PENGERTIAN KOMPREHENSIF DALAM AJARAN ISLAM

  • Whatsapp
sumber: http://restleethink.blogspot.com/2016/03/makalah-islam-agama-komprehensif.html

Anda ingin tahu pengertian komprehensif dalam ajaran islam untuk menambah wawasan anda. Silakan anda KLIK DISINI!

Pengertian komprehensif dalam ajaran islam memang penting untuk anda pelajari. Hal ini tentu saja perlu untuk menambah wawasan anda.  Nah, secara umum untuk komprehensif ini sendiri merupakan segala sesuatu yang sifatnya luas dan lengkap yang meliputi berbagai aspek atau ruang lingkup yang luas.  Akan tetapi untuk lebih memahami secara luas, komprehensif adalah memiliki wawasan yang luas akan sesuatu dan melihat dari berbagai aspek sehingga dapat memahami sesuatu.  Untuk permasalahan secara menyeluruh dan menyelesaikan dengan baik. Sedangkan untuk pengertian komprehensif ini meurut kamu besar Indonesia atau KBBI. Untuk pengertian komprehensif ini ialah bersifat mampu menangkap, menerima dengan baik.  Selain itu luas dan lengkap mengenai ruang lingkup atau isi.  Tidak hanya di situ saja mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas. Dan untuk istilah komprehensif sendiri diambil dari kata bahasa inggris.  Yakni comprehensive yang memiliki arti lengkap, luas, menyeluruh, teliti, dan juga meliputi banyak hal.  Yang pada dasarnya istilah komprehensif digunakan untuk menyatakan kondisi dimana suatu dapat menjelaskan keterangan secara lengkap.  Serta mampu memberikan wawasan yang lebih luas.  Untuk istilah komprehensif ini sendiri sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Seperti filsafat, kebidanan, akuntansi, dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa bidang yang telah menggunakan istilah komprehensif yang perlu anda tahu.

sumber: http://restleethink.blogspot.com/2016/03/makalah-islam-agama-komprehensif.html
  1. Komprehensif di bidang akuntansi

Yaitu mengenai suatu prinsip pembuatan laporan laba dan rugi dengan tujuan untuk mengukur seberapa tingkat keberhasilannya.  Soal kinerja suatu perusahaan dalam periode tertentu.

  1. Komprehensif di bidang kebidanan

Yaitu penanganan yang dilakukan secara kesinambungan kepada bayi dan ibu sejak bayi tersebut. dalam kandungan. Hingga bayi yang dikandung melahirkan.

  1. Komprehensif bidang filsafat

Yaitu suatu cara berfikir filsafat yang mengkaji segala suatu dengan menyeluruh sehingga tidak terdapat lagi bagian yang tersisa. Ataupun yang berada di luarnya.

Setelah anda sudah tahu beberapa bidang yang menggunakan istilah komprehensif ini. Nah, anda juga harus tahu apa saja contoh dari komprehensif ini. Coba anda perhatikan beberapa kalimat berikut Ini:

  1. Setiap kampus tentu akan mengadakan ujian komprehensif pada kalimat ini. Bagi seluruh mahasiswa semester akhir. Untuk pengertian komprehensif pada kalimat ini adalah ujian yang meliputi semua aspek.  Pada bidang ilmu tertentu dengan ujian ini dapat dilihat apakah seorang mahasiswa layak untuk lulus atau tidak.
  2. Selain itu perusahaan X melaporkan laba komprehensif yang didapat pada tahun 2018. Untuk pengertian komprehensif pada kalimat tersebut yang didapatkan pada tahun 2018. Untuk pengertian komprehensif pada kalimat tersebut adalah keuntungan perusahaan yang dipengaruhi berbagai faktor di luar operasional normal perusahaan.  Misalnya saja keuntungan dari perubahan nilai tukar mata uang.
  3. Contoh yang ketiga, berita komprehensif yang disajikan oleh situs X akhirnya membuat masyarakat memahami masalah secara ke seluruh. Untuk pengertian komprehensif ini pada kalimat tersebut adalah soal laporan berita mengenai suatu fakta yang disajikan secara menyeluruh yang dikaji.  Dari berbagai aspek sehingga dapat menghasilkan sebuah kesimpulan.
  4. Nah, contoh yang keempat, sebuah rumah sakit X memberikan pelayanan komprehensif kepada para pasiennya. Dan arti komprehensif pada kalimat tersebut mengandung arti bahwa rumah sakit ini memberikan pelayanan yang menyeluruh.  Mulai dari upaya preventif, kuratif, serta rehabilitative bagi pasien.
  5. Contoh pola pikir komprehensif

Dan pada pola pikir yang juga perlu dimiliki oleh manusia adalah pola pikir komprehensif. Nah, pengertian komprehensif berdasarkan KBBI adalah luas meliputi banyak hal.  Dan untuk pola pikir komprehensif adalah pola pikir yang terbuka.  Sehingga tidak eksklusif dan tertutup. Dan di dalamnya ada sikap menghargai pemikiran orang lain dan mampu menampung berbagai hal.   Dan untuk pola pikir yang satu ini dibagi menjadi 3 hal yakni kreatif, proaktif, dan positif juga menjadi bagian dan pola pikir komprehensif.  Sebagai salah satu pola pikir yang utuh dan terbuka. Jika kita lihat hubungan antara 4 pola pikir tersebut diketahui bahwa pola pikir komprehensif terbentuk atas pola pikir proaktif, positif dan kreatif. Dengan hubungan ke tiga pola pikir yang cukup erat ini.  Untuk pola pikir positif dan kreatif tentu mampu menciptakan pola pikir proaktif.  Sedangkan untuk yang kreatif mampu menimbulkan pola pikir positif.  Demikian pula sebaliknya, pola pikir positif akan dapat menumbuhkan pola pikir kreatif. Dikarenakan biasanya orang yang positif thinking akan mempunyai kehidupan yang menyenangkan. Selain itu keadaan ini dapat juga merangsang kreativitas seseorang.

Pemahaman Pengertian Komprehensif Dalam Ajaran Islam Yang Perlu Anda Tahu

Setelah anda sudah tahu pengertian dan juga contohnya.  Paling tidak anda juga harus tahu secara menyeluruh dan memahami bahwa setiap masalah kesehatan.  Dan yang perlu didekati permasalahannya melalui pemikiran.

  1. Setiap kejadian kontak antara pasien dan tim kesehatan, maka masalah kesehatan atau keluhan. Memang perlu didekati melalui sisi upaya, pencegahan, pengobatan hingga rehabilitative.
  2. Setelah kejadian kontak antara pasien dan juga tim kesehatan. Maka untuk masalah kesehatan seharusnya dapat diketahui. Selain itu dapat disimpulkan, ditangani secara profosional. Tidak hanya sebatas masalah kesehatan yang dikeluhkan saja.  Akan tetapi ditampilkan saat itu oleh pasien.  Akan tetapi juga dilakukan eksplorasi terhadap berbagai masalah kesehatan dan keluhan kesehatan yang kurang diproritaskan oleh pasien. Hal ini pun juga dapat digali oleh tim kesehatan secara hipotensis atau wawancara tuntas.

Selain pemahaman anda juga harus tahu apa saja manfaat dari pola pikir komprehensif diantaranya:

Pola pikir komprehensif ini sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang.  Apabila telah dikembangkan dengan baik. Misalnya saja soal pola pikir proaktif akan sangat berguna di bidang kepemimpinan. Contohnya, pola pikir proaktif akan sangat berguna di bidang kepemimpinan. Bagi anda yang memang suka terlibat dalam visi dan misi sebuah organisasi.  Supaya agar bisa berjalan dengan lancar tanpa mau menjadi proaktif.  Seorang pemimpin tidak akan dapat menjalankan kepemimpinan secara efektif dan efisien.  Dan untuk pola pikir kreatif secara bermanfaat di bidang seni.  Dimana mereka akan suka mencoret – coret tembok di sebarang tempat dan perlu mengembangkan diri secara benar dan tepat.  Seperti dengan masuk ke dalam sanggar seni. Untuk orang – orang yang menyadari kebutuhan akan keberadaan orang lain.  Mereka perlu membangun sikap positif dan komprehensif.  Tanpa sikap tersebut manusia tidak akan mampu untuk mempunyai perbedaan latar belakang.  Baik itu sosial, budaya, agama, suku dll.  Tentang menjalin relasi dengan orang lain akan dibahas dalam materi selanjutnya. Demikianlah pemahaman soal Pengertian komprehensif dalam ajaran islam semoga bermanfaat dan selamat membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *