KATA UMUM DAN KATA KHUSUS BESERTA KALIMATNYA DAN PENGERTIANNYA

  • Whatsapp

Sedang mencari informasi kata umum dan kata khusus beserta kalimatnya dan pengertiannya dalam bahasa indonesia? Dapatkan informasi anda. KLIK DISINI!

Kata umum dan kata khusus beserta kalimatnya – Bahasa di bentuk dari beberapa tataran gramatikal. Yang mana gramatikal tersebut dari tataran terendah hingga tataran tertinggi. Yang mana adalah kata, frasa, klausa dan kalimat. Kata merupakan kunci pokok dalam membentuk tulisan maupun dengan ucapan. Maka dari itu dalam bahasa indonesia, kata—kata harus di pahami dengan baik supaya ide seseorang dapat dimengerti dengan baik. Juga kata—kata pun perlu di pahami dengan kontak alinea dan wacana. Kata—kata tidak dapat di benarkan sesuka hari tetapi juga harus mengikuti dengan kaidah—kaidah yang benar. Dalam menulis pun akan menghasilkan ide yang secara terus menerus dalam bentuk tulisan. Yang pastinya dari penulisan tersebut bertujuan untuk mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan dan perasaan. Seorang penulis juga pengarang pun membutuhkan keterampilan dalam struktur bahasa dan juga kosa kata. Yang sangat penting dalam menulis adalah penguasaan kosa kata yang mana adalah bagian dari diksi. Ketepatan dalam diksi tidak bisa diabaikan, yang mana bertujuan untuk menghasilkan tulisan yang lebih mudah untuk di mengerti.

sumber: https://www.materibelajar.id/2016/09/pengertian-contoh-kata-umum-dan-khusus.html

Kata umum dan kata khusus beserta kalimatnya – Dalam bahasa indonesia kata terbagi menjadi 2 jenis yaitu dengan kata umum dan kata khusus. Dan sudahkah anda mengetahui mengenai kata umum dan dengan kata khusus? Agar anda tidak salah dalam mengetahui informasi, anda bisa dapatkan pengertian mengenai kata umum dan kata khusus beserta kalimatnya di artikel kali ini.

Seperti contoh mengenai kata umum dan kata khusus beserta kalimatnya dan pengertiannya adalah sebagai berikut ini:

  • kata ikan memiliki acuan yang lebih luas di bandingkan dengan kata nila atau lele. Ikan tidak hanya nila dan lele saja, namun banyak sekali macam ikan yang bisa di ketahui seperti dengan mujair, tuna, sepat dan masih banyak lagi. Namun sebaliknya untuk lele pun masih tergolong ke dalam jenis ikan. Begitu juga dengan tuna dan mujair yang mana masih tergolong dalam jenis ikan. Dalam hal ini acuan kata luas adalah seperti dengan ikan sedangkan acuan untuk kata khusus seperti dengan nila dan lele.
  • Kata bunga memiliki pengertian luas dan memiliki banyak jenis seperti mawar, melati, anggrek, kamboja. Namun untuk mawar, melati, anggrek dan kamboja merupakan satu pengertian dengan bunga. Kata bunga merupakan acuan yang mana di sebut dengan kata umum. Sedangkan untuk kata anggrek, mawar, kamboja adalah acuan yang mana di sebut dengan kata khusus.

Pasangan dari kata umum dan kata khusus harus di bedakan juga dari generik dan spesifik. Seperti contoh kata umum dan kata khusus beserta kalimatnya yang bisa anda ketahui adalah

  • Kuda, sapi dan kerbau adalah hewan yang termasuk dengan golongan hewan mamalia. Dengan hal ini kata hewan mamalia besifat sebagai umum (generik) sedangkan kuda, sapi dan kerbau adalah kata khusus (spesifik).
  • Kacang, mangga, petai adalah tumbuhan yang termasuk dengan golongan tumbuhan dikotil. Dengan hal ini kata tumbuhan dikotil bersifat umum (generik) sedangkan kacang, mangga, petai adalah kata khusus(spesifik).

Penggunaan Kata Umum Dan Kata Khusus Beserta Kalimatnya

Perhatikan kalimat—kalimat di bawah ini terlebih dahulu

  • Kakak melihat adik bermain sepak bola di lapangan
  • Kakak menengok adik bermain sepak bola di lapangan
  • Kakak melirik adik bermain sepak bola di lapangan

Dari kalimat makna umum adalah kata melihat. Sedangkan dari kalimat di atas yang memiliki makna khusus adalah menengok dan melirik. Untuk kalimat pertama masih bisa di gunakan sesuai dengan kontak kalimat yang ada. Sedangkan untuk kalimat ketiga, kata khusus tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat tersebut. Dan kata khusus yang sesuai untuk kalimat hanya terdapat pada kalimat kedua.

  • Wiwik menjinjing karung berisi tomat
  • Wiwik memikul karung berisi tomat
  • Wiwik membawa karung berisi tomat

Dari kalimat di atas kata umum yang dapat kita temukan adalah pada kalimat ke tiga “membawa”. Sedangkan untuk kalimat pertama kata “menjinjing” tidaklah tepat untuk di gunakan pada konteks kalimat tersebut.

Dari kalimat tersebut bisa di ketahui jika kata khusus memiliki cakupan yang lebih sempit dan hanya bisa di gunakan pada kalimat—kalimat tertentu. Sehingga pemilihan diksi / kata sangat di perlukan dalam pembuatan sebuah kalimat.

Mengetahui Kata Umum Dan Kata Khusus Beserta Kalimatnya

  • Kata umum: Melihat

Kata khusus: menengok, menyaksikan, melirik, memandang, memelototi, mengamati, memperhatikan.

  • Kata umum: Mendatangi

Kata khusus: Mampir, singgah, berkunjung.

  • Kata umum: Membawa

Kata khusus: Menjinjing, mengendong, mengangkut, menyeret, membopong, memanggul.

  • Kata umum: Hewan peliharaan

Kata khusus: Anjing, kucing, marmut, kucing, ikan

  • Kata umum: Menetap

Kata khusus: Tinggal, menghuni, bersarang

  • Kata umum: Sependapat

Kata khusus: Setuju, Sepakat

  • Kata umum: Indah

Kata khusus: Cantik, Menawan, Menakjubkan

Mengetahui Contoh Kata Umum Dan Kata Khusus Beserta Kalimatnya

  1. Anak—anak pergi ke sungai membawa alat pancing (Membaca= makna umum)
  2. Kaka itu menjinjing bajunya dan peralatan sekolahnya karena jalanan yang di lalui tergenang banjir (menjinjing= makna khusus)
  3. Untuk melihat pertunjukan sirkus di kota kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam (sirkus= makna umum)
  4. Pertunjukkan itu sangat diminati banyak orang, sehingga untuk menontonnya kita harus berangkat lebih awal (menontonnya= makna khusus)
  5. Semua binatang yang ada di kebun binatang selalu di rawat dengan baik (binatang= Makna umum)
  6. Kelinci, ayam, anjing menjadi hewan peliharaan ayah saja di rumah (kelinci, ayam, anjang= Makna khusus)
  7. Setelah kamu berusaha dengan maksimal sebaiknya kami berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT agar hasil yang kamu dapatkan semakin maksimal (berdoa= Makna umum)
  8. Setelah mendapatkan pengumuman, Adi langsung bersujud menghadap kiblat sambil mengeluarkan air mata karena ia mendapatkan nilai terbaik dari satu sekolah (bersujud = Makna khusus)
  9. Dengan memelihara hewan, seorang bisa menambah keramaian dari hidupnya yang fana (hewan = makna umum)
  10. Ketika kami datang ke dokter, banyak sekali pasien yang mengalami sakit demam berdarah (Demam berdarah = makna khusus)
  11. Indonesia memiliki beribu—ribu pulau yang sebagian masih belum memiliki nama dan tidak memiliki penghuni (indonesia = makna umum)
  12. Pulai jawa dan pulau sumatera adalah salah satu bagian pulau dari ribuan pulau di indonesia (pulau jawa & Pulau sumatera = makna khusus)

Itulah mengenai artikel kata umum dan kata khusus beserta kalimatnya. Dengan membaca artikel tersebut di harap anda bisa membedakan lebih jelas mengenai kata umum dan kata khusus. Terima kasih telah membaca semoga bermanfaat dan menambahkan ilmu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *