MENIKMATI INDAHNYA SUNSET DI PANTAI BONDO JEPARA

Pantai Bondo ini juga merupakan sebuah tempat tujuan berlibur sebagian banyak orang. Tempat wisata merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata. Dan suatu objek wisata juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Objek Wisata juga merupakan segala sesuatu yang ada di daerah. Dan dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung. Tentunya wisata pantai bondo ini juga termasuk ke semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya.

Menurut Undang – Undang, pariwisata juga merupakan segala macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya. Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata dari “Pari” adalah bersama atau juga berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika di gabungkan kedua kata tersebut memiliki artian melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang-orang tersebut juga dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan berwisata pastinya.

Sunset atau juga matahari terbenam merupakan hal yang paling di tunggu pastinya. Matahari terbenam juga biasa di sebut dengan swastamita adalah sebuah waktu di mana matahari menghilang di bawah garus cakrawala di bagian sebelah barat. Dan warna merah di langit juga pada waktu matahari terbit atau terbenam ini si sebabkan oleh kombinasi hamburan Rayleigh warna biru dan juga tingkat kepadatan atmosfir bumi. Cakrawala juga biasa di sebut dengan kaki langit atau horizon atau juga ufuk. Merupakan garis yang memisahkan bumi dari langit.

PANTAI BONDO

Pantai Bondo ini merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Jepara, Jawa Tengah. Tentunya pantai ini memiliki keindahan dan juga memiliki pasir putih. banyak juga yang mengira bahwa pantai Bondo dengan pantai Ombak itu sama. Padahal tentunya letak kedua pantai ini memang berbeda dan hanya berjarak 1 Km saja. Pantai Bondo ini dinamakan itu karena pantai ini berada di Desa Bondo. Pantai Bondo berada di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri kurang lebih 17km dari Kota Jepara. Pantai ini memiliki panjang kurang lebih 2 km dan berpasir putih. Pada sekitar Pantai Bondo ini masih banyak terdapat pohon dan didominasi dengan jenis pandan.

Selain itu juga Pantai Bondo ini masih alami karena terkenal dengan keasrian nya dan juga kebersihan air nya. Pastinya karena tidak ada sampah-sampah yang berserakan. Jika kamu ingin datang ke pantai ini tentunya jangan lupa untuk menikmati sunset ya. Agar rasa liburan mu semakin asyik pastinya. Pantai berpasir putih ini sudah bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua bahkan roda empat. Pantai Bondo ini juga memiliki deretan objek wisata yang sama yakni Pantai Pailus dan juga Pantai Empurancak. Di Pantai Bondo ini kamu hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp.2500 saja. Dan di sana juga terdapat persewaan kano, ban bahkan menunggang kuda.

Tentu saja jangan lupa untuk menikmati kuliner kha jepara yang sudah tersedia di warung area Pantai Bondo ini. Karena tidak afdol kalau kamu tidak jajan jika sedang berwisata pastinya. Tak hanya bermain air saja tetapi kamu juga harus berhati-hati karena pengelola sudah menetapkan batas aman dengan bendera warna merah.

 

MANFAAT PANTAI BONDO BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

  • Sebagai Pemasukan Untuk Daerah Setempat

Objek wisata juga bisa memanfaatkan pantai ini pastinya. Dan biasanya para wisatawan harus membayar tiket masuk atau juga karcis masuk. Tentunya uang dari hasil pembayaran ini bisa digunakan untuk pemasukan untuk daerah setempat tersebut. Seperti pembangunan mushola di pantai, area oleh-oleh atau toilet.

  • Mencegah Air Pasang

Pantai juga menjadi tempat untuk mencegah air pasang yang langsung membanjiri daratan. Pantai itu juga termasuk dataran yang membatasi laut dengan daratan sehingga sering terjadi pasang surut air laut. Tetapi tidak semua lokasi yang memiliki pantai bisa merasakan hal tersebut karena juga tergantung pada kondisi daratan yang tentunya lebih rendah dan dapat memanfaatkan sebagai pencegah banjir.

  • Sebagai Tempat Rekreasi

Manfaat pantai itu juga sebagai tempat rekreasi tentunya. Pantai itu juga merupakan salah satu tempat yang indah dan juga menakjubkan. Tentunya pantai bopong ini sudah menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan baik lokal atau juga luar kota bahkan luar negeri. Pantai juga merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan yang menakjubkan. Dengan adanya ombak laut, pasir, pepohonan, kuliner dan juga oleh-oleh nya. Menjadikan pantai bopong ini untuk melepaskan penat dan juga menghibur diri dengan suasana pantai yang sangat meneduhkan suasana. Dengan adanya pemandangan sunset di pantai menjadikan pelengkap para wisatawan tentunya.

  • Sumber Ketenangan Batin

Manfaat pantai ini juga tentunya sebagai ketenangan batin seseorang. Karena jika kamu sedang mengalami masalah tentunya dengan solusi ini. Kamu akan merasakan solusi dari masalah. Dan tentunya kamu akan memperoleh pikiran yang jernih dan juga bisa menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Dengan suara deburan ombak dan juga wangi khas dari pantai dapat membantu membuat tubuh kamu menjadi rileks. Dan pada akhirnya dapat menghilangkan penat.

  • Sebagai Lokasi Dan Juga Tempat Tinggal Nelayan

Manfaat lainnya dari pantai ini juga sebagai lokasi dan juga tempat tinggal nelayan tentunya. Pantai juga sebagai salah satu lokasi yang juga biasa di jadikan lokasi tempat tinggal para nelayan. Pantai juga termasuk menjadi mata pencaharian utama bagi para nelayan.  Dan di bangun sebuah tempat tinggal tentunya agar lokasi nya juga tidak terlalu jauh sehingga dapat menambah pemasukan para nelayan. Tentunya mereka dapat menangkap ikan dan juga menjualnya. Para nelayan itu biasanya juga tergantung dengan pasang surut nya air laut dan sering terjadi di daerah pantai.

  • Sebagai Ikon Foto

Manfaat pantai tentunya sebagai lokasi berfoto. Dan pantai ini juga memiliki dataran yang luas dan dikelilingi dengan ombak dan juga pemandangannya yang indah. Tentunya sudah banyak orang yang datang juga untuk berfoto atau juga sekedar menikmati wisata alam nya. Biasanya pantai ini juga banyak di manfaatkan untuk berfoto-foto bersama teman atau juga yang hanya keperluan pribadi saja. Seperti foto pre-wedding atau juga yang lain nya.

  • Pemanfaatan Pasir

Manfaat pantai yang terakhir adalah sebagai pemanfaatan pasir nya. Tentu saja tidak hanya pantai saja yang bisa menyajikan keindahan atau juga kenyamanan. Tetapi sebagian kecil juga pantai ini memiliki pasir yang sangat bermanfaat tentunya. Dan sebagian banyak orang juga telah memanfaatkan pasir pantai ini untuk melakukan metode relaksasi atau juga metode untuk kecantikan. Dengan cara seperti mengubur diri di dalam pasir pantai hingga batas leher kamu. Dan biarkan hingga kuran lebih nya beberapa jam saja. Bahwasanya dipercaya juga dapat membantu membersihkan dan juga menghaluskan kulit. Selain itu juga kamu juga bisa untuk mengambil atau membuat menjadi hiasan atau juga kerajinan tangan.

 

Add Comment