PENJELASAN IDEOLOGI TERBUKA PANCASILA SECARA LENGKAP

  • Whatsapp

Cari informasi ideologi terbuka pancasila, jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka yang dianut negara ini diketahui seluruh bangsa Indonesia!

Ideologi terbuka pancasila merupakan ideologi yang memiliki sifat dapat berinteraksi dengan dinamika perkembangan zaman.  Artinya ideologi Pancasila mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang tentunya akan terus dan banyak mengalami perubahan.  Hal ini sesuai dengan sifat dari Pancasila terbuka, luwes, fleksibel dan tidak kaku sehingga ideologi ini bisa digunakan kapan saja.  Seperti yang kita ketahui ideologi merupakan sebuah gagasan atau pandangan, nilai dan keyakinan yang diwujudkan dalam kehidupan nyata sebuah bangsa.  Pahlawan dari bangsa Indonesia melihat kondisi nyata bangsa ini yang tersusun dari pluralistic dan keberagaman.  Pada akhirnya memutuskan sesuai dengan kepribadian bangsa negara Indonesia menganut Ideologi Pancasila.  Pertanyaan jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi tampaknya harus diketahui jawabannya oleh semua bangsa Indonesia.  Makna dari ideologi terbuka pancasila yang fleksibel tidak kaku dengan perkembangan zaman ini tentunya tidak mengubah nilai dasarnya.  Dimana ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka nilai dasar yang terkandung seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Kerakyatan, dan Keadilan dapat dikembangkan.  Yang mana disesuaikan dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan sesuai perkembangan zaman secara kreatif.  Jawaban dari jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka mampu disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia.  Yang mana dipastikan ideologi Pancasila berkembang tanpa menghilangkan jati diri dan ciri khas bangsa Indonesia.

sumber: httpswww.gurupendidikan.co.idideologi-pancasila

Berikut Ini Pengertian Ideologi Terbuka Pancasila, Nilai Yang Terkandung, Dan Contoh Nyata Dalam Kehidupan Sehari-Hari!

Gagasan dan jawaban mengenai jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka sudah dibahas sejak tahun 1985.  Namun ternyata pesan bahwa pancasila sebagai Ideologi terbuka sudah disampaikan secara detail pada penjelasan UUD 1945.  Bunyi dari penjelasan Pancasila sebagai berikut:

”Maka telah cukup jika undang-undang Dasar hanya memuat garis-garis besar sebagai instruksi kepada pemerintah pusat dan lain-lain penyelenggara negara.  Untuk menyelenggarakan kehidupan bernegara dan kesejahteraan sosial, terbuat bagi negara baru dan negara muda.  Lebih baik hukum dasar yang tertulis itu hanya memuat aturan-aturan pokok, sedang aturan-aturan yang menyelenggarakan aturan pokok.  Diserahkan kepada Undang-Undang yang lebih mudah cara membuat, mengubah dan mencabutnya”

Makna dari isi Undang-Undang Dasar 1945 sebagai negara dengan ideologi terbuka pancasila menjelaskan tentang unsur keterbukaan terkandung pada Pancasila.  Nila-nilai yang terkandung dalam Pancasila tetap namun aturan-aturan yang bersumber dari nilai-nilai dasar mampu menyesuaikan konteks zaman.  Menurut Frans Magnus Suseno, sebagai seorang intelektual Indonesia memiliki pendapat bahwa ideologi disebut sebagai ideologi terbuka apabila:

  1. Nilai-nilai dan cita-cita ideologi bersumber dari kekayaan dan budaya masyarakat bangsa tersebut. Makna dari kalimat ini adalah bahwa nilai yang terkandung di dalamnya berasal dari dalam bangsa itu sendir bukan impor atau datang dari luar.  Jawaban mengenai jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka tumbuh dan berkembang dari dalam jiwa masyarakat lokal dan nasional.  Sejak kemunculan-nya dapat diterima oleh segenap elemen masyarakat bangsa tersebut.
  2. Isi dari ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka tidak secara langsung operasional namun instructive dan instrumental. Artinya ideologi terbuka pancasila meliputi nilai-nilai yang operasionalnya didahului oleh penjabaran nilai yang lebih instrumental.

Berdasarkan kedua kriteria atau ciri tersebut berkaitan dengan jawaban jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi.  Maka pengertian ideologi terbuka pancasila dapat dijelaskan berdasarkan tiga garis besar berikut ini:

  1. Pancasila sebagai ideologi terbuka pancasila mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman tanpa mengubah nilai-nilai dasar.
  2. Pancasila mampu dikembangkan secara kreatif dan sesuai dengan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia tanpa kehilangan makan dari nilai-nilai dasar yang terkandung.
  3. Pancasila mampu dijadikan pemandu bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai era keterbukaan, globalisasi, yang identik dengan saling ketergantungan antar negara.

Selain pengertian jawaban dari jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka.  Terdapat 3 dimensi nilai yang berasal dari Pancasila sebagai berikut:

  1. Nilai Dasar

Maksud dari nilai dasar yang terkandung pada ideologi terbuka pancasila bahwa asas-asa yang diterima sebagai dalil mutlak.  Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kelima nilai dasar Pancasila Yakni Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan Sosial.  Harus bisa diterima sebagai dalil mutlak yang sumbernya dari nilai-nilai budaya masyarakat Indonesia.  Ini penjelasan dimensi pertama dari pertanyaan jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka.

  1. Nilai Instrumen

Ideologi terbuka pancasila juga memiliki nilai instrumen yang artinya pelaksanaan umum dari nilai-nilai dasar.  Pelaksanaan di sini dapat berupa norma sosial atau pun norma hukum yang dimasukkan ke dalam lembaga-lembaga sosial.  Kedudukan dari nilai instrumen lebih rendah dari nilai dasar.  Namun keduanya saling berkaitan erat yang mana tanpa nilai instrumen, nilai dasar tidak bisa secara konkrit dijabarkan.   Ini jawaban kedua dimensi pancasila dari pertanyaan jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka bangsa Indonesia.

  1. Nilai Praktis

Makna dari ideologi terbuka pancasila yang ketiga memiliki dimensi nilai praktis yang berarti nilai yang tampak pada pola perilaku keseharian.  Arti dari nilai praktis adalah menunjukkan apakah nilai-nilai dasar dan nilai instrumental benar-benar hidup dalam masyarakat.  Contoh nyata dari jawaban jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka. Ketika seseoang berpidato tentang Pancasila tetapi perilakunya korupsi, artinya pancasila tidak hidup dalam jiwa orang tersebut.

Informasi lain yang harus anda ketahui berkaitan dengan ideologi terbuka pancasila adalah contoh nyata yang harus diterapkan.  Tentunya oleh semua bangsa Indonesia harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Berikut ini penjelasannya untuk anda:

  1. Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan Sesuai Dengan Pedoman Pancasila

Contoh pertama ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah menjunjung tinggi nilai kemanusiaan di masyarakat.  Seperti yang tertuang pada sila ketiga Pancasila yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.  Artinya bahwa kemanusiaan sangat dihargai dan sangat dijunjung tinggi pancasila.  Dengan adanya pancasila diharapkan supaya asas kemanusiaan lebih dihargai dan dijunjung tinggi oleh seluruh bangsa Indonesia.  Pancasila sangat menghargai dan menganggap kemanusiaan sebagai suatu hal yang sangat diabaikan begitu saja.  Hal ini berlaku untuk semua bangsa Indonesia dari mulai kalangan atas hingga kalangan bawah.

  1. Menjunjung Tinggi Nilai Ketuhanan Pada Pancasila

Kedua contoh dari ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah menjunjung tinggi nilai ketuhanan.  Ini sesuai dengan sila yang terkandung dalam Pancasila sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”.  Negara Indonesia menganut beberapa agama yakni tidak hanya satu agama saja.  Indonesia dari terdiri dari beberapa agama tercetus semboyan negara Ini Bhineka Tunggal Ika.  Tujuannya agar masyarakat Indonesia memiliki cara pandang dan cara berpikir yang lebih terbuka dan bersifat rohani.  Agar masyarakat Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan.

  1. Menerima Masukan Budaya Luar Secara Selektif

Ketiga contoh dari ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka sebagai ideologi tidak paten dan tidak memaksa.  Artinya ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka yang tidak memaksakan kehendak kepada individunya.  Yang mana memilki tujuan untuk mempersatukan dan mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai pertanyaan dari jelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi sebagai ideologi terbuka.  Yang mana dengan penjelasan ini semua bangsa Indonesia bisa menerapkan ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka dalam kehidupannya sehari-hari.  Agar tercapai cita-cita nasional bangsa Indonesia masyarakat yang hidup adil dan makmur.  Sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.  Dan agar mampu bertahan dari berkembangnya arus zaman saat ini.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *