KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR MONOPOLI

  • Whatsapp
sumber: https://slideplayer.info/slide/12316097/

Pasar monopoli merupakan salah satu jenis pasar dimana hanya terdapat satu produsen besar yang menguasai pasar tersebut untuk seluruh konsumen yang ada pada suatu pasar. Secara bahasa kata monopoli sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata Monos, yang mana arti dari monos tersebut adalah satu dan polein yang artinya menjual. Perusahaan maupun produsen yang menguasai pasar memang memiliki kekuatan yang besar, sudah dikenal masyarakat luas dan keuangan yang memadai. Hal ini tentunya mampu membuat produsen baru dengan modal kecil akan sangat sulit untuk mengalahkan produsen. Karena produsen penguasa ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. Bahkan biasanya mereka tidak lagi melakukan promosi terhadap brand utamanya. Melainkan promosi dilakukan untuk produk-produk baru maupun produk unggulan mereka. Nah, itulah beberapa pengertian dari pasar monopoli yang perlu anda ketahui. Jenis-jenis dari pasar sendiri sudah semakin banyak. Bahkan di setiap jenis pasar yang ada pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangan bukan. Sama halnya dengan pasar monopoli yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun apakah anda sudah tahu apa saja Kelebihan dan kekurangan pasar monopoli. Jika anda belum tahu apa saja Kelebihan dan kekurangan pasar monopoli. Penting untuk anda memperhatikan baik-baik beberapa ulasan kami kali ini.

sumber: https://slideplayer.info/slide/12316097/

Inilah Berbagai Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Monopoli

Semua hal yang ada di dunia ini pasti tidak akan ada yang sempurna. Yang mana, setiap kelebihan pasti akan ada kekurangan. Sama halnya dengan pasar monopoli ini, ada Kelebihan pasar monopoli dan ada juga kekurangan dari pasar monopoli. Sudah tahukah anda apa saja Kelebihan pasar monopoli dan kekurangannya? Jika belum, mari simak informasi di bawah ini agar anda bisa mengetahuinya secara lebih jelas. Pasar memang dikenal sebagai tempat bertransaksi penjual dan pembeli yang menjadi salah satu tempat utama terbentuknya jual beli. Bahkan di pasar inilah terjadinya pertemuan antara penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen. Namun sudah tahukah bahwa pasar terdapat banyak jenisnya. Bahkan setiap jenis pasar pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Sama halnya dengan pasar monopoli ini. Bagi anda yang saat ini sedang mencari informasi mengenai Kelebihan dan kekurangan pasar monopoli. Maka anda datang ke tempat yang tepat, kami akan menjelaskan kepada anda mengenai Kelebihan pasar monopoli dan kekurangannya. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan bisa membantu anda mendapatkan informasi Kelebihan pasar monopoli dan kekurangannya. Adapun kekurangan dari praktek pasar monopoli bisa anda perhatikan sebagai berikut:

  • KELEBIHAN PASAR MONOPOLI
  1. Adanya inovasi dan kreativitas produk

Perusahaan yang memonopoli tentu khawatir jika suatu saat ada kompetitor yang menyainginya. Maka dari itu, untuk selalu menarik perhatian para calon pembeli, maka penjual juga akan selalu melakukan inovasi dan kreativitas produk. Nah, hal tersebut bertujuan menutup kemungkinan para pembeli tidak pindah ke penjual.

  1. Peluang terjadinya kompetisi kecil

Perusahaan monopoli tentu saja tidak memiliki kompetitor yang berarti. Dengan demikian, jumlah penjual yang ada di pasar monopoli ini memang sedikit. Sehingga mampu membuat peluang terjadinya pertentangan di pasar menjadi sangat sedikit. Tentunya mampu membuat perusahaan bisa menghemat dana pemasaran. Sehingga para penjual bisa lebih fokus pada sikap inovasi produk agar produknya bisa lebih disukai calon pembeli.

  1. Adanya kepemilikan hal cipta atau hal paten

Nah, inilah salah satu kelebihan dari pasar monopoli yang bisa anda ketahui. Kelebihannya adalah kepemilikan hak cipta. Ini berarti usaha maupun bisnis sudah memiliki hak paten dari pemerintah. Sehingga tidak akan bisa diakui oleh penjual lainnya. Dengan memiliki hal cipta, maka akan membuat penjual tersebut dapat merasa berkuasa di dalam pasar monopoli.

  • KEKURANGAN PASAR MONOPOLI
  1. Sering terdapat ketidakadilan

Dari penjelasan sebelumnya memang sudah dijelaskan bahwa kelebihan dan juga kekurangan pasar monopoli ini memang tidak terlihat seimbang. Mengapa bisa demikian? Hal tersebut disebabkan karena pasar monopoli ini terkesan menganaktirikan penjual yang tidak memiliki modal besar. Sehingga kurang mampu menginovasikan produknya.

  1. Terjadinya pemborosan

Di dalam sebuah pasar monopoli juga terdapat pemborosan yang dilakukan oleh penjual sebagai distributor. Dimana mereka memang selalu menginovasikan produk dari berbagai cara yang seharusnya mampu membuat para calon pembeli merasa tertarik untuk membeli. Bahkan pemborosan ini juga terjadi saat penjual menyediakan produk dalam satu waktu. Yang mana belum tentu akan di beli oleh para calon pembeli. Jika produk yang anda jual tidak banyak dibeli konsumen, tentunya bisa merugikan anda bukan. memang ini bisa kita lihat seperti system operasi windows.

  1. Kemungkinan eksploitasi konsumen dan pekerja

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap kelebihan pasti akan ada kelemahan. Inilah salah satu kelemahan dari pasar monopoli yang perlu anda ketahui. Eksploitasi memang bisa muncul dalam perusahaan yang monopoli. Hal ini disebabkan karena mereka melakukan produksi pada harga lebih tinggi dibandingkan dengan biaya marjinalnya. Tentu saja hal tersebut akan menyebabkan konsumen membayar lebih tinggi. Selain itu, dengan adanya pasar monopoli juga menyebabkan upah yang lebih rendah bagi para pekerja.

  1. Alokasi sumber daya yang merugikan masyarakat

Perusahaan monopoli yang tidak memiliki saingan memang bisa mengatur suplai barang di pasar. Hal ini tentu saja akan membuat mereka bisa mempengaruhi harga pasar sesuai dengan kehendak mereka. Yang pada akhirnya, ketika harga dinaikkan secara sembarangan, tentunya hal tersebut akan merugikan masyarakat.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari pasar monopoli yang bisa anda ketahui. Memang penting mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari suatu hal. Sebab ini bisa membuat anda bisa membedakan mana yang baik dan kurang baik. Sebenarnya bukan hanya kelebihan dan kekurangan dari pasar monopoli saja yang bisa anda ketahui. Sebab kami juga akan menjelaskan ciri-ciri dari pasar monopoli.

Ciri-Ciri Dari Pasar Monopoli

  1. Di pasar monopoli ini hanya terdapat satu produsen penguasa
  2. Jenis produk yang diproduksi tidak ada penggantinya
  3. Banyak tambahan untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan baru di dalam sebuah pasar
  4. Penentuan harga barang hanya dikuasai oleh produsen penguasa
  5. Promosi dan iklan tidak terlalu pending dalam sebuah pemasaran
  6. Pemerintah tidak ikut campur secara langsung dalam kegiatan ekonomi yang ada di dalam pasar monopoli tersebut
  7. Perusahaan monopoli memiliki kekuatan besar, keuangan yang baik, dikenal luas oleh masyarakat dan hak cipta produk
  8. Kemampuan dan keinginan konsumen tidak mempengaruhi harga yang ada di dalam pasar monopoli

Nah, itulah berbagai informasi mengenai kelebihan dan kekurangan pasar monopoli beserta ciri dari pasar monopoli yang bisa anda ketahui. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa setiap kelebihan pasti akan ada kekurangan, seperti halnya dengan pasar monopoli yang kami jelaskan kali ini. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda para pembaca artikel kami ini. Semua informasi yang kami berikan memang sesuai dengan informasi yang ada. Sehingga jangan merasa bingung memilih informasi yang baik dan benar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *