1 DAMPAK NEGATIF DAN DAMPAK ROMUSHA DI BERBAGAI DAERAH DI INDONESIA

  • Whatsapp

Cari informasi 1 dampak negatif romusha, dampak romusha, dampak romusha di berbagai daerah di Indonesia yang harus diketahui oleh seluruh bangsa Indonesia!

1 dampak negatif romusha yang menjadi sejarah panjang bangsa Indonesia sebelum meraih kemerdekaan sudah pasti dirasakan oleh bangsa ini.  Seperti yang kita ketahui istilah kata Romusha pasti sudah pernah kita pelajari pada saat mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial bidang sejarah.  Romusha yang memiliki makna kata buruh atau pekerjaan ini terkenal pada saat zaman penjajahan Jepang di negara Indonesia.  Istilah romusha sebenarnya adalah panggilan bagi orang-orang atau rakyat Indonesia yang dipekerjakan secara paksa oleh pemerintahan Jepang tahun 1942.  Anggota dari romusha atau kegiatan kerja paksa yang dilakukan pemerintah Jepang kepada bangsa Indonesia kebanyakan dilakukan kepada petani.  Mulai dari Oktober 1943 pihak penjajah Jepang mewajibkan Petani harus menjadi romusha (kerja paksa).  Jumlah dari bangsa Indonesia yang dijadikan romusha (kerja paksa) sudah pasti sangat banyak mulai dari 4 juta hingga 10 juta jiwa.  Kebijakan penjajah Jepang yang mengharuskan rakyat Indonesia melakukan kerja paksa atau yang lebih dikenal dengan romusha.  Pasti memberikan banyak dampak romusha negatif maupun positif.  Namun dari sejarah yang ada dampak romusha di berbagai daerah memberikan dampak negatif yang sangat memilukan.  Bahkan 1 dampak negatif romusha ini tidak akan hilang begitu saja dari rakyat Indonesia yang membuat bangsa ini harus bersatu untuk menjadi bangsa yang kuat dan lebih maju.  Apa saja dampak romusha yang harus anda ketahui akan kita bahas pada paragraph selanjutnya.

sumber: http://bagi-iptek.blogspot.com/2015/06/pengertian-dan-dampak-romusha.html

Berikut Ini Uraian Dampak Romusha Di Berbagai Daerah Yang Ada Di Indonesia!

Diumumkannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 itu artinya bangsa Indonesia bisa terlepas dari kekangan para penjajah.  Salah satu negara yang pernah menjajah negara Indonesia adalah jepang yang meninggalkan sebuah 1 dampak negatif romusha.  Istilah kerja paksa yang tidak akan pernah sirna dari pikiran dan juga hati seluruh rakyat Indonesia hingga detik ini.  Kerja paksa yang dilakukan oleh penjajah Jepang pastinya meninggalkan banyak dampak romusha negatif dan juga positif.  Meskipun ada dampak positif dari dampak romusha di berbagai daerah yang ada di Indonesia.  Namun 1 dampak negatif romusha yang pasti membekas karena perlakuan para penjajah zaman dahulu yang sangat tidak manusiawi.  Adapun dampak romusha baik negatif dan positif yang harus anda ketahui, sebagai berikut:

Dampak Negatif Romusha

  1.    Bidang politik
  • Dampak romusha di berbagai daerah di Indonesia dari bidang politik dilarangnya kegiatan politik dan dibubarkan kegiatan organisasi yang ada.
  • Dilarangnya kegiatan rapat dan berbagai kegiatan politik yang ada di Indonesia                                                                                                                                                                                                                                                                                                                2. Bidang ekonomi
  • 1 dampak negatif romusha bidang ekonomi jepang mengambil alih atau mengeksploitasi SDA dan SDM untuk semua kepentingan perang. (penyuluh pertanian bukan tenaga-tenaga ahli pertanian, hewan-hewan petani banyak yang dipotong, kurangnya tenaga kerja petani karena semua dijadikan pekerja romusha, banyaknya penebangan hutan liar. Dan wajib menyerahkan hasil bumi).
  • Jepang mengambil secara paksa seluruh persediaan makanan, pakaian dan perbekalan dari tangan rakyat Indonesia tanpa keringanan.
  • Terjadinya krisis ekonomi atau inflasi yang sangat menyengsarakan seluruh rakyat Indonesia.
  • Terputusnya hubungan antara daerah akibat adanya self-sufficiency.
  • Kegiatan ekonomi negara Indonesia diarahkan untuk kepentingan perang. Sehingga seluruh potensi SDA dan bahan baku mentah lainnya digunakan untuk industri Jepang.
  • Penerapan adanya sanksi berat oleh Jepang yang menerapkan sistem ekonomi yang sangat ketat.
  • Menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan Perang Jepang.                                                                                                                                                                                                                3. Bidang sosial
  • 1 dampak negatif romusha adanya praktik perbudakan wanita yang mana banyak wanita Indonesia dijadikan sebagai wanita penghibur bagi tentara Jepang.
  • Kegiatan romusha di Indonesia membuat rakyat sengsara dan mengalami kemiskinan berat, kelaparan, terjangkit penyakit dan kematian.
  • Pembatasan pers sehingga tidak ada pers independent yang semuanya diawasi oleh penjajah Jepang.
  • Terjadi kondisi yang parah dan maraknya tindakan kriminal seperti pemerkosaan, perampokan dan lainnya.                                                                                                                                                                                                                                                        4. Bidang pendidikan
  • 1 dampak negatif romusha dari bidang pendidikan oleh penjajah Jepang di Indonesia adalah banyak guru yang dipekerjakan sebagai pejabat. Sehingga terjadi kemunduran standar pendidikan secara tajam di negara Indonesia bagi generasi penerus bangsa.                                                                                                                                                                                5. Bidang birokrasi dan militer
  • dampak romusha dari bidang militer pelanggaran HAM terjadi. Karena tentara Jepang menghukum keras orang-orang yang menentang perintah dari penjajah Jepang.

Dampak Positif Romusha

  1. Bidang politik dan Ekonomi
  • dampak romusha di berbagai daerah dari segi dampak positif bidang politik melarang penggunaan bahasa belanda dan mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia.
  • Terbentuknya persiapan kemerdekaan Indonesia yakni BPUPKI dan PPKI hingga muncul dasar negara Pancasila.
  • Mendukung adanya semangat anti-belanda.
  • Memberikan kesempatan bangsa Indonesia ikut dalam kegiatan pemerintahan politik.
  • Terbangunnya jalan di Indonesia peninggalan kegiatan romusha dan penjajah Jepang.                                                                                                                                                                                                                                                                                            2. Bidang sosial
  • dampak romusha dari sisi positif berkembangnya kerja bakti massal melalui kinrohosi.
  • Muncul sikap persatuan dan kesatuan dalam mengusir penjajah di negara Indonesia.
  • Bangsa Indonesia memiliki perubahan kesadaran dan keyakinan yang tinggi untuk menjaga harga dirinya.
  • Pembentukan strata masyarakat dari yang paling tinggi hingga bawah yaitu adanya rukun tetangga (RT). Ini sebagai dampak romusha di berbagai daerah dari sisi positif yang terbentuk hingga detik ini.                                                         3. Bidang budaya
  • dampak romusha dari sisi positif terbentuknya lembaga pusat Kebudayaan tanggal 1 April 1943 yang hingga saat ini mewadahi aktivitas kebudayaan Indonesia.
  • Pembentukan persatuan Aktris Film Indonesia (PERSAFI) yang bertujuan mendorong aktris-aktris profesional yang ada di Indonesia.

 

         4. Bidang birokrasi dan militer

  • Jepang memberikan pelatihan militer kepada seluruh pemuda Indonesia dan memberikan senjata pemuda demi keperluan perang Jepang. Dimana pemuda Indonesia mengikuti organisasi seperti keibodan, heiho, suisintai dan lainnya.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai dampak romusha di berbagai daerah yang harus anda ketahui baik dari sisi negatif atau pun positif.  Hal ini yang menumbuhkan semangat bangsa Indonesia untuk setiap menjaga kemerdekaan negaranya agar tidak dijajah seperti dahulu kala.  Rasa persatuan dan kesatuan pun tumbuh pada setiap diri bangsa Indonesia.  Seperti contoh yang paling murah adanya kegiatan kerja bakti atau gotong royong untuk kepentingan bersama agar pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.  Semua ini berkat adanya kegiatan romusha yang ternyata mencerminkan dan memberikan gambaran bahwa semua pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan jauh lebih baik.  Pastinya bekas atau rasa sakit yang pernah ditinggalkan pada kegiatan romusha atau kerja paksa.  Membuat bangsa Indonesia dengan sepenuh hati berusaha keras menjaga bangsa ini dari ketertinggalan dan berusaha menjadi bangsa yang mandiri, maju dan jauh lebih berprestasi.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *