PENGERTIAN DEMOKRASI PANCASIAL SECARA UMUM DAN MENURUT PARA AHLI

  • Whatsapp

Cari informasi pengertian demokrasi pancasila, pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli, pengertian demokrasi pancasila secara umum pada kehidupan!

Pengertian demokrasi pancasila tampaknya memang harus selalu dipahami, dipelajari dan di praktik-an oleh semua warga negara Indonesia.  Karena pada kenyataannya hingga detik ini banyak sekali kejadian yang menyimpang dari pengertian demokrasi pancasila sebagai sistem pemerintahan negara Indonesia.  Bahkan saat ini banyak sekali warga negara Indonesia yang belum sepenuhnya menerapkan nilai-nilai pancasila.  Tentunya anda tahu dan mendengar berita bahwa saat ini di Indonesia masih sering terjadi konflik.  Yakni konflik dari segi agama, kemiskinan, tawuran antar pelajar, tawuran antar suku dan masih banyak lagi.  Dari adanya kondisi ini menjelaskan bahwa pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli jauh dari kehidupan nyata warga Indonesia.  Meskipun pada kenyataannya bahwa pengertian demokrasi pancasila secara umum sudah sejak dini diajarkan di sekolah atau instansi pendidikan.

sumber: https://wafajeagers.wordpress.com/2017/12/05/demokrasi-pancasila-dan-ciri-cirinya-paling-lengkap/

Penekanan pengertian demokrasi pancasila pada kenyataannya memang diusahakan diajarkan sejak sedini mungkin.  Agar semua warga negara Indonesia memiliki jiwa demokrasi sesuai dengan kondisi dari rakyat Indonesia yang terdiri dari banyak perbedaan.  Bahkan semua acuan mengenai pengertian demokrasi pancasila tertuang jelas di UUD 1945 dan dijelaskan pada sila pancasila.  Yang mana setiap kali semua generasi penerus bangsa melaksanakan upacara bendera akan mendengarkan dan mengucapkan sila pancasila.  Harapan yang nyata agar semua sila pancasila sesuai dengan falsafah negara ini terpatri dalam hati setiap warga negara Indonesia.  Dan dilaksanakan sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Ini Penjelasan Secara Detail Mengenai Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli Dan Secara Umum!

Pancasila dan pengertian demokrasi pancasila secara umum yang ada pada pembukaan UUD 1945 menjadi rujukan kehidupan semua masyarakat Indonesia.  Mulai dari kalangan masyarakat bawah, menengah hingga atas harus menerapkan kehidupan yang berpedoman pada demokrasi pancasila.  Hal ini jelas harus dilakukan di tengah kondisi kehidupan masyarakat Indonesia yang pluralistic.  Baik dari segi kebudayaan, agama, suku, ras, adat istiadat dan masih banyak lagi.  Bahkan dapat dikatakan bahwa Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia sebagai harga mati yang harus dilaksanakan sebaik mungkin.  Target dari penerapan pengertian demokrasi pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah membentuk kehidupan masyarakat yang harmonis.  Selain itu mampu membentuk masyarakat Indonesia yang berkarakter, integritas tinggi, damai, hidup adil dan makmur.  Mengenai pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli juga harus diterapkan dalam kehidupan sistem pemerintahan Indonesia.  Agar semua bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing.  Setiap warga negara meskipun memiliki kebebasan namun semua harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sosial.  Hal ini jelas tercermin dari jumlah kasus korupsi yang ada di Indonesia terbilang cukup tinggi terjadi.

Agar anda sebagai pembaca lebih paham berikut ini penulis jelaskan secara detail mengenai pengertian demokrasi pancasila secara umum adalah:

  1. Secara umum pengertian demokrasi pancasila adalah suatu paham demokrasi yang dilandaskan pada nilai-nilai yang terkandung pada ideologi pancasila.

 

  1. Pengertian demokrasi pancasila secara umum ada juga yang menyebutkan sebagai paham demokrasi yang bersumber dari falsafah hidup bangsa Indonesia. Tentunya digali dan disesuaikan dengan kepribadian bangsa dan rakyat Indonesia yang tersusun dari banyak perbedaan.  Mulai dari suku, agama, ras, adat istiadat dan lainnya.

 

  1. Ada pula yang menyebutkan pengertian demokrasi pancasila secara umum. Sebagai suatu paham demokrasi yang bersumber dari pandangan hidup (falsafah) bangsa Indonesia yang digali dari kepribadian rakyat Indonesia sendiri.  Dari sumber falsafah hidup bangsa Indonesia akan timbul dasar falsafah negara yang disebut dengan Pancasila.  Semua ini tercermin dan terkandung jelas dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

  1. Pengertian demokrasi pancasila secara umum ada pula yang menyebutkan. Sebagai suatu sistem demokrasi yang berdasarkan pada asas kekeluargaan dan gotong royong.  Tujuannya jelas untuk kesejahteraan rakyat, memiliki kandungan unsur-unsur kesadaran dalam ber-ketuhanan Yang Maha Esa.  Menjunjung tinggi kebenaran, budi pekerti yang luhur, berkesinambungan dan berkepribadian bangsa Indonesia.  Pengertian demokrasi pancasila juga bisa dikatakan sebagai demokrasi yang konstitusional berdasarkan mekanisme kedaulatan rakyat pada setiap penyelenggaraan negara dan pemerintahan.

Selain pengertian secara umum anda juga harus tahu pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli dan pakar ilmu pancasila.  Berikut ini beberapa pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli adalah:

  1. Prof R.M. Sukamto Notonagoro

Pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli Prof Sukamto Notonagoro adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan dan perwakilan.  Yang ber-ketuhanan Yang Maha Esa, yang ber-kemanusiaan adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia.  Dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

  1. Drs C.S.T. Kansil, SH

Pengertian demokrasi pancasila menurut Drs C.S.T. Kansil, SH adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.  Merupakan sila keempat dari dasar Negara Pancasila seperti yang tercantum dalam alinea ke-4 pembukaan Undang-undang Dasar 2 1945.

  1. Prof Dardji Darmo Diharjo

Menurut Prof Dardji Darmo Diharjo pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia.  Untuk perwujudannya seperti dalam ketentuan pembukaan UUD 1945.

  1. GBHN Tahun 1978 dan Tahun 1983

Menurut Garis Besar Haluan Negara tahun 1978 dan 1983 pengertian demokrasi pancasila adalah tujuan dari pembangunan politik di Indonesia.  Dimana dalam pelaksanaannya diperlukan pemantapan kehidupan konstitusional kehidupan demokrasi dan demik tegaknya hukum negara ini.

  1. Ensiklopedia Indonesia

Pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli Ensiklopedia Indonesia bahwa pancasila meliputi bidang-bidang politik, sosial, dan ekonomi.  Serta diaplikasikan dalam penyelesaian masalah-masalah nasional yang berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat (keputusan terbaik).

Penjelasan mengenai pengertian demokrasi pancasila menurut ahli maupun pengertian demokrasi pancasila secara umum ada pada point sebelumnya.  Tentunya dari pengertian demokrasi pancasila diatas semua rakyat Indonesia bisa dengan baik menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.  Mulai dari kehidupan pada lingkung paling kecil dalam keluarga seperti memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota keluarga.  Selanjutnya merambah pada kehidupan bermasyarakat yang mana harus adanya rasa saling memahami, toleransi, menghormati, dan tanggung jawab.  Hal yang harus diterapkan jelas pada saat pengambilan keputusan di tengah masyarakat Indonesia yang pluralistic.  Sehingga sebuah keputusan yang diambil di tengah masyarakat merupakan keputusan terbaik dan kesepakatan bersama melalui mufakat.  Tentunya ini disadari oleh semua rakyat Indonesia yang jelas banyak perbedaannya mulai dari agama, kebudayaan, adat istiadat, dan etnis.  Pencapaian paling tinggi dari adanya penerapan demokrasi pancasila adalah terwujudnya kehidupan bangsa yang adil dan makmur.  Bangsa Indonesia yang harmonis, memiliki karakter kuat, bangsa yang memiliki integritas tinggi untuk perkembangan bangsa.  Tentunya bangsa yang mandiri dan bermanfaat bagi orang banyak dan perubahan peradaban sehat bagi bangsa dan rakyat Indonesia.  Bahkan hingga mampu berdampak positif kehidupan bangsa ini yang masih kental dari kemiskinan, tingginya angka pengangguran.  Dan untuk menghapus kebodohan karena minimnya pendidikan.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *