakan sebuah provinsi nomor 32 di tanah air dan ditetapkan pada tahun 2000. Provinsi ini berada di bagian utara Provinsi Sulawesi Utara. Memiliki ibukota di Gorontalo atau juga Hulontalo Penisula dan pastinya provinsi ini memiliki julukan sebagai Serambi Madinah.

 

Add Comment