KETAHUI TENTANG DISTORSI AGAMA UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA

  • Whatsapp
SUMBER: https://www.gatra.com/detail/news/415875/politik/waspada-distorsi-demokrasi-akibat-politisasi-agama
SUMBER: https://www.gatra.com/detail/news/415875/politik/waspada-distorsi-demokrasi-akibat-politisasi-agama

Anda sedang mencari info mengenai distorsi agama untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan anda. Silakan KLIK DISINI!

Distorsi agama ­ – Kata distorsi agama tentu saja tidak terlepas dari kata distorsi dan agama.  Lalu apa arti kata distorsi ini?. Untuk pengertian mengenai distorsi ini adalah suatu kondisi terjadinya kekacauan dan penyimpangan yang dapat mengakibatkan terganggunya proses pencapaian sebuah tujuan.  Untuk kata distorsi memang cukup sering digunakan dalam berbagai bidang termasuk diantaranya dalam komunikasi, agama, ekonomi, seni, akuntansi, dan lainnya.  Akan tetapi kata distorsi ini secara umum merupakan suatu kondisi yang tidak efisien terjadi penyimpangan dan terjadi gangguan. Namun untuk terjadinya distorsi agama ini sudah pernah terjadi pada masa awal penulisan sejarah islam terutama dilakukan oleh syi’ah dengan menyebutkan riwayat – riwayat dusta.  Sedangkan untuk distorsi agama zaman sekarang dipengaruhi oleh kuatnya hegemoni orientalisme. Untuk distorsi dalam bidang keilmuan yang mengatakan kebanyakan ilmuwan muslim berkembang ketika zaman kegelapan mencengkeram barat pada abad pertengahan.  Setelah masa renaissance, kebangkitan kembali peradaban barat. Banyak ilmuwan yang mengambil keuntungan dari hak paten. Dan hal ini berbeda dengan ilmuwan lain, para ilmuwan muslim menjadikan alqur’an dan sunnah sebagai sumber utama dalam mengembangkan ilmu – ilmu mereka.  Apalagi pada masa lalu berdasarkan ajaran islam, bahwa jika seseorang menemukan alat ataupun apa yang belum ada manusia yang menciptakannya.

Distorsi Agama atau sejarah Karena Fitnah Penjajah Pada Umat Islam di Indonesia

Sebelum membahas distorsi yang terjadi di Indonesia.  Maka mari melanjutkan ulasan yang ada di paragraf sebelumnya.  Pada masa lalu seseorang yang menemukan alat atau apapun yang belum manusia yang menciptakannya. Maka dari itu wajiblah baginya untuk menyebarkan hasil temuannya itu. Agar manusia dapat mempermudah pekerjaannya dan menjadikan mereka semakin bersyukur kepada Allah.  Mereka tidak menuntut satu apapun, termasuk hak paten.  Atau upeti akibat penemuannya tersebut. Dan dari orang – orang baratlah ilmu – ilmu itu kemudian dicuri lalu dipatenkan atas nama mereka masing – masing untuk mencari sebuah keuntungan.  Banyak sekali penemuan – penemuan dari kebudayaan islam yang memang tidak tercatat sejarah. Dan salah satu ciri yang dapat diperhatikan pada para tokoh ilmuwan muslim ialah mereka tidak sekedar dapat menguasai ilmu tersebut pada usia yang muda.  Tetapi mereka juga menguasai keilmuan tersebut dalam masa yang singkat dan dapat menguasai beberapa bidang ilmu secara bersamaan. Mungkin anda pun akan bertanya mengapa pada masa itu para ilmuwan muslim tidak terkenal. Dan para ilmuwan muslim adalah penelaah ilmu terapan. Dimana dasar dari penelitian ilmuwan muslim adalah terjemahan kitab – kitab yunani ke bahasa latin kemudian ke bahasa arab. Dimana yang kemudian kembali ke ilmuwan – ilmuwan eropa melalui proses renaisans.  Namun ada beberapa ilmuwan muslim yang cukup ternama.

Misalnya saja seperti al idrisi, al kindi, ibnu hayyan, ibnu haitsam, al farabvi, ibnu rusyd, ibnu sina, muhammad al khawarizmi.  Sedangkan untuk distorsi agama yang dilakukan penjajah pada umat islam yang ada di Indonesia. Dengan sengaja, sejarawan belanda pada masa pemerintah kolonial belanda membuat periodasi sejarah indonesia dengan memundurkan waktu masuknya agama islam jauh di belakang atau sesudah keruntuhan kekuasaan politik hindu.  Islam masuk ke Indonesia dengan damai melalui jalur perdagangan, sehingga membentuk watak dan karakter masyarakat dengan nilai – nilai islam. Hingga saat ini, muncul anggapan bahwa orang – orang islam menyebarkan agamanya dengan cara radikal sehingga merusak karakter dasar masyarakat Indonesia. Masyarakat yang santun beradab dan kemudian islam kemudian dituduh sebagai agama yang memecah belah masyarakat dan membahayakan negara kesatuan republik indonesia (NKRI). Untuk konsekuensi pemutarbalikan sejarah islam di Indonesia:

  1. Islam masuk di Indonesia dengan jalan peperangan, dibuktikan dengan jatuh dan runtuhnya kerajaan hindu. Untuk majapahit yang diserang oleh kerajaan islam demak.  Padahal jatuhnya kerajaan majapahit itu dikarenakan serangan dari kerajaan kediri.  Untuk membalaskan amarah dendamnya karena pendiri majapahit dulu pernah menyerang kerajaan kediri hingga kalah.

  1. Islam masuk di indonesia bukan islam yang murni. Tetapi islam yang telah bercampur dengan tradisi dan budaya. Hal ini dimaksudkan tradisi dan budaya ini menjadi tolak ukur dan islam harus menyesuaikan atau memperhatikannya. Dimana tradisi atau budaya akan lebih mengutamakan dan islam yang dianggap sebagai ancaman tradisi lokal sehingga harus disingkirkan bila bertentangan dengan tradisi masyarakat.

Dan pemutarbalikan sejarah sekarang ini juga berlangsung. Dimana ulama dan tokoh islam dianggap sebagai ancaman negara dan perusak NKRI. Sehingga mereka harus ditangkap dan dipenjarakan dengan berbagai rekayasa jahat sebagai bentuk distorsi agama sejarah sebagai warisan yang diemban penjajah. Selain agama tahukah anda jika distorsi ini juga digunakan dalam bidang lainnya. Berikut ini ulasan mengenai distorsi di bidang lain diantaranya:

  1. Distorsi pasar

Definisi distorsi pasar atau ketidak sempurnakan pasar adalah suatu kondisi ekonomi yang tidak efisien. Hal ini dapat mengganggu agen ekonomi dalam memaksimalkan kesejahteraan sosial dalam rangka memaksimalkan kesejahteraan mereka sendiri. Selain itu ulasan soal distorsi pasar ini dapat juga diartikan sebagai suatu keadaan ekonomi yang mengalami penurunan. Akibat tindakan pihak – pihak tertentu dengan menghambat penjualan untuk mendapatkan keuntungan bagi mereka.  Namun mengakibatkan kerugian kepada banyak pihak.

  1. Distorsi komunikasi

Yakni distorsi komunikasi adalah suatu kondisi dimana terjadinya perubahan makna informasi, maksud dan ide antara komunikator dengan komunikan.  Selain itu maksud distorsi komunikasi bukanlah miscommunication tetapi pergeseran atau perubahan arah dari makna informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.  Selain itu adanya distorsi komunikasi ini dapat mengakibatkan terjadinya gagal paham dalam komunikasi yang bisa terjadi karena berbagai hal.  Salah satunya kultur budaya seseorang misalnya saja seperti logat dan bahasa penghafalan.

  1. Distorsi akuntansi

Adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidak sesuaian informasi data keuangan perusahaan dengan kondisi sebenarnya.  Distorsi akuntansi ini memang dapat terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Dimana distorsi akuntansi ini secara tidak sengaja terjadi karena adanya kesalahan estimasi dan kesalahan standar akuntansi.  Sedangkan untuk distorsi akuntansi ini secara sengaja terjadi karena adanya manajemen laba dan income smoothing secara sengaja yang dapat merugikan pihak lain.  Khususnya para kalangan investor. Dan distorsi ini juga terdapat dalam dunia seni rupa. Baik itu rupa maupun seni tari.  Dan dalam dunia seni, distorsi ini dianggap sebagai penyimpangan atau tidak sesuai aturan. Salah satunya distorsi seni rupa sebagai suatu tindakan melukiskan suatu obyek dengan teknik melebih – lebihkan dan menonjolkan bagian bentuk benda yang ingin difokuskan.

  1. Distorsi biaya

Adalah pembebanan biaya yang terlalu tinggi atau terlalu rendah pada obyek biaya.

Sehingga dapat disimpulkan jika distorsi ini adalah bentuk penyimpangan. Semoga ulasan mengenai distorsi agama dan jenis distorsi lainnya bermanfaat untuk menambah wawasan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *