PENGERTIAN DOA MENURUT AGAMA ISLAM

  • Whatsapp
sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-doa/

Cari tahu info mengenai pengertian doa menurut agama islam untuk menambah wawasan anda mengenai agama islam. Silakan KLIK DISINI!

Pengertian doa menurut agama islamDoa merupakan hal yang sudah sering dilakukan oleh banyak orang.  Banyak orang yang melakukan doa sebelum atau sesudah melakukan berbagai macam kegiatan. Doa merupakan bentuk yang memperlihatkan sikap rendah diri dan berserah diri serta membutuhkan Allah SWT.  Karena tidak dianjurkan ibadah selain untuk berserah diri dan tunduk kepada sang maha kuasa.  Serta merasa butuh kepada Allah subhanahu wa ta’ala.  Dan untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas mengenai materi makalah soal pengertian doa menurut agama islam. Maka dari itu anda harus menyimak beberapa ulasannya. Secara garis besar, doa adalah seruan atau dengan kata lain artinya yakni memanggil atau mengucap.  Dan jika menurut istilah, untuk doa ini adalah merupakan suatu permohonan atau permintaan serta ucapan yang ditujukan kepada Allah subhanahu wa ta’ ala.  Sebagai tuhan alam semesta.  Dan adapun doa yang biasanya dilakukan oleh manusia adalah doa memohon ampun.  Selain itu ada berdoa untuk keselamatan hidup, doa meminta pertolongan dan doa meminta rezeki yang halal.  Selain itu doa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Tidak hanya di situ saja, pengertian doa merupakan permohonan atau permintaan yang bersifat baik kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-doa/

Pengertian Doa Menurut Agama Islam Dari Para Ulama

Ada pun doa yang biasanya manusia ucapkan seperti meminta kesehatan, keselamatan, rezki yang halal dan tabahan dalam menjalani kehidupan lainnya.  Karena sebagai hamba allah kita seharusnya memang senantiasa berdoa kepada Allah SWT setiap waktu.  Setiap saat, kapanpun dan dimana pun anda berada. Karena Allah selalu sukat kepada hambanya yang merendahkan diri dihadapan nya.  Dan harus yakin bahwasanya yang kita panjatkan tersebut akan didengar olehnya.  Berikut ini merupakan pendapat dari beberapa ulama mengenai pengertian doa. Adapun beliau – beliau tersebut diantaranya:

  1. Muhammad kamil hasan al mahami

Dan menurut beliau doa memiliki arti sebagai tempat untuk memohon kepada Allah SWT untuk mengharapkan kebaiknya.

  1. Quraish shihab

Menurut beliau, doa adalah suatu permohonan seorang hamba kepada tuhan- nya.  Agar hambanya mendapatkan anugerah pemeliharaan dan pertolongan dari- nya.  Baik buat si pemohon dan juga pihak lain yang harus lahir dari lubuk hati yang terdalam.  Selain itu disertai dengan ketundukan dan pengagungan kepada Allah SWT.

  1. Imam at thaibi

Menurut imam at thaibi, untuk doa ini mengandung pengertian sebuah bentuk memperlihatkan sikap rendah diri dan berserah. Serta membutuhkan Allah SWT, karena tidak dianjurkan ibadah selain untuk berserah diri dan tunduk kepada sang maha kuasa.  Selain itu serta merasa butuh kepada Allah subhanahu wa ta’ ala.  Dengan begitu dapat diartikan bawah doa adalah sebuah permohonan kepada Allah SWT dan bentuk rasa membutuhkannya.

  1. Abdul halim mahmud

Menurut beliau, untuk doa ini dapat diartikan sebagai salah satu keinginan terhadap Allah subhanahu wa ta’ala tentang apa yang ada padanya.  Mulai dari segala kebaikan dan mengadu kepada – nya dengan cara memohon serta mengemis kepadanya.

  1. Syaikh taqiyuddin subki

Menurut beliau, doa ialah sebagai yang lebih khusus dalam beribadah. Artinya barang siapa yang memiliki sifat sombong yang tidak mau melakukan ibadah.  Maka sudah pasti tidak mau melakukan doa.

Dengan beberapa penjelasan mengenai pengertian doa menurut agama islam di atas. Dapat disimpulkan bahwa doa termasuk salah satu hal penting dari beribadah.  Hal ini dikarenakan bacaan dan ibadah adalah doa. Dengan begitu dapat disimpulkan jika doa sendiri adalah suatu ucapan permohonan serta pengakuan bahwasanya kita sebagai hamba yang lemah.  Tidak berdaya dan tidaj memiliki kemampuan tanpa adanya pertolongan Allah SWT. Selain mengetahui beberapa pengertian doa menurut agama islam di atas.  Anda juga harus tahu apa tujuan dari melakukan doa diantaranya:

  1. Kita dapat mengungkapkan ras syukur kepada Allah subhanahu wa ta ‘ala atas berkah dan rahmat yang diberikan
  2. Selain itu kita dapat memohon agar diberi keselamatan dunia dan akhirat
  3. Selain itu agar kita selalu meminta perlindungan Allah SWT dari semua bisik dan godaan setan yang terkutuk.
  4. Selalu memohon agar hidup selalu dalam bimbingan allah subhanahu wa ta’ala.

Dibawah ini ada beberapa waktu – waktu yang tepat dan mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT

  1. Saat anda melaksanakan ibadah haji
  2. Saat anda melakukan berpuasa wajib dan berpuasa sunnah
  3. Di tengah malam setelah sholat tahajud
  4. Setelah anda melakukan solat wajib
  5. Pada saat anda membaca surat al – Quar’an.
  6. Ketika turun hujan
  7. Saat terdzalimi oleh orang lain

Lalu bagaimana harusnya seseorang memulai doa yang baik kepada Allah SWT.  Tentu bukan sebarangan, adab berdoa dianjurkan sebagai mana berikut ini:

  1. Anda harus menghadap ka’bah (kiblat)
  2. Dan sebelum anda melakukan doa, pastikan anda membaca basmalah, istighfar dan hamdalah. Selanjutnya anda harus di susul shalawat nabi muhammad SAW.  Tidak hanya disitu saja keluarga dan juga para sahabatnya.
  3. Jangan lupa untuk mengangkat kedua tangan sebelum doa dan mengusap wajah dengan telapak tangan. Hal ini dilakukan setelah shalat.
  4. Saat melakukan doa, memintalah dengan suara yang menenangkan sambil berdoa dengan sungguh – sungguh. Anda juga harus tulus dan serius.
  5. Memiliki harapan bahwa allah akan menerima doanya
  6. Jangan lupa berdoa secara diulang pada waktu lain untuk menunjukkan seberapa serius kita diberikan oleh Allah SWT.
  7. Setelah anda sudah melakukan berdoa kepada Allah SWT. Jangan lupa untuk berdoa dengan ditutup dengan shalawat nabi dan pujian kepada Allah SWT.

Saat anda sedang membaca doa secara berjama’ah biasanya yang membaca doa cukup satu orang yang lainnya mengikuti.  Dengan cara membaca bacaan amin. Dikarenakan kata amin ini juga dimaksudkan sama seperti doa yang sedang dibacakan oleh seorang imam.  Dan untuk kalimat amin ini sendiri terdiri dari 4 huruf.  Dan dalam bahasa arab yang tertanam dalam sebuah hadist riwayat Anas bin malik.  Dalam bahasa arab untuk kalimat aamiin termasuk isim fill Amr yaitu Isim.  Dimana memiliki arti sebagai pekerjaan.  Sebagai salah satu makna para ulama jumhur yang mengartikan dengan allahummas  istajib. Dimana makna inilah yang paling kuat kalau dibandingkan dengan makna yang lainnya.  Dan untuk ucapan amin adalah salah satu nama dari asma Allah.  Semoga dengan adanya ulasan mengenai pengertian doa menurut agama islam semoga bermanfaat bagi kita semua.  Terima kasih sudah mengunjungi website kami dan selamat membaca!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *