PENGERTIAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA INDONESIA

  • Whatsapp

Cari informasi pengertian pancasila sebagai dasar negara, pengertian pancasila sebagai pandangan hidup yang harus diketahui oleh seluruh bangsa Indonesia!

Pengertian pancasila sebagai dasar negara mengandung sebuah makan bahwa nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila menjadi dasar dan pedoman hidup masyarakat Indonesia.  Seperti yang kita ketahui bahwa nilai pancasila dasarnya adalah berasal dari nilai sebuah filsafat yang mendasar dan dijadikan aturan dasar atau norma yang berlaku di seluruh Indonesia.  Nilai dasar pancasila memiliki sifat yang normatif dan juga abstrak dijadikan sebagai landasan kehidupan bernegara.  Bahkan dari pengertian pancasila sebagai pandangan hidup menjadi sebuah pedoman utama untuk penyelenggaraan norma-norma hukum dalam penyelenggaraan Negara.  Pada masa saat ini memang perlu sekali adanya penegasan mengenai pengertian pancasila sebagai dasar negara.  Agar seluruh bangsa Indonesia tahu dan paham terkait dengan kedudukan pancasila sebagai dasar negara.  Yang mana dari pengertian tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa Pancasila sebagai alat kekuasaan yang dapat mengendalikan apa pun di negara Indonesia.  Selain itu makna dari pengertian pancasila sebagai pandangan hidup juga bisa diartikan sebagai kristalisasi pengalaman-pengalaman hidup dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.  Yang mana telah membentuk sebuah sikap, watak, perilaku, tata nilai, moral, dan juga etika yang melahirkan sebuah pandangan hidup bangsa Indonesia.  Bahkan Pancasila sering disebut dengan way of life pandangan dunia, pegangan hidup, pedoman hidup dan petunjuk hidup sehari-hari.  Yang harus diamalkan oleh seluruh bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

sumber: https://www.onoini.com/pengertian-pancasila-sebagai-dasar-negara/

Berikut Ini Pembahasan Secara Detail Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Fungsinya!

Pengertian pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara juga tercantum jelas pada UUD 1945 Alinea Ke IV (Empat) yang jelas berbunyi sebagai berikut:

“Kemudian dari pada itu untuk dapat membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia.  Serta seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi serta keadilan sosial.  Maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang berbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia.  Yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serat mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Berdasarkan uraian mengenai pengertian pancasila sebagai dasar negara pada UUD 1945 terdapat sebuah norma hukum.  Yang mana norma hukum pokok disebut dengan pokok kaidah fundamental dari suatu negara dalam hukum mempunyai hakikat serta kedudukan yang tetap, kuat dan tidak berubah bagi suatu negara.  Atau bisa disebut dengan ketetapan hukum suatu negara tidak bisa dirubah.  Untuk itu dari dasar pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bahwa kedudukan Pancasila sebagai pokok kaidah yang fundamental.  Selain itu jika dilihat dari pengertian pancasila sebagai dasar negara.  Salah satu pakar Dr. Koentowijoyo pada tulisannya mengenai radikalisasi pancasila (1998) bahwa Pancasila perlu diberikan ruh yang baru.  Sehingga Pancasila dapat bergerak menjadi sebuah kekuatan yang menggerakan sejarah.  Karena pada kenyataannya telah banyak kejadian penyelewengan terhadap makna dan tujuan Pancasila.

Pancasila sebagai pandangan hidup sesuai dengan pada uraian pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.  Juga memiliki banyak kegunaan dan fungsi yang harus anda ketahui berikut ini:

  1. Sesuai dengan pengertian pancasila sebagai dasar negara. Pancasila berfungsi sebagai pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam bertingkah laku dan menjalankan segala aktivitas sehari-hari.
  2. Berdasarkan pengertian pancasila sebagai pandangan hidup Pancasila memiliki fungsi. Sebagai petunjuk bangsa Indonesia dalam menyelesaikan berbagai persoalan.  Mulai dari masalah politik, sosial budaya, hukum, ekonomi dan juga persoalan bidang lainnya yang ada dalam kehidupan bangsa Indonesia.
  3. Jika melihat pengertian pancasila sebagai dasar negara kegunaan dari Pancasila sebagai konsep dasar kehidupan. Yakni kehidupan yang dicita-citakan serta sebuah dasar pikiran yang mendalam dan gagasan mengenai wujud kehidupan yang memiliki nilai baik.
  4. Melihat arti dari pengertian pancasila sebagai pandangan hidup, Pancasila memiliki manfaat atau fungsi sebagai sumber semangat. Yakni dalam mendorong individu dan kelompok untuk mewujudkan berbagai macam nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila.
  5. Arti dari pengertian pancasila sebagai dasar negara bahwa Pancasila mempunyai fungsi sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai keragaman. Mulai dari keragaman suku, budaya, adat istiadat, bahasa, agama, warna kulit.  Hal ini dibingkai sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika.  Walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua sangat tepat untuk karakter dan kondisi bangsa Indonesia.
  6. Jika dilihat dari pengertian pancasila sebagai pandangan hidup, Pancasila memiliki fungsi membangun diri bangsa Indonesia sesuai dengan kepribadian bangsa ini. Dimana agar tercapai bangsa yang berkarakter kuat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.  Dengan ciri khas bangsa Indonesia yang melekat kuat sebagai bangsa yang satu aman dan damai berdasarkan norma pada Pancasila.
  7. Terakhir berdasarkan pengertian pancasila sebagai dasar negara dapat ditarik sebuah garis besar fungsi dari Pancasila adalah sebagai petunjuk. Dimana pancasila memiliki fungsi untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Jika melihat kembali pengertian pancasila sebagai pandangan hidup dan juga fungsi Pancasila sendiri tentunya untuk meraih sebuah kebaikan.  Yakni nilai baik dan norma baik bagi seluruh orang maupun masyarakat yang menjadi bangsa indonesia.  Terlebih bangsa ini sebagai bangsa yang tersusun dari banyak keragaman dan juga banyak perbedaan.  Dengan pancasila sebagai ideologi bangsa dan juga falsafah bangsa Indonesia memiliki sebuah harapan semua kehidupan bangsa ini jauh lebih baik.  Penekanan pengertian dari pengertian pancasila sebagai dasar negara pada kenyataannya dianggap sangat perlu jika melihat kondisi saat ini.

Dimana bangsa Indonesia dari perbedaan yang ada banyak sekali terjadi konflik dari berbagai bidang masalah.  Hal ini jelas sebagai sebuah gambaran dimana Pancasila sebagai dasar negara perlahan mulai hilang di hati dan juga pikiran bangsa Indonesia.  Untuk itu sekali lagi belajar tidak pernah mengenal waktu dan usia termasuk dalam hal bangsa ini harus terus mengingat pedoman dasar Pancasila.  Dimana bahwa pada setiap sila yang ada pada Pancasila terkandung sebuah makan mendalam yang mencakup seluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia.  Hal ini jelas berlaku untuk semua bangsa Indonesia baik kalangan atas maupun kalangan bawah tanpa terkecuali.  Agar bangsa Indonesia hidup dengan rukun dan damai sebagai bangsa yang berkarakter kuat cinta damai dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Demikian penjelasan mengenai pengertian pancasila sebagai pandangan hidup untuk seluruh Bangsa Indonesia.  Semoga informasi ini bisa sedikit mengingatkan kita agar terus menggunakan dasar Pancasila dalam menjalakan berbagai kehidupan dan aktivitas sehari-hari.  Agar bangsa Indonesia hidup adil makmur.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *