DEFINISI PASAR MENURUT PARA AHLI EKONOMI DAN PHILIP KOTLER

  • Whatsapp
sumber: https://www.zonareferensi.com/pengertian-pasar/

Apa itu pasar yang sebenarnya? Berikut pasar menurut para ahli ekonomi & definisi pasar menurut Philip Kotler. Untuk selengkapnya KLIK DISINI!

Berbicara mengenai pasar, mungkin yang terpikirkan adalah tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli. Dimana para penjual dan pembeli ini melakukan transaksi jual beli untuk produk tertentu. Sebagai contohnya, setiap hari Ibu berbelanja kebutuhan pokok di pasar tradisional. Pun kita juga sering membeli kebutuhan lain di supermarket yang mana merupakan sebuah pasar modern. Dan di era modern sekarang ini, kita pun bisa dengan mudah membeli berbagai macam produk secara online. Baik lewat toko online atau platform belanja online lainnya. Sebut saja Tokopedia, Shopee, Blibli, dan platform belanja online lainnya. Ciri lain dari sebuah pasar adalah adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan, adanya transaksi jual beli. Serta adanya permintaan atau tawar menawar dan interaksi antara si penjual dan pembeli. Untuk jenis-jenis pasar sendiri pun ada banyak. Dari sistem pengelolaannya ada pasar tradisional dan pasar modern. Berdasarkan kegiatannya ada pasar lokal, pasar daerah, pasar nasional, dan pasar internasional. Sedangkan berdasarkan strukturnya ada pasar persaingan sempurna, pasar persaingan tidak sempurna, pasar monopoli dan pasar oligopoly.

sumber: https://www.zonareferensi.com/pengertian-pasar/

7 Definisi Pasar Menurut Para Ahli Ekonomi Dan Philip Kotler

Secara umum pasar disebut sebagai salah satu dari sekian sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial, dan infrastruktur tempat usaha. Yang mana menjual barang, jasa, tenaga kerja untuk banyak orang dengan imbalan. Baik berupa uang atau alat tukar yang masih berlaku. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pasar adalah tempat orang melakukan jual beli. Selain itu KBBI juga mendefinisikan pasar sebagai kekuatan penawaran dan permintaan, tempat penjual menukar barnag atau jasa dengan uang. Dan pembeli menukar uang dengan barang atau jasa. Pengertian pasar tersebut adalah gambaran secara umum yang berlaku di masyarakat. Namun lain hal jika pasar menurut ilmu ekonomi. Pasar menurut ilmu ekonomi sendiri adalah bertemunya permintaan dan penawaran berupa barang atau jasa yang diperjualbelikan. Sehingga hal ini membuktikan bahwa cakupan dari pengertian pasar sebenarnya lebih luas dibandingkan dengan pengertian pasar sehari-hari. Untuk barang-barang dagang pun tidak sebatas barang konsumsi saja, tetapi juga bisa barang produksi. Misalnya seperti mesin, bahan mentah, tenaga kerja dan jasa.

Sebelum anda mengetahui definisi-definisi pasar yang lebih lanjut. Sebaiknya anda mengetahui beberapa fungsi pasar berikut ini.

  1. Distribusi produk

Yang artinya suatu aktivitas menyalurkan barang atau jasa yang diproduksi produsen untuk konsumen. Hal ini karena da banyak konsumen, sedangkan penjual sebagai distributor. Artinya barang yang dijual tidak bisa diproduksi sendiri. Misalnya penjual membeli telur ayam dari orang lain yang beternak ayam, kemudian telur tersebut dibawa ke pasar dan dibeli oleh orang lain. Jadi penjual memiliki peran sebagai distributor, peternak sebagai produsen, dan pembeli sebagai konsumen. Tetapi ada penjual yang memiliki peran sebagai produsen dan distributor.

  1. Penetapan harga atau nilai

Karena di pasar terjadi interaksi antar penjual dan pembeli. Maka permintaan dan penawaran dari kedua belah pihak tentu akan terjadi. Dan hal ini memunculkan kesepakatan harga kesetimbangan yang dicapai. Oleh sebab itulah fungsi pasar sebagai tempat penetapan harga barang atau jasa yang diperjualbelikan karena interaksi. Serta terjadinya kesepakatan dari pembeli dan penjual.

  1. Promosi

Fungsi pasar yang selanjutnya adalah sebagai tempat berkumpulnya konsumen. Yang mana bisa dijadikan tempat promosi sempurna untuk produsen dalam memperkenalkan produknya. Umumnya saat terjadinya promosi, produsen akan menawarkan produk semenarik mungkin. Seperti memberikan penawaran harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk dari produsen lainnya. Oleh sebab itulah pasar sebagai tempat terbaik untuk mempromosikan produk atau barang.

  1. Menyediakan barang dan jasa untuk masa mendatang

Selain itu pasar pun memiliki peran sebagai fasilitator untuk mengelola tabungan dan investasi. Dimana investasi ini berfungsi menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan pada masa mendatang. Yang mana tabungan dan investasi ini akan berinteraksi di pasar. Pasar yang mampu memfasilitasi investasi dan tabungan disebut sebagai pasar modal. Para investor akan mencari pihak yang memiliki tabungan untuk investasi. Serta penabung akan mencari pihak yang memerlukan modal. Dan kedua belah pihak ini nantinya akan bertemu di pasar modal.

Berikut ini adalah definisi pasar menurut para ahli ekonomi & Philip Kotlers yang perlu anda ketahui dengan baik.

  1. William J. Stanton

Menurut William J. Stanton, pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk digunakan berbelanja, serta mempunyai keinginan membelanjakan uang tersebut.

  1. Nystrom

Sedangkan H. Nystrom mengartikan pasar sebagai tempat penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Untuk singkatnya, pasar adalah tempat transaksi barang dan jasa antar produsen ke konsumen.

  1. Kotler dan Amstrong

Kedua orang ini mendefinisikan pasar sebagai seperangkat pembeli aktual dan potensial dari produk atau jasa. Ukuran pasar itu sendiri pun tergantung dari jumlah yang menginginkan kebutuhan dan memiliki kemampuan dalam bertransaksi. Pemasar memandang penjual sebagai sebuah industri dan pembeli sebagai pasar. Yang mana penjual ini mengirimkan produk dan jasa yang diproduksi serta mengomunikasikan atau menyampaikan ke pasar. Untuk gantinya penjual akan menerima uang dan informasi dari pasar “Kotler dan Amstrong, 1999”

  1. Simamora

Pengertian pasar menurut Simamora ialah sekelompok orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan pada produk tertentu. Juga mempunyai kemampuan dan kemauan membeli produk dan mempunyai kesempatan memutuskan untuk membeli produk.

  1. Philip dan Duncanadan

Oleh kedua orang ini, pasar diartikan sebagai sesuai yang dipakai untuk menempatkan suatu barang kebutuhan oleh konsumen. Secara singkatnya pasar adalah tempat meletakkan barang-barang supaya bisa dibeli oleh konsumen.

  1. Atep Adya Barata

Diartikan sebagai tempat berkumpulnya para penjual dan calon pembeli. Baik secara tidak langsung atau langsung yang saling berhubungan. Yang mana melaksanakan pertukaran, baik itu berupa barang atau jasa.

  1. Handri Ma’aruf

Menurutnya, pasar mempunyai tiga pengertian. Diantaranya sebagai berikut ini.

  • Diartikan sebagai tempat, yakni tempat bertemunya para penjual atau produsen dengan konsumen atau pembeli.
  • Sebagai interaksi permintaan dan penawaran, yakni pasar sebagai sebuah tempat terjadinya transaksi jual beli.
  • Arinya sekelompok anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan dan daya beli. Untuk pengertian ini merujuk pada dua hal, yakni kebutuhan dan daya beli. Sehingga pasar diartikan sebagai orang-orang yang ingin mendapatkan suatu barang atau jasa dan mempunyai kemampuan dalam pembelian.

  1. Philip Kotler

Definisi pasar menurut Philip Kotler pada tahun 2002 bahwa pasar adalah tempat fisik dimana para pembeli dan penjual berkumpul. Yang mana para pembeli dan penjual tersebut mempertukarkan barang.

  1. Winardi SE

Pengertian pasar menurut Dr. Winardi SE, pasar diartikan sebagai tempat yang mana secara ideal harga pada waktu tertentu adalah sama untuk semua penjual dan pembeli.

  1. America Marketing Association

Menurut America Marketing Association atau Asosiasi Pemasaran Amerika, pasar adalah tempat pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan. Yang nantinya diarahkan secara khusus untuk barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Nah itulah beberapa definisi pasar menurut ahli ekonomi dan menurut definisi pasar menurut Philip Kotler. Dengan mengetahui pengertian-pengertian pasar tersebut tentunya membuat anda mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentunya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *