DEFINISI KEANEKARAGAMAN HAYATI  

  • Whatsapp

Mencari info definisi keanekaragaman hayati, definisi keragaman untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan anda. Silakan KLIK DISINI!

Definisi keanekaragaman hayati, definisi keragaman ­ – Seperti yang kita tahu untuk istilah keanekaragaman hayati ini bukanlah istilah baru.  Dimana definisi keanekaragaman hayati, tingkat keragaman hayati dan manfaat dari sumber daya hayati akan dibahas dengan lengkap melalui artikel ini.  Untuk keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia memang sangat penting bagi masyarakat indonesia dan juga dunia.  bahkan dengan adanya keanekaragaman hayati ini berperan dalam menyumbang terhadap sekitar 40 % ekonomi dunia.  Bahkan tidak hanya di situ saja, sekitar 80% kebutuhan orang miskin ini berasal dari sumber daya hayati.  Maka dapat disimpulkan jika semakin tinggi tingkat keanekaragaman hayati sebuah daerah, maka semakin besar peluang untuk melakukan pembangunan.  Dimana peluang tersebut seperti penemuan medis, pembangunan ekonomi, melakukan adaptasi perubahan iklim.  Dan informasi ini berasal dari penelitian yang di lansir oleh biodiv. Lalu apa definisi keanekaragaman hayati atau definisi keragaman itu sendiri.  Yakni keanekaragaman diantara mahluk hidup dari berbagai sumber. dalam hal ini termasuk pula interaksi ekosistem terrestrial, pesisir hutan, lautan, ekosistem akuatik lain. Serta kompleks ekologis dimana berbagai makhluk hidup menjadi bagiannya.  Sedangkan definisi keanekaragaman hayati ini menurut convention on biological diversity tahun 1993.  Dimana meliputi keanekaragaman jenis, antar jenis dan ekosistem. Sedangkan definisi keragaman menurut sudarsono dkk.  Adalah ketersediaan keanekaragaman sumber daya hayati.

sumber: https://www.ayoksinau.com/nilai-dan-manfaat-keanekaragaman-hayati-lengkap/

Definisi Keanekaragaman Hayati Yang Perlu Anda Tahu

Seperti yang kita tahu sumber daya hayati tersebut dapat berupa jenis maupun kekayaan plasma nutfah. Yang dimaksud plasma nutfah ini adalah keanekaragaman genetik, keanekaragaman ekosistem, keanekaragaman antar jenis.  Untuk definisi keragaman hayati secara sederhana merujuk kepada berbagai jenis kehidupan biologis di bumi.  Selain itu jumlah spesies tumbuhan, hewan, satwa liar, keragaman kinetik, mikro organisme, dalam suatu spesies.  Hal ini termasuk juga mikro organisme, keragaman genetik dalam suatu spesies.  Tentu saja hal ini juga termasuk keragaman ekosistem di bumi misalnya saja hutan – hutan, padang pasir, terumbu karang dll.  Dimana semuanya adalah bagian dari keragaman biologis bumi.  Selain itu keragaman hayati ini sudah pasti memiliki banyak sekali manfaat yang sangat vital.  Dimana memiliki peranan yang penting dalam sejarah manusia.  Bahkan sangat menentukan pola peradaban manusia.  dan hal ini dapat tercermin dari kenyataan bahwa manusia, sejak seharah penciptaan keberadaannya di bumi. Tidak ada mahluk hidup yang bisa hidup tanpa adanya sumber daya hayati.  Bahkan sangat tergantung kepada pemanfaatan berbagai jenis sumber daya alam.  Bagaimana manusia telah mengambil manfaat dari tumbuhan dan satwa liar.  Faktor inilah yang menunjukkan ketergantungan manusia pada keragaman hayati. Baik itu secara langsung ataupun secara tidak langsung.  Berikut ada beberapa manfaat dari keanekaragaman hayati bagi manusia dan lingkungan antara lain yaitu:

  1. Keragaman hayati yang baik akan menyediakan sejumlah layanan jasa lingkungan alam untuk manusia. Dimana hal ini berupa perlindungan sumber daya air, penyimpanan nutrisi (unsur hara, perlindungan tanah dari longsor dan banjir. Selain itu sumber daya hayati ini juga memiliki peran dalam menyerap zat pencemar lingkungan seperti Co2, menjaga keseimbangan ekosistem, dan menjaga stabilitas iklim.  Selain itu ia juga menyediakan sumber obat dan obat farmasi, menyediakan makanan, tanaman hias, sumber daya iklan, pendidikan, penelitian, wisata alam, dan semua ini diperoleh secara gratis dari alam.

  1. Telah terkelolanya sumber daya alam dengan baik akan meningkatkan manfaat alam bagi kesehatan manusia.

  1. keanekaragaman spesies yang besar menjamun keberlanjutan alam untuk mendukung semua bentuk kehidupan ekosistem. Memiliki peran pula untuk menurunkan resiko berbagai bencana alam seperti pohon bakau dalam mencegah abrasi atau tsunami.

  1. Untuk ekosistem hutan hujan indonesia kaya akan keragaman spesies. Selain itu hilangnya hutan bakau juga akan berdampak negatif karena itu sama saja dengan menghilangkan manfaat hutan bakau.

  1. Mampu meningkatkan produktivitas ekosistem dimana masing – masing spesies. Dan tidak peduli seberapa kecil. Tentu saja semua memiliki peran penting dalam ekosistem tersebut.  Selain itu sebagai contoh, banyaknya jumlah spesies tanaman berarti memiliki banyak potensi obat – obatan, dan mengurangi dampak dari perubahan iklim dan sumber makanan.

Mengulas mengenai definisi keanekaragaman hayati maka kita akan tahu juga soal biodiversitas.  Dimana untuk bioversitas ini dapat terjadi pada berbagai tingkatan kehidupan. Mulai dari organisme tingkat rendah hingga organisme tingkat tinggi.  Dan secara garis besar bioversitas ini memang dibagi menjadi 3 tingkat.  Yakni keanekaragaman ekosistem, keanekaragaman gen, keanekaragaman spesies.  Berikut ulasan mengenai bioversitas keanekaragaman hayati diantaranya:

  1. Keanekaragaman spesies

Yakni keanekaragaman pada tingkat spesies sangat mudah diamati karena perbedaan yang sangat mencolok.  Sebagai contoh seperti harimau, kucing, dan macan.  Hewan ini memiliki morfologi yang berbeda satu sama lain, akan tetapi mereka sebenarnya berkerabat dekat.

  1. Keanekaragaman gen

Nah, bioversitas pada tingkatan ini menyebabkan variasi antar individu dalam suatu spesies.  Misalnya saja contoh dari bioversitas pada tingkat gen ini misalnya.  Dimana perbedaan seperti varietas padi. Karena pada padi ini terbagi menjadi varietas cianjur, rojolele, IR, kapuas, IPB 3 S. Selain itu misalnya saja pada tanaman mangga juga memiliki bioversitas gen yang cukup mencolok.  Dimana manusia meskipun terdapat mangga, dengan varietas bali, gadung, si manalagi dan bali.  Selain itu manusia termasuk dalam bioversitas gen yang paling mencolok.  Dimana manusia meski merupakan spesies yang sama. Yakni homo sapiens, akan tetapi manusia memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan manusia lainnya.  Dan bioversitas ini terjadi dikarenakan adanya variasi gen yang berbeda di setiap individu sejenis.  Gen ini sendiri adalah materi dalam kromoson makhluk hidup yang mengendalikan sifat organisme. Tidak hanya di situ saja gen ini menyebabkan adanya suatu variasi yang nampak yang dikenal dengan fenotipe.  Sedangkan yang tidak nampak ini dikenal dengan genotipe.  Sehingga untuk susunan gen pada setiap makhluk hidup ini akan berbeda karena gen merupakan hasil dari campuran gen betina dan gen jantan ketika dalam proses perkawinan.

  1. keanekaragaman ekosistem

Dimana semua makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya.  Entah itu faktor abiotik dan biotik.  Untuk faktor biotik merupakan bagian – bagian dalam ekosistem yang merupakan makhluk – makhluk hidup seperti tumbuhan.  Sedangkan untuk faktor abiotik merupakan bagian dalam ekosistem yang tidak hidup. Seperti cahaya, air, iklim, tanah dan tingkat keasaman tanah.  Dan juga kandungan mineral dalam tanah.  Dan berikut ini jenis ekosistem diantaranya:

  • Ekositem lumut
  • Ekosistem hutan berdaun jarum
  • Ekosistem Hutan hujan tropis
  • Ekosistem padang rumput
  • Ekositem padang pasir
  • Ekosistem pantai

Maka dari itu mari kita lakukan pelestarian alam, karena alam adalah sumber kehidupan semua makhluk. Semoga ulasan mengenai definisi keanekaragaman hayati ini bermanfaat untuk anda dan selamat membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *