CONTOH KONSOLIDASI ANTARA SUKU BANGSA DENGAN AGAMA

  • Whatsapp
sumber: https://www.freedomnesia.id/konsolidasi/

Anda sedang mencari info yang mengulas mengenai contoh konsolidasi sosial antara suku bangsa dengan agama. Berikut ulasannya. KLIK DISINI!

Contoh konsolidasi sosial antara suku bangsa dengan agama – Seperti yang kita tahu konsolidasi adalah suatu proses penguatan atau peneguhan keanggotaan individu atau beberapa kelompok yang berbeda dalam suatu kelompok sosial.  Melalui cara rumpang tindih keanggotaan.  Selain itu struktur sosial yang terkonsolidasi berfungsi untuk menghambat proses intergrasi sosial. Dalam masyarakat majemuk karena terjadinya penguatan identitas yang ada dalam batas – batas tertentu. Dan akan mempertajam prasangka antara ras, suku bangsa, agama yang berbeda.  Selain itu penajaman prasangka akan semakin merata bila ras, suku bangsa, agama yang berbeda ini terjadi pula perbedaan peluang untuk memperoleh kesempatan dalam pemenuhan kebutuhan hidup melalui proses ekonomi.  Selain itu memperoleh jabatan dan kekuasaan dalam politik. Dengan begitu timbul sebuah kesenjangan ekonomi dan sosial. Akan tetapi pengertian konsolidasi secara umum, adalah suatu tindakan atau upaya yang dilakukan untuk menyatukan, memperkuat dan memperteguh hubungan antara dua kelompok atau lebih sehingga berbentuk suatu persatuan yang jauh lebih kuat.  Tujuan untuk dilakukan konsolidasi adalah untuk mempersatukan setiap elemen yang dimiliki kesamaan tertentu.  Seperti asal daerah, kelompok, agama yang memiliki tujuan yang sama. Untuk istilah konsolidasi sebenarnya banyak digunakan pada berbagai bidang kehidupan.  Baik itu sosial antar suku bangsa dan agama, bisnis, akuntasi, dan lainnya.

sumber: https://www.freedomnesia.id/konsolidasi/

Contoh Konsolidasi Sosial Antara Suku Bangsa Dengan Agama

Sebuah konsolidasi tentunya memiliki tujuan, adapun target yang diharapkan dari adanya konsolidasi adalah mempersatukan setiap elemen yang memiliki kesamaan. Misalnya saja asal daerah, asal suku bangsa, agama yang memiliki kesamaan visi. Dengan demikian dapat disimpulkan sesuai penjelasan di atas. Konsolidasi memiliki pengertian sebagai suatu upaya yang dilakukan untuk memperkuat, memperteguh, dan mempersatukan atau juga bisa menghubungkan beberapa hal menjadi satu. Agar memperoleh pengertian lebih mendalam tentang konsolidasi, perlu kiranya mengetahui penjelasan konsolidasi dari beberapa ahli.  Berikut beberapa ulasannya diantaranya:

  1. KBBI

Konsolidasi ini memiliki makna meleburnya dua perusahaan atau lebih menjadi sebuah perusahaan dengan visi yang sama.

  1. Peraturan pemerintah

Konsolidasi adalah penggabungan dua bank atau lebih yang kemudian mendirikan bank baru dan setelahnya membubarkan bank lama tanpa adanya likuidasi terlebih dahulu.

  1. Rudi prasetia

Konsolidasi adalah sebagai pembubaran dua bahkan lebih perusahaan dan kemudian digantikan dengan perusahaan baru.  Setiap perusahaan yang dibubarkan akan melebur menjadi satu perusahaan.

  1. Roman Nurbawa

Konsolidasi ini adalah pembubaran dua atau lebih perusahaan. Selanjutnya digantikan oleh perusahaan baru secara finansial berarti mengambil alih seluruh aset yang dimiliki oleh perusahaan sebelumnya.

  1. Aliminsyah

Konsolidasi ialah penggabungan usaha antara dua perusahaan bahkan bisa lebih.  Untuk meneruskan kegiatan usaha. Dan dari penggabungan tersebut maka dibentuk suatu perusahaan baru. Dan selanjutnya semua perusahaan yang sudah digabungkan tadi secara otomatis menghentikan kegiatannya.

Selain dapat kita temukan contoh konsolidasi sosial antara suku bangsa dengan agama, ternyata istilah konsolidasi ini juga sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.  Berikut ini merupakan pengertian konsolidasi di beberapa bidang diantaranya:

  1. Konsolidasi di bidang tanah

Untuk konsolidasi di bidang tanah adalah upaya dalam menata kembali penguasaan dan penggunaan tanah.  Serta pengadaan tanah dengan tujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan tanah yang melibatkan peran aktif masyarakat.  Selain itu konsolidasi tanah ini memang diharapkan mampu menata penguasaan dan penggunaan tanah secara tertib.  Tidak hanya itu, konsolidasi ini juga dapat membentuk pengalokasian tanah dalam pembangunan sarana fisik misalnya sekolah, jalan dan rumah sakit.

  1. Konsolidasi di bidang mekanika tanah

Merupakan suatu proses pengecilan volume secara perlahan – lahan atau sedikit demi sedikit pada tanah jenuh sempurna yang memiliki permeabilitas rendah dikarenakan adanya pengaliran sebagian air pori.  Bisa juga diartikan bahwa konsolidasi mekanika tanah merupakan terperasnya air tanah yang disebabkan oleh beban kerja.

  1. Konsolidasi di sektor sosial

Merupakan suatu cara untuk melakukan penguatan keanggotaan masyarakat di dalam kelompok sosial tersusun dari bermacam – macam elemen. Misalnya seperti contoh suku, status sosial, agama, gender, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Konsolidasi di bidang akuntasi

adalah penggabungan laporan semua aset ekutasi, kewajiban, serta akun –  akun operasional dari suatu perusahaan induk dan perusahaan anak dalam bentuk laporan keuangan.

  1. Konsolidasi di sektor bisnis

dapat diartikan sebagai sebuah peleburan dua bahkan lebih perusahaan menjadi sebuah perusahaan baru. Dimana perusahaan hasil konsolidasi tersebut memegang alih semua hak serta kewajiban dari setiap perusahaan yang sebelumnya.

Jadi inti dari pengertian konsolidasi ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperteguh, memperkuat, dan mempersatukan serta menghubungkan beberapa hal menjadi satu. Untuk konsolidasi ini memiliki beberapa karakteristik tertentu yang membedakannya dengan proses penggabungan perusahaan dengan cara lain.  Dan berikut ini adalah ciri – ciri konsolidasi sebagai berikut ini diantaranya:

  1. Sebuah perusahaan baru hasil konsolidasi akan memiliki status badan hukum pada tanggal diterbitkannya keputusan. Menkumham tentang sebuah perusahaan yang meleburkan diri tanpa proses likuidasi.
  2. Konsep akta konsolidasi yang telah disetujui oleh RUPS memang akan dituangkan dalam akta konsolidasi yang dibuat di hadapan notaris dengan menggunakan bahasa indonesia.
  3. Semua pasiva dan aktiva perusahaan yang digabungkan tersebut akan secara otomatis akan beralih pada peusahaan baru.
  4. rancangan konsolidasi dan konsep akta konsolidasi harus disetujui oleh RUPS pada setiap perorangan.
  5. Untuk perusahaan baru yakni hasil peleburan beberapa perusahaan tersebut harus memiliki status badan hukum yang baru
  6. Terjadi peleburan atau penggabungan dua perusahaan atau lebih dengan membentuk perusahaan yang baru.
  7. Dan setiap perusahaan lama yang dileburkan akan dibubarkan tanpa melalui proses likudasi.

Sedangkan di bawah ini ada beberapa Contoh konsolidasi sosial antara suku bangsa dengan agama yang ada di sekolah. Karena seperti yang kita tahu bukan, konsolidasi ini tidak lepas dari lingkungan sekolah, terdapat berbagai upaya konsolidasi yang dilakukan dalam lingkungan di sekolah.

  1. Konsolidasi dalam peningkatan profesional guru

Untuk konsolidasi ini memang bertujuan untuk meningkatkan profesional guru yang dapat mengikuti perkembangan pendidikan di setiap zaman.  Selain itu peran guru menjadi vital dikarenakan guru yang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar.  Hal tersebut juga akan memperkuat peran guru dalam pendidikan siswa baik secara moral dan intelektual.

  1. Konsolidasi pengadaan sarana prasarana sekolah

Untuk konsolidasi ini sangatlah penting. Hal tersebut dapat dijadikan upaya untuk lebih memaksimalkan proses terwujudnya sarana dan prasarana.  Konsolidasi ini juga dapat memaksimalkan proses terwujudnya sarana dan prasarana.  Untuk konsolidasi yang satu ini dapat menjadi sebuah upaya dalam mempercepat proses pengadaan evaluasi, efisiensi pengadaan serta hal lainnya sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian beberapa Contoh konsolidasi sosial antara suku bangsa dengan agama ini semoga dapat menambah pengetahuan kalian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *