10 DEFINISI PASAR MENURUT PARA AHLI BESERTA CIRI-CIRI DAN FUNGSI

  • Whatsapp
sumber: https://idtesis.com/teori-lengkap-pedagang-pasar-tradisional-menurut-para-ahli-dan-contoh-tesis-pedagang-pasar-tradisional/

Pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan juga pembeli untuk melakukan transaksi jual beli produk tertentu. Meskipun begitu, definisi dari pasar secara umum dapat diartikan lebih luas berdasarkan teori ekonomi yang berlaku. Ada banyak juga jenis-jenis pasar yang ada. Yang mana bisa dilihat dari strukturnya. Kita tentu saja tidak asing dengan istilah pasar bukan? Setiap hari ibu kita berbelanja berbagai jenis kebutuhan pokok di pasar tradisional. Kita juga sering membeli berbagai keperluan lain di supermarket yang merupakan pasar modern. Di era modern seperti sekarang ini, tentunya kita juga sering membeli produk tertentu secara online lewat commerce maupun toko online. Pasar sendiri memang menjadi tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli produk. Ciri-coro dari pasar sendiri juga banyak, antara lain adalah terdapat barang atau jasa yang diperjualbelikan. Bahkan di pasar juga terjadi interaksi antara penjual dan pembeli secara langsung. Ada banyak jenis-jenis pasar, dari cara pengolahannya ada jenis pasar modern dan pasar tradional. Dari luas kegiatannya ada jenis pasar lokal, pasar nasional, pasar internasional dan pasar daerah. Berdasarkan strukturnya, macam-macam pasar terdiri dari pasar persaingan sempurna, pasar persaingan tidak sempurna, pasar oligopoly dan pasar monopoli. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pasar, ketahui dulu definisi pasar menurut para ahli.

sumber: https://idtesis.com/teori-lengkap-pedagang-pasar-tradisional-menurut-para-ahli-dan-contoh-tesis-pedagang-pasar-tradisional/

5 Definisi Pasar Menurut Para Ahli

Pasar yang kita gambarkan tentunya merupakan gambaran secara umum atau dalam pengertian sehari-hari. Sementara menurut ilmu ekonomi, pasar merupakan bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang maupun jasa yang diperjual belikan. Hal ini berarti cakupan akan pengertian pasar lebih luas jika dibandingkan dengan pengertian pasar sehari-hari yang hanya menunjukkan suatu tempat. Barang-barang yang diperdagangkan di pasar juga tidak hanya sebatas barang-barang konsumsi saja. Akan tetapi juga barang-barang produksi, seperti halnya dengan mesin, bahan mentah, tenaga kerja dan jasa. Bahkan pasar modal, pasar surat berharga dan masih banyak lagi lainnya. Sebenarnya apa arti pasar? Pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan juga pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Baik itu jual beli barang maupun jasa. Pasar sendiri tidak memiliki batas geografis, sehingga definisi pasar tidak pernah merujuk pada sebuah tempat maupun lokasi tertentu. Dalam hal ini, pasar merujuk pada segala kegiatan permintaan dan penawaran untuk barang, modal, surat berharga, tenaga kerja dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa ahli di bidang ekonomi pernah menjelaskan tentang definisi pasar.

Berikut ini penjelasan mengenai 10 definisi pasar menurut para ahli.

  1. Willian J. Stanton

Menurut William J. Stanton, pengertian pasar adalah sekumpulan orang yang ingin meraih kepuasan dengan menggunakan uang untuk berbelanja. Selain itu juga memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

  1. Kotler dan Amstrong

Sedangkan menurut Kotler dan Amstrong, pengertian pasar adalah sejumlah pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk maupun jasa. Besarnya pasar juga tergantung dengan jumlah orang yang memiliki kebutuhan dan akan melakukan transaksi. Banyak sekali pemasar yang menganggap bahwa pembeli dan penjual merupakan sebuah pasar. Dimana pembeli akan menerima produk maupun jasa yang diinginkan setelah melakukan proses pembayaran. Sedangkan penjual juga akan mengirimkan produk maupun jasa yang sudah dibayar oleh konsumen atau pembeli.

  1. Simamora

Menurut simamora, pengertian pasar merupakan sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan dan juga keinginan pada sebuah produk tertentu, memiliki kemampuan dan juga kemauan untuk membeli produk tersebut. Bahkan memiliki kesempatan untuk memutuskan membeli sebuah produk yang diinginkan tersebut.

  1. Nystrom

Pengertian pasar menurut H. Nystrom diartikan sebagai tempat penyaluran barang dan juga jasa dari produsen ke konsumen. Akan tetapi bisa juga diartikan sebagai tempat transaksi barang dan juga jasa antara pembeli dan penjual.

  1. Philip dan Duncanadan

Pengertian pasar menurut Philip dan Duncanadan diartikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen atau pembeli. Singkatnya pasar merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk meletakkan barang-barang untuk dibeli oleh pembeli.

  1. Atep Adya Barata

Pengertian pasar menurut Atep Adya Barata yaitu tempat dimana berkumpulnya penjual dan juga calon pembeli. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung mereka saling berhubungan melaksanakan jual beli atau pertukaran, baik itu berupa barang maupun jasa.

  1. Handri Ma’aruf

Menurut Handri Ma’aruf, definisi dari pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan juga pembeli. Dimana terjadi interaksi atau pertemuan dan penawaran antara penjual serta pembeli hingga terjadi transaksi jual bali.

  1. Kotler (2002)

Pendapat Kotler pada tahun 2002 mengemukakan bahwa pasar merupakan suatu tempat fisik dimana pembeli dan juga penjual berkumpul untuk mempertukarkan suatu produk atau barang.

  1. America Marketing Association

Definisi atau pengertian pasar menurut American Marketing Association atau asosiasi pemasaran Amerika adalah tempat pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang kemudian diarahkan secara khusus untuk produk barang maupun jasa dari produsen ke konsumen.

  1. Winardi SE

Sedangkan untuk pengertian pasar menurut Dr. Winardi SE adalah sebuah tempat dimana secara ideal harga-harga pada waktu tertentu sama untuk semua penjual maupun pembeli.

Dari penjelasan tersebut, maka kita bisa menyimpulkan bahwa pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Berbicara mengenai pasar, sudah tahukah anda apa ciri-ciri pasar? Ketahui sekarang juga dengan memperhatikan beberapa ulasan kami kali ini.

Ciri-Ciri Pasar

Pasar memang memiliki ciri-ciri dan juga karakteristik tertentu, meliputi penjual dan pembeli serta berbagai kegiatan lainnya. Berikut ini beberapa ciri-ciri pasar Selengkapnya yang perlu anda ketahui, seperti:

  • Adanya penjual dan pembeli yang saling bertransaksi satu sama lain
  • Terdapat barang maupun jasa yang diperjualbelikan
  • Ada harga yang dipatok terhadap produk yang diperjualbelikan atau ditawarkan
  • Di pasar pasti akan terjadi transaksi jual beli antara pembeli dan penjual
  • Transaksi selesai ketika terjadi kesepakatan antara penjual dan juga penjual
  • Terjadi proses permintaan dan tawar menawar

Itulah beberapa ciri dari pasar yang perlu anda ketahui, selanjutnya kami akan menjelaskan kepada anda mengenai fungsi dari pasar.

Fungsi Pasar di Masyarakat

Bagi anda yang belum tahu apa saja fungsi dari pasar di masyarakat. Maka sekarang juga anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel kami berikut. Secara umum, ada 5 fungsi dari pasar bagi masyarakat yang perlu anda ketahui, diantaranya:

  • Menetapkan harga

Fungsi pasar yang pertama yaitu menerapkan harga suatu barang maupun jasa sesuai dengan permintaan dan penawaran di pasar.

  • Pengorganisir produksi

Pasar juga digunakan untuk menentukan metode produksi yang paling sesuai dengan memaksimalkan rasio output produk maupun input dari sumber daya.

  • Mendistribusikan pelaku pasar

Pasar juga berperan sebagai distributor pembayaran kepada para pelaku pasar. Dalam hal ini tenaga kerja sesuai dengan produktivitasnya.

  • Menyelenggarakan penjatahan

Pasar juga bertujuan untuk membatasi konsumen serta produksi yang tersedia. Masing-masing dari pembeli juga mendapatkan jatah tersendiri sesuai dengan daya beli masing-masing pembeli.

  • Menyediakan barang dan jasa

Pasar turut berperan sebagai salah satu fasilitator dalam hal pengelolaan tabungan dan juga investigasi. Pasar yang memfasilitasi tabungan dan investasi adalah pasar modal.

Demikianlah penjelasan singkat tentang 10 definisi pasar menurut para ahli, ciri-ciri pasar dan fungsi atau peran pasar di masyarakat. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *