PENGERTIAN PASAR TRADISIONAL MENURUT PARA AHLI BESERTA CIRI, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TERLENGKAP

  • Whatsapp
sumber: http://zocara.blogspot.com/2016/03/pengertian-pasar-pasar-merupakan-sautu.html

Pasar sebagai area tempat jual beli barang maupun jasa dengan jumlah penjual lebih dari satu. Baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall dan masih banyak lagi lainnya. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa pasar ada banyak jenisnya. Yang akan kami bahas kali ini adalah pasar tradisional. Pasar tradisional merupakan sebuah tempat yang terbuka dimana terjadi proses transaksi jual beli ang sudah dipastikan melakukan proses tawar menawar. Di pasar tradisional inilah pengunjung tidak selalu menjadi pembeli. Akan tetapi pengunjung bisa menjadi penjual, bahkan setiap orang bisa menjual dagangannya di pasar tradisional ini. Pasar tradisional memang merupakan salah satu sektor perekonomian yang sangat penting bagi mayoritas penduduk yang ada di Indonesia. Masyarakat dengan tingkat perekonomian rendah dan bergantung dengan pasar tradisional tidak sedikit. Dimana mereka menjadi pedagang di pasar tradisional, yang mana hal tersebut menjadi pekerjaan alternatif di tengah banyaknya pengangguran di Indonesia. Bukan hanya itu saja pengertian dari pasar tradisional yang bisa diketahui. Seperti tema artikel kami kali ini yang akan menjelaskan mengenai Pengertian pasar tradisional menurut para ahli. Tentunya anda sudah tidak sabar lagi bukan mengetahui apa saja Pengertian pasar tradisional menurut para ahli. Segera saja dapatkan informasi lengkapnya cukup dengan membaca artikel kami ini.

sumber: http://zocara.blogspot.com/2016/03/pengertian-pasar-pasar-merupakan-sautu.html

Pengertian Pasar Tradisional Menurut Para Ahli

Pasar tradisonal merupakan suatu bentuk pasar dimana dalam proses transaksinya masih dilakukan secara tradisional. Yang mana pada pasar tradisional inilah penjual dan juga pembeli bertemu untuk melakukan tawar menawar harga suatu barang maupun jasa. Pada umumnya jenis dari pasar ini berada di lokasi terbuka. Bahkan produk yang dijual adalah kebutuhan pokok manusia yaitu berupa makanan. Pasar tradisional dibangun dan juga dikelola pemerintah daerah, BUMN, pihak swasta dan juga BUMD. Konsumen dan juga produsen yang ada di dalam pasar tradional ini adalah masyarakat itu sendiri. Pasar tradisional, seperti namanya tradional yang mana di pasar ini biasanya terdiri dari bangunan kios-kios kecil. Harga yang terbentuk di pasar tradisional tidak berbeda jauh antar satu produsen atau penjual dengan produsen lainnya. Sudah tahukah anda bahwa pasar tradisional memiliki pengertian yang berbeda-beda. Banyak para ahli yang menyatakan pengertian pasar tradisional menurut para ahli ini dengan berbagai versi. Sudah tahukah anda apa saja Pengertian pasar tradisional menurut para ahli ini.

Berikut ini beberapa Pengertian pasar tradisional menurut para ahli, seperti:

  1. Peraturan presiden No. 112 tahun 2007

Menurut peraturan presiden No. 112 tahun 2007, pasar tradisional merupakan pasar yang dibangun dan juga dikelola oleh pemerintah pusat, BUMN, BUMD, pemerintah daerah dan pihak swasta. Yang mana di pasar tradisional ini tempat usahanya berupa kios, toko, los dan tenda yang dimiliki dan juga dikelola oleh pedagang kecil, menegah, swadaya masyarakat dan juga koperasi yang proses jual belinya dilakukan melalui proses tawar menawar.

  1. Sudilah dkk

Sedangkan pengertian pasar menurut Sudilah dkk, pasar merupakan sebuah tempat terbuka yang terjadi proses transaksi jual beli dengan proses tawar menawar. Hanya di pasar tradisional inilah, para pengunjung tidak selalu menjadi pembeli. Hal tersebut disebabkan karena mereka juga bisa menjadi penjual. Pasar tradisional digolongkan ke dalam 3 bentuk yaitu pasar harian, pasar khusus dan juga pasar terbuka.

  1. Gallion (1986)

Menurut Gallion, pasar tradisional merupakan bentuk yang paling awal dari pasar yang terdiri dari deretan stan atau kios yang berada di ruang terbuka. Pada umumnya kios-kios atau toko di pasar tradisional tersebut terletak di sepanjang jalan utama dekat pemukiman penduduk. Sejak dahulu para pedagang dan petani sudah banyak melakukan pertukaran hasil pertanian di tempat tersebut.

Demikianlah beberapa penjelasan kami mengenai Pengertian pasar tradisional menurut para ahli yang bisa anda ketahui. Memang jenis dari pasar sangat banyak dan pastinya memiliki pengertian yang berbeda-beda. Jadi tidak ada salahnya jika anda tahu apa saja pengertian pasar tradisional menurut para ahli ini. Setelah anda mengetahui pengertian dari pasar tradisional menurut para ahli. Jangan lupa membaca coro-coro pasar tradisonal yang akan menambah wawasan anda mengenai pasar tradisional. Sebab pengetahuan atau ilmu bisa kita dapat dengan berbagai cara.

Ciri-Ciri Pasar Tradisional

Adapun ciri-coro pasar tradisonal diantaranya:

  • Kekayaan alam dan juga tenaga fisik menjadi barang dan jasa yang diperdagangkan pada pasar tradisional.
  • Pemerintah tidak ikut campur secara langsung dalam pasar. Bahkan pemerintah hanya bertugas untuk menjaga ketertiban umum pada pasar tradisional tersebut.
  • Produksi dilakukan oleh rumah tangga dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya.
  • Pada pasar tradisional terjadi tawar menawar terhadap harga barang yang dijual.
  • Pada pasar tradional ini, rasa tolong menolong dan kekeluargaannya sangat tampak dari kehidupan masyarakatnya.
  • Teknik produksi maupun jual beli dipelajari secara turun menurun dari generasi ke generasi.
  • Pada pasar tradisional ini terikat budaya dan tradisi dalam masyarakat.
  • Di pasar tradisional tidak ada monopoli oleh satu produsen tertentu.
  • Hanya di pasar tradisional inilah produsen baru bisa masuk dengan mudah.
  • Pelayanan dan harga menjadi salah satu hal yang paling mempengaruhi penjualan. Sedangkan promosi dan juga inovasi tidak terlalu berpengaruh.

Kelebihan Pasar Tradisional

Adapun kelebihan dari pasar tradisional bisa anda perhatikan berikut ini, seperti:

  • Pada pasar tradisonal tidak ada kesenjangan ekonomi antar pelaku ekonomi.
  • Di pasar tradional juga tidak ada monopoli.
  • Berbagai kegiatan ekonomi dalam pasar tradisional didasarkan atas kejujuran.
  • Kekeluargaan masyarakat yang sangat kuat.
  • Pemerintah tidak bisa masuk dan ikut campur secara langsung pada pasar tradisional.
  • Produsen baru pada pasar tradisional bisa dengan mudah masuk tanpa adanya syarat.

Kekurangan pasar Tradisional

Inilah beberapa kekurangan dari pasar tradisional yang bisa anda ketahui, seperti:

  • Pertumbuhan ekonomi pada pasar tradisional ini cenderung lambat.
  • Karena promosi dan inovasi tidak terlalu berpengaruh pada pasar tradisional, maka kualitas barang juga sulit untuk meningkat dan motivasi masyarakat untuk maju sangat kurang.
  • Barang dan jasa yang ditawarkan pada pasar tradisional juga terbatas. Hal tersebut disebabkan karena sangat bergantung pada hasil kekayaan alam yang ada pada tempat tersebut.
  • Tidak adanya standar baku dalam pengukuran nilai suatu barang.
  • Perubahan pada pasar tradisional dianggap tabu, karena sangat terikat pada budaya.

Nah, itulah beberapa Pengertian pasar tradisional menurut para ahli, ciri, kelebihan dan juga kekurangan dari pasar tradisional yang mampu kami jelaskan untuk anda. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pasar tradisional. Sebab ada banyak sekali informasi penting lainnya dari pasar tradisional yang bisa anda pelajari. Sampai jumpa di postingan kami selanjutnya dan selamat membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *