PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PANCASILA DAN NILAI YANG TERKANDUNG

  • Whatsapp

Cari informasi pengaruh globalisasi terhadap pancasila yang banyak memiliki dampak positif dan juga negatif untuk diketahui seluruh rakyat dan bangsa Indonesia!

Pengaruh globalisasi terhadap pancasila sudah pasti memiliki banyak dampak positif dan juga dampak negatif.  Tentunya hal ini sesuai dengan sifat Pancasila yang menjadi ideologi terbuka bangsa Indonesia.  Pancasila dipilih sebagai dasar negara karena mampu menerima unsur-unsur baru dan bangsa lain dengan tidak merubah nilai yang ada pada Pancasila.  Artinya bahwa Pancasila mampu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman luwes dan fleksibel.  Namun demikian pengaruh globalisasi terhadap pancasila dari sisi negatif harus sangat diwaspadai oleh seluruh bangsa Indonesia.  Salah satunya adalah terkait dengan paham liberalisme yang bisa membawa rakyat Indonesia dengan iming-iming kehidupan yang maju dan lebih makmur.  Namun untuk bangsa ini bahwa adanya liberalisme akibat pengaruh globalisasi terhadap pancasila tidak sesuai dengan karakter bangsa ini.  Dimana masyarakat Indonesia tersusun dari bangsa yang sangat pluralistic atau beragam pastinya.  Ciri dari dampak negatif adanya pengaruh globalisasi terhadap pancasila ini pun sudah mulai terasa dari kehidupan bangsa Indonesia.  Yakni akibat berkembang pesatnya globalisasi dunia banyak dari masyarakat Indonesia yang sudah kehilangan jati dirinya sesuai dengan Pancasila.  Mereka banyak sekali yang mengikuti kehidupan budaya barat yang secara garis besar tidak sama dengan nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.  Dimana bangsa Indonesia sesuai dengan Pancasila memiliki ciri sikap dan etika yang baik dan juga santun baik dari pakaian dan tingkah laku.

httpssragenseo.blogspot.com201905gagasan-pancasila-dalam-sidang-bpupki.html-370×297

Dampak Positif Dan Negatif Pengaruh Globalisasi Terhadap Pancasila Serta Cara Mengantisipasinya

Ciri dari pengaruh globalisasi terhadap pancasila sisi negatif yang mencolok banyak dari bangsa Indonesia yang mengikuti gaya berpakaian orang barat.  Hal ini tidak sesuai dengan sila-sila yang terkandung pada Pancasila yang mana harus mengikuti aturan agama dan Ketuhanan Yang Maha Esa.  Selain itu ada pula penerapan Hak Asasi Manusia (HAM) saat ini banyak yang menyimpang dari norma yang berlaku di Indonesia dengan dasar Pancasila.  Banyak dari generasi penerus bangsa yang bertindak seenaknya dengan tidak melihat apakah merugikan diri sendiri atau pun orang lain.  Budaya dari luar negara Indonesia terutama paham liberalisme yang bertentangan dengan paham demokrasi bangsa Indonesia.  Telah sedikit banyak mengubah jati diri dan juga banyak perilaku bangsa Indonesia.  Bahkan pengaruh globalisasi terhadap pancasila ini pun juga sudah merambah ke sistem pemerintahan negara Indonesia.  Hal ini terbukti dengan adanya pengaruh globalisasi terhadap pancasila yang merubah sikap elite politik.  Bukan lagi mengutamakan kepentingan rakyat namun mereka lebih mendahulukan kepentingan pribadi dan juga kepentingan kelompok.  Dan hal ini tergambar nyata dari tingginya angka korupsi di Indonesia sebagai negara koruptor terbesar di dunia.  Untuk itu para generasi penerus bangsa yang siap meneruskan perjuangan tokoh pejuang bangsa Indonesia terdahulu.  Harus pintar dan selektif dalam menyikapi adanya globalisasi dan perkembangan yang terjadi saat ini.

Kehadiran globalisasi (suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah) ini memerikan banyak dampak.  Baik dampak positif dan juga dampak negatif dari pengaruh globalisasi terhadap pancasila.  Pengaruh atau dampak ini pasti menyeluruh pada seluruh aspek kehidupan baik politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan juga lainnya.  Berikut ini dampak atau pengaruh positif, negatif serta cara mengantisipasi pengaruh globalisasi terhadap pancasila adalah:

  1. Pengaruh Positif Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme Dan Pancasila
  2. Dilihat dari bidang politik, pengaruh globalisasi terhadap pancasila memberikan dampak positif dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan yang ada pada suatu negara yang dijalankan secara jujur, bersih dan dinamis.  Maka akan mendapatkan tanggapan positif dari rakyat Indonesia.  Yakni rasa nasionalisme terhadap negara menjadi lebih tinggi.
  3. Jika dari bidang ekonomi, pengaruh globalisasi terhadap pancasila dari dampak positif adalah terbukanya pasar internasional. Hal ini bagus untuk meningkatkan kesempatan kerja dan juga dapat membantu meningkatkan devisa negara.  Sehingga berkat globalisasi dapat dengan mudah meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa dan kehidupan nasional.
  4. Dari sisi sosial budaya pengaruh globalisasi terhadap pancasila dari segi dampak positif dapat meniru pola pikir dan pola kerja yang baik. Tidak bisa di pungkiri bahwa etos kerja, disiplin dan ilmu pengetahuan teknologi bangsa lain terutama negara barat jauh lebih bagus.  Hal ini bisa dijadikan sebuah acuan untuk meningkatkan kemajuan bangsa agar mampu bersaing dengan bangsa lain dalam hal prestasi.

  1. Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme Dan Pancasila
  2. Dampak negatif pertama pengaruh globalisasi terhadap pancasila, bahwa paham liberalisme mampu membuat masyarakat Indonesia lebih maju dan makmur. Hal ini sangat bertentangan dengan paham demokrasi dari dasar ideologi Pancasila dasar negara Indonesia.  Sehingga memberikan pengaruh negatif berupa hilangnya rasa nasionalisme pada bangsa Indonesia.
  3. Jika dilihat dai sisi ekonomi pengaruh globalisasi terhadap pancasila memberikan dampak negatif hilangnya rasa cinta terhadap produk Indonesia. Karena hampir saat ini semua produk luar negeri telah masuk dan merambah ke seluruh daerah yang ada di Indonesia.  Seperti Pizza Hut, Mc Donald, Coca Cola dan masih banyak lagi.  Hilangnya rasa cinta terhadap produk sendiri mengurangi rasa nasionalisme pada seluruh bangsa Indonesia.
  4. Untuk para kaula muda dampak negatif dari pengaruh globalisasi terhadap pancasila banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari gaya hidup anak mudah zaman sekarang lebih cenderung meniru budaya barat.
  5. Dampak negatif dari adanya pengaruh globalisasi terhadap rasa nasionalisme dan pancasila adalah adanya kesenjangan sosial. Yakni adanya sekat antara yang kaya dengan yang miskin, dikarenakan adanya persaingan bebas dari segi ekonomi.
  6. Adanya globalisasi membuat dampak negatif dari segi adanya sikap individualisme yang membuat bangsa Indonesia banyak yang tidak peduli antar sesama warga negara Indonesia.

  1. Antisipasi Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Nilai Pancasila

Banyaknya pengaruh globalisasi terhadap pancasila dari sisi negatif yang tidak baik bagi kehidupan bangsa Indonesia sudah seharusnya kita atasi bersama.  Adapun langkah-langkah mengantisipasi dampak negatif dari globalisasi terhadap nilai nasionalisme dan pancasila adalah:

  1. Menumbuhkan rasa nasionalisme dengan tidak begitu pengaruh globalisasi terhadap pancasila. Dengan cara mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.
  2. Adanya dampak negatif pengaruh globalisasi terhadap pancasila harus dihindari dengan cara menanamkan Pancasila pada seluruh aspek kehidupan sebaik-baiknya.
  3. Dampak negatif dari pengaruh globalisasi terhadap pancasila bisa dihindari dengan melaksanakan sebaik mungkin ajaran agama masing-masing.
  4. Seluruh bangsa Indonesia harus mewujudkan supremasi hukum, menerapkan, dan menegakkan hukum pada seluruh aspek kehidupan. Dengan sebenar-benarnya dan seadil-adilnya.
  5. Semua generasi bangsa dan rakyat Indonesia harus selektif terhadap pengaruh globalisasi pada bidang politik, ekonomi dan juga sosial budaya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengaruh globalisasi terhadap Pancasila yang harus kita pahami bersama.  Agar seluruh bangsa Indonesia bisa mengambil sikap sebaik mungkin mengatasi kencangnya arus globalisasi yang masuk ke negara Indonesia.  Tentunya agar seluruh bangsa Indonesia tidak kehilangan jati diri dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *