CONTOH DAN MANFAAT LEMBAGA AGAMA

  • Whatsapp

Mencari info contoh lembaga agama, lembaga agama, manfaat lembaga agama untuk menambah wawasan anda. Silakan KLIK DISINI!

Contoh lembaga agama, lembaga agama, manfaat lembaga agama merupakan beberapa hal yang banyak dicari oleh beberapa kalangan saat ini.  Agama adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, pandangan dunia, sistem budaya yang menghubungkan manusia dengan tatanan/ perintah dalam kehidupan.  Dan menurut KBBI untuk agama ini memiliki arti adalah sistem yang mengatur tata keimanan dan peribadahan kepada tuhan yang maha kuasa.  Serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.  Sedangkan untuk pengertian lembaga agama ini adalah lembaga yang mengatur hidup / kehidupan atau tingkah laku manusia yang berkaitan dalam hidup beragama.  Tidak hanya itu saja pengertian lembaga agama adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh umat beragama dengan maksud memajukan kepentingan hidup beragama.  Yang telah ada dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dam berbangsa.  Selain itu pengertian lain lembaga agama adalah praktik keagamaan dan sistem keyakinan dalam masyarakat yang telah dibakukan dan juga dirumuskan. Berikut ini ada unsur – unsur pokok dalam agama menurut leight, Calhoun, keller yaitu:

  1. Umat beragama yakni penganut masing – masing agama
  2. Pengalaman keagamaan yaitu berbagai bentuk pengalaman keagamaan yang dialami oleh penganut – penganut secara pribadi.
  3. Praktik keagamaan, yaitu hubungan vertikal antara manusia dan tuhannya. Dan hubungan horizontal atau hubungan antar umat beragama sesuai dengan ajaran agama.
  4. Simbol agama yakni soal jati diri agama yang telah dianut umatnya
  5. Kepercayaan agama, yakni suatu prinsip yang telah dianggap benar tanpa ada keraguan lagi.

Sedangkan untuk fungsi dari agama diantaranya:

  1. Memberikan identitas kepada manusia sebagai umat dari suatu agama
  2. Pedoman rekreasi dan liburan
  3. Pengungkapan estetika
  4. Pedoman keberadaan
  5. Pedoman perasaan keyakinan
  6. Pedoman mengungkapkan rasa kebersamaan
  7. Merupakan tuntutan tentang prinsip benar atau salah
  8. Dapat mengatur tuntunan tentang prinsip benar atau salah
  9. Dan mengatur tata cara hubungan manusia dengan tuhan dan manusia dengan manusia
  10. Sebagai sumber pedoman hidup bagi individu atau kelompok
sumber : https://www.pelajaran.co.id/2019/24/lembaga-agama.html

Pengertian Lembaga Agama Menurut Para Ahli Yang Perlu Anda Tahu

Setelah anda sudah tahu mengetahui pengertian lembaga agama secara umum.  Selanjutnya anda juga perlu tahu mengenai pengertian lembaga agama menurut para ahli.

  1. Bruce J

Untuk pengertian lembaga agama ini menurut beliau adalah lembaga yang bertujuan untuk mengatur kehidupan manusia dalam beragama.  Selain itu memiliki fungsi untuk pencarian identitas moral dan memberikan tafsiran dan penjelasan serta meningkatkan solidaritas kelompok.

  1. Emile Durkheim

Menurut beliau lembaga agama ini memiliki arti sebagai suatu sistem yang di dalamnya terdapat praktik yang berhubungan dengan agama.  Hal – hal yang suci, kepercayaan yang berguna untuk mempersatukan umat.

Setelah anda tahu pengertian lembaga sekarang anda juga harus tahu mengenai macam dan contoh lembaga agama diantaranya:

  1. Khonghucu

Yakni agama termuda yang ada di Indonesia yang telah diakui oleh legalitasnya oleh gusdur.  Lembaga ini adalah majelis tinggi agama khonghucu Indonesia (matakin). Dan agama ini sudah menyebar diantara pemeluknya hampir ada di sebagian besar provinsi – provinsi di Indonesia itu sendiri.

  1. Buddha

Salah satu contoh lainnya yang berkaitan dengan lembaga agama adalah Perwakilan umat buddha Indonesia (Walubi). Fungsi dari institut ini ialah selain memberikan regulasi juga memberikan fatwa – fatwa tentang keagamaan.

  1. Hindhu

Jenis lembaga agama selanjutnya yang ada dalam hidup adalah Parisada hindu dharma Indonesia (PHDI). Institusi ini memberikan pengulasan tentang beragam masalah sosial di Indonesia serta memberikan perlindungan bagi WNI beragama hindu.

  1. Katolik
  2. Contoh lembaga agama katholik ialah Konferensi Wali gereja Indonesia (KWI). KWI ini memiliki peran yang sangat penting. Sebab KWI ini selain bekerja sama untuk memberikan perlindungan, atas pemeluknya.
  3. Islam

Islam sebagai agama mayoritas yang terdapat di Indonesia. Memiliki lembaga agama. Dan adapun contoh lembaga agama islam yakni seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dan berikut ini contoh lain secara umum lembaga agama yang ada di masyarakat diantaranya:

  1. Pengadilan agama

Adalah salah satu bentuk lembaga agama yang memberikan regulasi dan tindakan – tindakan menyimpang dengan norma atau hukum yang berlaku di dalam masyarakat.

  1. Kementrian agama

Untuk lembaga ini sering disingkat dengan kemenag yakni merupakan salah satu jenis lembaga agama yang diakui yang berguna untuk memberikan hubungan kepada lembaga legislatif yani presiden.

  1. Departemen agama

Yakni lembaga yang biasanya disebut dengan depag berfungsi sebagai lembaga yang memberikan peranan pada pendidikan – pendidikan secara menyeluruh kepada masyarakat.

  1. Kantor urusan agama

Lembaga ini memiliki singkatan KUA. Dan memiliki fungsi untuk memberikan regulasi pengaduan KDRT ataupun pernikahan.

Lalu apa saja unsur – unsur lembaga agama tersebut. Nah, beberapa ilmuan seperti killer, lighat, dan Calhoun (1989), memusatkan perhatian pada unsur – unsur dasar suatu agama yaitu sebagai berikut:

  1. Simbol

Setiap agama tentu saja mengenal berbagai lambang atau simbol, baik itu berupa pakaian, ucapan, tulisan dan tindakan.

  1. Kepercayaan

Setiap agama pasti memiliki kepercayaan seperti percaya kepada tuhan, nabi – nabi dan kitab.

  1. Pemeluk umat

Agama memiliki sejumlah pemeluk atau pengikut

  1. Praktek keagamaan

Tentu saja setiap ajaran agama yang anda tentu memiliki praktik keagamaan seperti sholat. Ada kebaktian, semedi, puasa, dan lain sebagainya.

  1. Pengalaman keagamaan

Tentu saja setiap pemeluk agama ini memiliki beberapa bentuk pengalaman keagamaan.

Berikut beberapa fungsi atau manfaat lembaga agama yang perlu anda tahu:

  1. Sebagai salah satu pedoman buat rekreasi dan hiburan. Dalam mencari suatu kepuasan batin yang melalui rekreasi dan hiburan. Tidak melanggar suatu kaidah – kaidah agama.
  2. Dapat digunakan sebagai pengungkapan perasaan suatu nilai estetika manusia yang memang cenderung menyukai keindahan. Karena keindahan merupakan bagian dari jiwa manusia.
  3. Sebagai pedoman keberadaan yang pada hakikatnya makhluk hidup di dunia ini merupakan ciptaan tuhan.
  4. Sebagai pedoman keyakinan manusia yang melakukan sebuah perbuatan baik yang harus selalu disertai dengan sebuah keyakinan. Bahkan perbuatannya ialah kewajiban dari tuhan dan yakin perbuatannya akan mendapatkan pahala. Meskipun untuk perbuatan yang dilakukan itu kecil.
  5. Dapat digunakan sebagai pedoman pengungkapan suatu perasaan persaudaraan di dalam sebuah agama yang diwajibkan berbuat baik terhadap sesama manusia.
  6. Dapat sebagai tuntutan prinsip yang benar dan salah
  7. Dapat dijadikan sebagai pengatur tata cara hubungan antara manusia dengan manusia dengan tuhan
  8. Sebagai salah satu sumber kebenaran
  9. Sebagai bentuk pedoman hidup.

Demikian info mengenai Contoh lembaga agama, lembaga agama, manfaat lembaga agama semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *