MENGETAHUI CONTOH KATA PENGHUBUNG ANTAR KALIMAT DAN JENISNYA

  • Whatsapp

Sedang mencari informasi mengenai contoh kata penghubung antar kalimat, jenis beserta dengan ciri—cirinya? Dapatkan informasi anda dengan mudah KLIK DISINI!

contoh kata penghubung antar kalimat– Kata penghubung atau biasa di sebut juga dengan konjungsi merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan antar kata dalam sebuah kalimat atau antara kalimat yang ada dalam sebuah paragraf. Arti sempit dari konjungsi juga bisa di sebut sebagai kata penghubung dalam suatu unsur dengan unsur yang lainnya. Yang mana diantaranya ada konjungsi antar klausa, konjungsi antar kalimat dan konjungsi antar paragraf. Konjungsi antar kalimat sendiri selalu memulai kalimat baru dengan huruf pertama menggunakan huruf kapital. Konjungsi antar kalimat sendiri juga terdiri dari beberapa jenis. Yang mana pastinya dengan tujuan berbeda dan kalimat yang berbeda—beda pula. Jika kalian belum tahu yang jelas apa yang di kata penghubung antar kalimat, maka di sini kami akan menjelaskan mengenai konjungsi antar kalimat, beserta dengan contoh kata penghubung antar kalimat dan juga dengan jenis—jenis dari kata penghubung antar kalimat. Namun secara jelas konjungsi antar kalimat merupakan salah satu kata sambung yang di gunakan untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lainnya.

sumber : https://www.sekolahan.co.id/konjungsi-pengertian-jenis-jenis-dan-contoh-konjungsi-paling-lengkap/

Ketahui Contoh Kata Penghubung Antar Kalimat

Berikut ini adalah beberapa contoh mengenai konjungsi antar kalimat. Adapun diantaranya adalah:

  1. Kami telah melarang anak—anak itu untuk tidak bermain di sungai saat musim penghujan, namun anak—anak itu tetap nekat bermain di sungai. Oleh karena itu, anak—anak pun saat ini merasakan akibatnya karena hampir terseret aliran sungai yang deras (menyatakan akibat)
  2. Jika kamu sudah setuju dengan persyaratan yang ada di perusahaan tersebut. Dengan demikian, kamu harus siap untuk mematuhi semua peraturan yang sudah di setujui bersama dan menanggung risikonya. (Menyatakan konsekuensi)
  3. Pak polisi memberhentikan pengendara yang tidak mematuhi rambu—rambu lalu lintas. Sebelum itu, juga hari kemarin pak polisi sudah banyak memberhentikan pengendara yang tidak mematuhi peraturan rambu—rambu lalu lintas. (menyatakan kejadian yang mendahului hal yang di nyatakan sebelumnya)
  4. Saat ini banjir sudah surut dan kita bisa pindah dari tempat evakuasi ke rumah masing—masing. Akan tetapi, kita tetap harus waspada. (Menyatakan pertentangan dengan keadaan sebelumnya)
  5. Di wilayah pinggir pantai saat ini banyak di bangun warung—warung kecil. Bahkan, saat ini sudah ada pembangunan restoran bintang lima di wilayah pinggir pantai (menyatakan menguatkan keadaan yang dinyatakan sebelumnya)
  6. Tahun ini jakarta di landa banjir besar. Sesungguhnya bencana ini sudah di ramal sejak tahun kemarin (Menyatakan keadaan yang sebenarnya)
  7. Kita jangan terus menerus melakukan pembuangan sampah di wilayah tersebut. Sebaiknya kita mencari tempat khusus yang mana tepat untuk pembuangan sampah agar tidak terjadi musibah (Menyatakan kebalikan dari penyataan sebelumnya)
  8. Saya menyambut tamu pagi ini dengan suka cita, Tambahan pula, ada bapak ketua yang hadir di acara saya (Menyatakan hal atau peristiwa situasi lain di luat yang sudah di nyatakan sebelumnya)
  9. Saya akan memulai perjalanan dari titik 0 KM. Sesudah itu kami akan beristirahat setelah berjalan 2 KM (Menyatakan lanjutan dari kalimat sebelumnya)
  10. Saya kurang setuju dengan jawaban yang di berikan. Biarpun begitu saya tetap menghargainya (Menyatakan pertentangan dengan apa yang sudah di nyatakan dalam kalimat sebelumnya)

Mengetahui Jenis—Jenis Beserta Contoh Kata Penghubung Antar Kalimat

Berikut ini adalah beberapa jenis—jenis mengenai konjungsi antar kalimat. Juga dengan beberapa contoh kata penghubung antar kalimat yang bisa anda ketahui. Adapun diantaranya adalah:

  1. Kata hubung yang di gunakan untuk menyatakan sebab akibat

Kata hubung yang di gunakan untuk jenis kata penghubung sebab akibat adalah: Oleh sebab itu dan oleh karena itu

Contoh:

Saya sudah melarang anak—anak untuk pergi ke hutan terlarang, tetapi anak—anak tetap nekat untuk pergi. Oleh sebab out, anak—anak pun tersesat dan bisa di temukan setelah 2 hari pencarian.

  1. Kata hubung yang di gunakan untuk menyatakan pertentangan dengan keadaan sebelumnya

Kata hubung yang di gunakan untuk jenis kata hubung pertentangan adalah: Namun dan akan tetapi

Contoh:

Situasi di kampung kota gede sudah aman. Akan tetapi kita juga tetap harus waspada jika sewaktu—waktu ada tindakan kejahatan atau pencuri yang muncul.

  1. Kata hubung yang di gunakan untuk menyatakan konsekuensi

Kata hubung yang di gunakan untuk jenis kata hubung konsekuensi adalah: dengan demikian

Contoh:

Kamu yang sudah membuat peraturan untuk tidak terlambat saat kerja. Dengan demikian kamu juga harus mengikuti semua peraturan yang sudah kamu buat sendiri.

  1. Kata hubung yang di gunakan untuk menyatakan kejadian yang sudah mendahului hal yang dinyatakan sebelumnya.

Kata hubung yang di gunakan untuk jenis kata hubung menyatakan kejadian adalah: Sebelum itu.

Contoh:

Bapak sudah mendapatkan banyak pelanggan dari siang tadi. Sebelum itu bapak pagi—pagi juga sudah mendapatkan pelanggan dan membeli banyak barang—barang yang ada di toko.

  1. Kata hubung yang di gunakan untuk menyatakan sebuah pertentangan dengan kalimat sebelumnya

Kata hubung yang di gunakan untuk jenis kata hubung pertentangan adalah: biarpun, sekalipun, walaupun, meskipun degan sambungan kata demikian / begitu.

Contoh:

Sebenarnya saya tidak mau untuk menghadiri acara pesta ulang tahun Ana. Biarpun begitu saya tetap hadir untuk menghargai undangan yang sudah di berikan kepada saya.

  1. Kata hubung yang di gunakan untuk menyatakan adanya hal, peristiwa, atau keadaan lain di luar dari hal yang sudah di nyatakan sebelumnya.

Kata hubung yang di gunakan untuk kata hubung jenis ini adalah: Tambahan pula, lagi pula, selain itu.

Contoh:

Hari ini kami sangat bersemangat menjalankan kegiatan olahraga sekaligus outbound. Tambah pula dengan kicauan burung yang sangat merdu dan indah.

  1. Kata hubung yang di gunakan untuk menyatakan sebuah keadaan yang sebenarnya:

Kata hubung yang di gunakan untuk jenis ini adalah: Sesungguhnya, sebenarnya, bahwasanya.

Contoh:

Banyak orang yang sudah mengira dia adalah seorang pencuri. Sebenarnya dialah yang sudah menangkap pencuri hanya saja dia yang justru dihajar masa.

  1. Kata hubung yang di gunakan untuk menyatakan kebalikan dari apa yang sudah di nyatakan sebelumnya

Kata hubung yang di gunakan untuk jenis ini adalah: Sebaliknya

Contoh:

Kita jangan terus menerus menebang pohon. Sebaliknya kita harus tetap menanam pohon agar tidak terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh kata penghubung antar kalimat, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *