MACAM MACAM PUASA WAJIB DAN PENGERTIANNYA

  • Whatsapp
sumber: https://portal-ilmu.com/pengertian-puasa/

Anda ingin tahu apa aja macam macam puasa wajib dan pengertiannya untuk menambah wawasan anda mengenai agama islam. KLIK DISINI!

Macam macam puasa wajib dan pengertiannyaApakah anda sudah tahu tentang perbedaan antara puasa wajib dengan puasa sunnah.  Jika memang anda sudah memahami hal tersebut. Maka anda sudah mengetahui mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.  Akan tetapi, bagi anda yang memang belum mengetahuinya, admin akan sedikit membahas pada artikel ini.  Jadi untuk puasa wajib adalah puasa yang sudah seharusnya kita kerjakan untuk melengkapi kewajiban kita sebagai umat muslim.  Saat kita meninggalkan puasa wajib merupakan sebuah pembuatan dosa.  Dan untuk puasa sunnah merupakan sebuah puasa yang apabila dikerjakan akan menambah pundi – pundi pahala kita. Pahala ini sebagai bekal kelak di akhirat, namun jika pun tidak dikerjakan bukan merupakan sebuah perbuatan dosa.  Namun kami sarankan agar anda dapat sesering mungkin mengerjakan puasa sunnah agar pahala yang anda miliki bisa terus bertambah.  Akan tetapi sebelum melakukan puasa sunnah sebaiknya anda kerjakan dahulu beberapa puasa wajib yang memang harus anda lakukan.  Dan pertanyaannya adalah apakah anda sudah mengerti macam – macam puasa wajib saat ini?.  Tenang saja, apabila anda belum mengerti. Maka anda berada di laman website yang tepat. Karena pada pembahasan kali ini kami, akan memberikan ulasan mengenai macam macam puasa wajib dan pengertiannya yang harus anda mengerti sebagai umat muslim.

sumber: https://portal-ilmu.com/pengertian-puasa/

Macam Macam Puasa Wajib Dan Pengertiannya Menurut Islam

Sebagai umat muslim memang ada baiknya, kita tahu berbagai macam macam puasa wajib dan pengertiannya. Agar kita bisa selalu mengerjakan tepat waktu. Selain itu tidak terasa bulan ramadhan telah tiba dan tentunya wajib bagi umat islam untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Adapun pengertian puasa ini sendiri adalah menahan nafsu dari terbit matahari sampai tenggelam matahari. Sehingga anda tidak akan mendapat makan dan minuman selama berpuasa. Dan pada umumnya, banyak orang yang menganggap bahwa puasa ramadhan merupakan satu – satunya puasa wajib yang memang harus dikerjakan.  Fungsi atau manfaat dari menjalankan puasa ini adalah dapat meningkatkan iman dan taqwa seorang muslim sehingga dapat menahan nafsu menjadi muslim yang sabar.  Tidak hanya di situ saja disiplin dan selalu bersyukur kepada Allah ta’ ala selain itu dengan menjalankan puasa menjadikan badan kita lebih sehat.  Ada pun hal yang menjadikan berbuka puasa diperbolehkan sebelum pada waktu adalah sebagai berikut:

  1. Udzur atau sudah tua yang mengalami sakit tak kunjung sembuh. Dan diwajibkan membayar fidyah ¾ liter beras. Atau bahan pokok makanan lainnya.
  2. Seorang yang sedang hamil atau menyusui (wajib mengganti dan membayar fidyah)
  3. Kemudian sedang sakit sehingga tidak bisa menjalankan puasa (wajib qodo puasanya tersebut)
  4. Seorang yang sedang melakukan perjalaman jauh lebih dari sekitar 80,640km. Akan tetapi wajib mengqodo puasa tersebut.

Tahukah anda kenyataannya ada banyak macam macam puasa wajib dan pengertiannya wajib selain puasa ramadhan tersebut.  Oleh karena itu bagi anda yang masih belum mengetahuinya. Berikut ulasannya:

  1. Puasa ramadhan

Hampir semua orang muslim pasti tidak asing dengan namanya puasa ramadhan. Karena pasalnya pada setiap datangnya bulan ramadhan kita semua umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa dimulai dari terbitnya sang fajar atau sesudah adzan subuh.  Hingga terbenamnya sang fajar atau hingga adzan magrib berkumandang.  Dan untuk kegiatan puasa ramadhan ini dilakukan selama satu bulan penuh dan diakhiri dengan sholat idul fitri. Dan adapun maksud Allah SWT memerintahkan setiap umat muslim untuk melakukan puasa selama satu bulan penuh. Adalah untuk melatih mereka agar bisa mengendalikan hawa nafsu.  melatih kesabaran dan juga melatih untuk bisa memiliki jiwa yang ikhlas.

  1. Puasa qodha

Dengan mengetahui macam macam puasa wajib dan pengertiannya yang diharuskan untuk dikerjakan oleh setiap muslim. Anda yang belum mengetahuinya dan saat ini tengah membaca artikel ini. tentu bisa langsung memahami dan memaknai setiap puasa wajib yang ada di dalam ajaran agama islam.  Dan hal ini termasuk juga pada puasa Qodha yang juga merupakan salah satu puasa wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap umat muslim dimana pun berada. Dan untuk puasa qodha ini merupakan kegiatan yang diharuskan untuk dikerjakan sebagai pengganti ibadah puasa yang kita tinggalkan dengan sengaja. Ataupun tidak di saat bulan ramadhan. Atau masuk dari sengaja di sini tentu saja sesuai dengan uzur yang telah ditetapkan oleh Allah. Misalnya saja seperti sedang sakit atau sedang dalam perjalanan.  Dan adapun jenis puasa yang satu ini merupakan salah satu dari macam – macam puasa wajib yang hukumnya harus dikerjakan. Dan jika tidak dikerjakan maka akan berdosa. Untuk tata cara pelaksanaan puasa qadha setidaknya sama persis dengan puasa ramadhan. hanya saja yang membedakan hanyalah niat puasa qadha ramadhan.  Dan berapa lama pengerjaan puasa wajib ini tergantung pada lama anda meninggalkan puasa wajib di bulan ramadhan.

  1. Puasa kafarat

Untuk jenis puasa kafarat ini memang memiliki hukum wajib dikerjakan dan apabila dilalaikan atau ditinggalkan maka hukumnya dosa. Dan menjadi salah satu macam – macam puasa wajib yang harus anda ketahui. Untuk puasa kafarat ini adalah sebuah puasa penebusan. Dimana dalam hal ini, seorang mukmim wajib melaksanakan puasa kafarat ketika mereka melanggar hukum dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT sebelum kita ada.  Dan berikut ini adapun beberapa pelanggaran yang dimaksudkan di sini diantaranya:

  • Melakukan pembunuhan hewan saat berihram

Hal ini dijelaskan ketika kita tengah melakukan ihram. Sama sekali tidak diperbolehkan membunuh hewan. Baik itu hewan yang halal atau jenis hewan yang haram dimakan.  Dan apabila anda melanggarnya tentu saja anda harus menebusnya dengan puasa kafarat.

  • Melakukan pelanggaran sumpah

Apabila anda memiliki nazar atau sumpah dan dengan sengaja anda membuat kesalahan dan kemudian melanggarnya.  Tentu saja diwajibkan untuk anda melakukan puasa wajib selama 3 hari. Dan tentunya dalam berpuasa tersebut anda harus mengetahui niat puasa nazar dan tata cara pelaksanaannya agar tidak salah dalam mengerjakannya.

  • Melakukan pembunuhan terhadap sesama muslim tanpa sengaja

Mungkin tidak banyak orang yang berfikiran akan melakukan hal ini. Karena kita tahu bahwa melakukan pembunuhan sesama manusia merupakan dosa besar.  Baik itu yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.  Oleh karena itu dalam ajaran islam juga telah dijelaskan ketika kita melakukan hal yang satu ini konsepkuensi yang ditanggung adalah berpuasa selama 2 bulan berturut – turut.

Nah, itulah beberapa jenis dan macam macam puasa wajib dan pengertiannya yang setidaknya harus anda tahu agar tidak salah kaprah dalam pengertian dan penempatan nya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *