PENGERTIAN PASAR MENURUT PARA AHLI BESERTA JENIS JENSINYA

  • Whatsapp
sumber: https://www.saturadar.com/2017/11/pengertian-pasar.html

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat tidak bisa lepas dari yang namanya pasar. Pada dasarnya pasar merupakan suatu tempat dimana bertemunya penjual atau produsen dan pembeli atau konsumen. Sehingga di pasar tersebut akan berlangsung transaksi jual beli. Akan tetapi definisi pasar bisa lebih luas. Pasar tidak hanya menyangkut pasar modern maupun tradisional saja. Melainkan juga ada jenis-jenis pasar lainnya yang bisa kita ketahui. Selain itu, pasar juga memiliki beragam fungsi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini. kami akan membahas tuntas pengertian pasar, mulai dari pengertian menurut para ahli, ciri-ciri pasar dan pastinya juga fungsi dari pasar itu sendiri. Pengertian pasar menurut para ahli memang ada banyak. Sehingga penting untuk anda tahu pengertian pasar menurut para ahli beserta jenis jenisnya sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai pasar. Namun sebelum kami membahas lebih jelasnya mengenai pengertian pasar menurut para ahli. Sudah tahukah anda apa itu pasar secara umum? Pasar merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dan juga penjual untuk melakukan transaksi. Transaksi ini berupa jual beli suatu barang maupun jasa. Pada dasarnya, pengertian dari pasar tidak merujuk ke sebuah lokasi maupun tempat-tempat tertentu. Sebab pasar tidak memiliki batas geografis. Untuk itu, ketahui beberapa pengertian pasar menurut para ahli beserta jenis jenisnya.

sumber: https://www.saturadar.com/2017/11/pengertian-pasar.html

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Sebenarnya apa itu pasar? Pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan sebuah transaksi. Transaksi tersebut bisa berupa barang maupun jasa. Pasar tidak memiliki batasan geografis seperti yang sudah kami singgung sebelumnya. Sehingga definisi dari pasar tidak pernah merujuk pada sebuah tempat maupun lokasi tertentu. Selain itu, dengan kehadiran internet telah membuat pengertian pasar saat ini menjadi semakin luas. Pengertian pasar yang dimaksud di dalam artikel kali ini kaitannya dengan kegiatan ekonomi yaitu transaksi jual beli. Baik itu dilakukan di pasar tradisional maupun secara online yang sudah semakin tersebar seperti sekarang ini. pengertian pasar dalam ilmu ekonomi merupakan jumlah permintaan dan juga penawaran pada jasa maupun barang tertentu. Dalam hal ini, pasar merujuk pada berbagai kegiatan permintaan dan penawaran barang, tenaga kerja, modal maupun surat berharga. Selain mengetahui pengertian pasar secara umum, anda juga bisa mengetahui pengertian pasar menurut para ahli beserta jenis jenisnya dengan membaca artikel kami kali ini. Ada beberapa pengertian pasar menurut para ahli yang bisa anda ketahui dengan memperhatikan baik-baik artikel kami ini.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian pasar menurut para ahli:

  1. Willian J. Stanton

Menyatakan bahwa pasar merupakan tempat dimana terdapat sekumpulan orang yang ingin membelanjakan uang mereka. Dimana sekumpulan orang tersebut memiliki keinginan untuk puas. Bisa dikatakan bahwa pasar merupakan tempat untuk kegiatan jual beli dengan alat pertukaran berupa uang.

  1. Koder dan Amstrong

Definisi dari pasar menurut Kotler dan Amstrong merupakan seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk maupun jasa. Perlu anda ketahui bahwa ukuran dari pasar sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan kebutuhan, memiliki kemampuan dalam pertukaran. Banyak pemasar yang memandang penjual sebagai industri. Sedangkan pembeli sebagai pasar, dimana penjual mengirimkan produk dan jasa yang mereka produksi ke pasar. Sebagai gantinya mereka akan menerima uang dan juga informasi dari pasar.

  1. Nystrom

Menurut H. Nystrom pengertian pasat adalah suatu tempat tertentu yang digunakan sebagai tempat penyaluran barang dan juga jasa dari tangan produsen ke konsumen. Dengan kata lain, pasar merupakan sebuah tempat transaksi barang dan juga jasa antara konsumen dan juga produsen.

  1. Handri Ma’aruf

Menurut Handri Ma’aruf, pengertian pasar tidak hanya da satu melainkan tiga. Yang pertama dapat diartikan sebagai sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dengan pembeli. Sedangkan pengertian pasar menurut Handri Ma’aruf yang kedua adalah sebuah penawaran dan permintaan yakni tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli. Dan yang ketiga pengertian pasar bisa diartikan sebagai sekumpulan anggota masyarakat yang memiliki kebutuhan serta daya beli.

  1. Kotler (2002)

Untuk pengertian pasar menurut Kotler (2002) mengemukakan bahwa pasar merupakan suatu tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang.

  1. America Marketing Association

Definisi dari pasar menurut America Marketing Association atau Asosiasi pemasaran Amerika yaitu tempat pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang kemudian diarahkan secara khusus untuk barang dan juga jasa dari produsen ke konsumen.

  1. Winardi SE

Pengertian pasar menurut Dr. Winardi SE dapat diartikan sebagai sebuah tempat dimana secara ideal harga pada waktu tertentu sama untuk semua pembeli dan juga penjual

  1. Atep Adya Barata

Sedangkan menurut Atep Adya Barata, pengertian pasar yaitu tempat dimana berkumpulnya penjual dan juga pembeli. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung saling berhubungan melakukan pertukaran. Baik itu berupa barang maupun jasa.

  1. Simamora

Menurut simamora, pengertian dari pasar yaitu sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan dan juga keinginan terhadap sebuah produk tertentu. Yang mana memiliki kemauan dan kemampuan untuk membeli produk tersebut. Bahkan memiliki kesempatan untuk memutuskan membeli produk tersebut.

  1. Philip dan Duncanadan

Mereka mendefinisikan sebuah pasar sebagai sesuatu tempat yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga kedua pendapat tersebut meyakini bahwa pasar merupakan sebuah tempat untuk meletakkan barang untuk dibeli konsumen.

Fungsi Pasar

Bukan hanya pengertian dari pasar menurut para ahli saja yang bisa anda ketahui. Melainkan anda juga bisa mengetahui pengertian pasar menurut para ahli beserta jenis jenisnya. Berikut ini beberapa fungsi pasar, terdiri dari:

  • Fungsi distribusi produk

Salah satu fungsi dari pasar yaitu fungsi distribusi produk. Yang mana merupakan suatu aktivitas menyalurkan barang maupun jasa yang diproduksi oleh produsen pada konsumen. Fungsi dari pasar sebagai tempat distribusi produk. Hal ini disebabkan karena banyak terdapat konsumen. Sedangkan penjual sebagai distributor yang artinya barang yang dijual tidak diproduksi sendiri.

  • Fungsi penetapan harga atau nilai

Karena terdapat interaksi antara penjual dan juga pembeli. Maka terdapat juga permintaan dan juga penawaran dari kedua belah pihak. Sehingga terdapat kesepakatan harga kesetimbangan yang bisa dicapai dari interaksi kedua pihak. Fungsi dari pasar sebagai tempat penetapan harga dari barang maupun jasa yang diperjualbelikan karena terjadi kesepakatan dari pembeli dan penjual.

  • Fungsi promosi

Fungsi dari pasar selanjutnya yaitu tempat berkumpulnya para konsumen yang merupakan tempat promosi yang baik bagi produsen untuk memperkenalkan produk yang mereka jual. Pada umumnya, saat proses promosi, mereka akan menawarkan dengan penawaran menarik. Seperti halnya dengan harga murah dibandingkan produk dari produsen lainnya.

  • Fungsi penyerapan tenaga kerja

Selain terdapat pedagang dan pembeli, di pasar juga banyak terdapat pihak lain yang bisa terlibat dalam kegiatan ekonomi. Sama halnya dengan tukang parkir, tukang sampah dan lain sebagainya. Maka dari itu, fungsi pasar sebagai tempat penyerapan sebuah tenaga kerja.

  • Menyediakan barang dan jasa guna masa mendatang

Pasar juga memiliki peran sebagai fasilitator guna mengelola tabungan dan juga investasi. Investasi ini berfungsi untuk menyediakan barang maupun jasa yang dibutuhkan pada masa yang akan datang. Tabungan dan juga investasi ini akan berinteraksi di pasar.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai pengertian pasar menurut para ahli beserta jenis jenisnya yang bisa anda ketahui. Semoga informasi kami bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pasar. Selamat membaca…

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *