PENGERTIAN SISTEM EKONOMI ISLAM TUJUAN CIRI PRINSIP

  • Whatsapp
sumber: https://www.pelajaran.co.id/2019/22/pengertian-sistem-ekonomi-islam-ciri-prinsip-kelebihan-dan-kekurangan-sistem-ekonomi-islam.html

Anda ingin tahu soal pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip untuk menambah wawasan anda. Silakan anda KLIK DISINI!

Pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip seringkali dicari info nya oleh beberapa kalangan. Khususnya bagi mereka yang ingin menambah wawasan mengenai dunia islam. Untuk sistem ekonomi islam merupakan suatu sistem ekonomi dimana dalam pelaksanaannya berlandaskan syariat islam dengan berpedoman kepada Al – qur’an dan juga Al – hadist.  Dimana dalam sistem ekonomi islam ini mengatur berbagai macam kegiatan seperti jual beli, simpan pinjam, investasi, dan berbagai kegiatan ekonomi lainnya.  Dan pada pelaksanaan kegiatan ekonomi islam ini, semuanya harus sesuai dengan syariat islam tentunya.  Yakni dengan cara menghindari semuanya yang sifatnya maisyir, haram, gharar, tiba dan ikhtikar.  Dan jika dibahas menurut berbagai sumber, sistem ekonomi islam mengandung sifat – sifat yang baik. Dari sistem ekonomi kapitalis dan sosialis. Akan tetapi melepas sifat – sifat buruk dari kedua sistem ekonomi tersebut.  Karena pada dasarnya sistem ekonomi islam ini menentang eksploitasi pada pemilik model dengan seorang buruh yang miskin.  Dan juga melarang suatu penumpukan kekayaan.  Selanjutnya ekonomi pada kacamata islam adalah suatu tuntutan kehidupan dan juga anjuran yang mempunyai dimensi ibadah dan moral syariah islam.

sumber: https://www.pelajaran.co.id/2019/22/pengertian-sistem-ekonomi-islam-ciri-prinsip-kelebihan-dan-kekurangan-sistem-ekonomi-islam.html

Pengertian Sistem Ekonomi Islam Tujuan Ciri Prinsip Menurut Para Ahli

Seperti yang dituliskan dalam buku karya M.B gendrie Anto berikut ini adalah beberapa pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip menurut para ahli:

  1. Shidqi

Menurut beliau tepatnya pengertian ini dikeluarkan pada tahun 1992.  Dimana pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip adalah tahapan pemikir – pemikir muslim terhadap tantangan ekonomi pada zamannya.  Dan dalam upaya ini dibantu oleh al – qur’an dan hadist serta pengalaman dan alasan.

  1. Hasanuzzaman

Menurut beliau lebih tepatnya pada tahun 1986.  Pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip ini adalah suatu ilmu dan aplikasi petunjuk dan aturan syariah. Yang mencegah ketidak adilan dalam memperoleh dan menggunakan sumber daya material.  Agar dapat memenuhi kebutuhan manusia dan agar dapat menjalankan kewajibannya kepada Alllah dan msyarakat.

  1. syarifuddin prawinegara

Pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip ini adalah sistem ekonomi yang terjadi setelah prinsip ekonomi yang menjadi pedoman kerjanya.  Dimana dipengaruhi dan dibatasi oleh ajaran – ajaran agama islam.  Atau sistem ekonomi ini adalah pengaruh yang dipancarkan oleh ajaran – ajaran islam terhadap prinsip ekonomi.  Dan menjadi pedoman bagi setiap kegiatan ekonomi yang bertujuan menciptakan alat – alat untuk memuaskan berbagai keperluan manusia.

  1. Nasution at all

Untuk Pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip ini adalah suatu sistem ekonomi yang didasarkan pada ajaran nilai – nilai islam.  Dimana bersumber pada al qur’an, sunnah, ijma, dan sumber yang lainnya.

  1. Dr. Zainuddin Ali

Untuk sistem ekomoni islam ini adalah kumpulan norma hukum yang bersumber dari al – qur’an dan al hadist yang mengatur perekonomian umat manusia.

  1. A manan

Menurut beliau, sistem ekonomi syariah ini adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah – masalah ekonomi rakyat.  Yang telah diilhami oleh nilai – nilai islam.

  1. Muhammad abdullah al – arabi

Menurut beliau untuk sistem ekonomi syariah ini merupakan sekumpulan dasar – dasar umu ekonomi yang kita simpulkan dari itlaf.  Dari aq – qur’an, as – sunnah dan merupakan bangunan perekonomian yang kita dirikan di atas landasan dasar – dasar tersebut.  Sesuai tiap lingkungan dan masa.

Setelah anda sudah tahu soal pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip ini, anda juga harus tahu tujuan ekonomi islam tersebut.  Berikut ini adalah ulasan mengenai tujuan sistem ekonomi islam diantaranya:

  1. Dapat memastikan stabilitas dan juga pertumbuhan ekonomi
  2. Dapat memastikan untuk setiap orang kebebasan untuk mematuhi nilai – nilai moral
  3. Dapat mencegah terjadinya pemusatan kekayaan dan meminimalkan ketimnpangan dana distribusi pendapatan dan kekayaan masyarakat.
  4. Dapat memastikan kesamaan kesempatan bagi semua orang
  5. Adanya pemenuhan dasar manusia yaitu papan, sandang, pangan, kesehatan, pendidikan untuk setiap lapisan masyarakat.

Dari penjelasan singkat mengenai pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip ini, kita dapat mengetahui beberapa karakteristiknya.  Dan adapun ciri – ciri sistem ekonomi islam sebagai berikut:

  1. Terdapat larangan untuk menimbun harta kepada umat islam.  Dan hal ini dianggap sebagai penghambat harta dari yang kaya kepada yang miskin.  Selain itu hal ini juga dianggap sebagai salah satu kejahatan besar.
  2. Dan tidak diperbolehkan terdapat bunga atau tambahan dari suatu pinjaman sehingga hutang – piutang hanya diperbolehkan konsep bagi hasil.
  3. Terdapat sistem sedekah yaitu distribusi kekayaan secara merata dari yang kaya kepada yang kurang mampu.
  4. Terdapat konsep halal dan haram dimana semua produk barang dan juga jasa harus bebas dari unsur yang dilarang dalam islam.
  5. Terdapat pengakuan akan hak umat atau umum dimana hak umat lebih diutamakan dibandingkan hak lainnya.
  6. Terdapat pengakuan terhadap hak individu, namun akan dibatasi gar tidak terjadi monopoli yang merugikan masyarakat umu.
  7. Terdapat adanya keyakinan bahwa manusia hanya memegang amanah dari maha kuasa. Dimana segala kelimpahan harta yang dimiliki manusia ini berasal dari Allah SWT.
  8. Terdapat adanya pengakuan akan hak umat atau umum yang dimana hak umat ini memang lebih diutamakan dibandingkan hak lainnya.
  9. Terdapat adanya pengakuan terhadap hak individu, akan tetapi dibatasi agar tidak terjadi monopoli, yang akan merugikan masyarakat umum.

Pada pelaksanaannya sistem ekonomi islam ini akan mengedepankan prinsip – prinsip ekonomi yang bertujuan untuk mensejahterahkan manusia.  Selain itu adapun prinsip ekonomi islam ialah sebagai berikut:

  1. Mengutamakan keadilan dan keseimbangan dalam berniaga

Dalam ekonomi islam juga memerintahkan agar kegiatan niaga ini dapat berjalan secara adil dan seimbang.  Dimana memiliki arti setiap transaksi maka pembeli maupun penjual tidak boleh melakukan hal – hal yang dapat merugikan.  Misalnya saja seperti membohongi dan juga menipu.

  1. Membuat catatan transaksi dengan jelas

Dan di dalam ekonomi islam, setiap transaksi yang terjadi harus dicatat dengan baik. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya konflik.  Atau masalah dimana depan karena adanya potensi kelalaian atau lupa.

  1. Melarang praktik riba

Seperti yang disebutkan diatas, sistem ekonomi islam ini melarang praktik riba dalam setiap kegiatan ekonomi. Karena hal ini dianggap dapat menyengsarakan peminjam dana. Terutama bagi mereka yang memang kurang mampu.

  1. Mencari dan mengelola kekayaan alam

Nah, dalam prinsip ekonomi islam ini, setiap manusia diharuskan mencari dan mengelola sumber daya alam dan sebaik – baiknya.  Hal ini juga termasuk dalam memaksimalkan hasil bumi. Dan juga hubungan dengan orang lain.

Demikian artikel mengenai pengertian sistem ekonomi islam tujuan ciri prinsip semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *