CONTOH KALIMAT IKLAN YANG MENARIK BESERTA PENGERTIAN IKLAM DALAM BAHASA INDONESIA

  • Whatsapp
sumber: https://www.mikirbae.com/2018/03/ciri-ciri-bahasa-iklan-elektronik.html

Ingin mengetahui pengertian iklan, ciri, tujuan, unsur, jenis, dan juga dengan contoh kalimat iklan yang menarik? Dapatkan informasi anda dengan KLIK DISINI!

Contoh kalimat iklan yang menarik– Apa yang di maksud mengenai iklan? Iklan adalah sebuah informasi yang di bentuk seorang, lembaga, instansi, perusahaan yang mana menggunakan isi berupa pesan yang menarik. Tujuannya tentu untuk menarik perhatian bagi pihak lain yang di tuju. Maksud dalam pembuatan iklan sendiri adalah membujuk atau mendorong masyarakat agar tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang di tawarkan tersebut. Kebanyakan iklan sendiri akan di pasang pada sebuah media, baik secara online maupun dengan offline. Beberapa media yang kerap di gunakan dalam memasang iklan adalah koran, majalah, tabloid, televisi, situs, berita, blog, media sosial, mesin pencarian, dan berbagai tempat umum lainnya. Iklan sendiri memiliki bentuk informasi yang mana nin personal mengenai produk, jasa, perusahaan, merek dan berbagai hal lainnya dengan kompensasi biaya tertentu. Yang pastinya tujuan utamanya adalah menarik perhatian bagi orang untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang di buat oleh si pembuat iklan tersebut. Dari iklan tersebut juga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan terbaik.

sumber: https://www.mikirbae.com/2018/03/ciri-ciri-bahasa-iklan-elektronik.html

Ciri, Manfaat, Tujuan, Unsur, Syarat, Jenis Dan Contoh Iklan Yang Menarik Yang Perlu Anda Ketahui

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) iklan adalah sebuah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang / jasa yang di tawarkan. Bahkan juga perlu anda ketahui jika iklan pun memiliki ciri, Manfaat, tujuan, unsur dan jenis. Agar anda bisa mendapatkan jelasnya pengertian iklan dan berbagai hal lainnya. Maka ketahui juga dari beberapa bagian penting dalam sebuah iklan. Adapun diantaranya adalah:

  • Ciri—ciri dalam iklan

Dan tentunya semakin mudah untuk bisa mengenali dari sebuah iklan, dimana anda bisa mengenai karakteristik tersebut dengan mudah apakah itu informasi iklan atau tidak. Adapun beberapa ciri—ciri dari iklan adalah:

  1. Informasi yang akan di terima secara komunikatif dan informatif.
  2. Iklan menggunakan kata—kata yang lebih menarik.
  3. Menggunakan kata atau basa yang tepat, logis, sopan dan mudah di mengerti target masyarakat dari iklan.
  4. Memberikan penjelasan mengenai produk / jasa juga cara kerja produk / jasa tersebut.
  • Manfaat dalam iklan

Dalam sebuah iklan pun tentu saja akan memberikan manfaat yang terbaik bagi seorang yang membuat iklan tersebut. Ada beberapa manfaat yang umumnya di dapatkan bagi orang yang melakukan iklan. Adapun manfaat tersebut adalah:

  1. Produk dan jasa yang di tawarkan bisa di kenal oleh masyarakat yang lebih luas.
  2. Banyak konsumen baru yang menggunakan produk atau jasa sehingga meningkatkan penjualan produk / jasa yang sudah di iklankan.
  3. Keuntungan bagi pihak yang melakukan iklan pun semakin meningkat dari penjualan produk atau jasa yang sudah di iklankan.
  4. Brand yang sudah di iklankan pun menjadi sebuah merek bagi masyarakat luas sehingga mudah mengidentifikasi produk tersebut.
  • Tujuan dalam iklan

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, dimana iklan secara garis besar memiliki tujuan untuk membujuk atau mendorong seorang atau pihak yang di tuju agar menggunakan produk atau jasa yang di tawarkan. Dan dari pengertian di atas, dalam sebuah iklan pun memiliki tujuan tersendiri. Adapun beberapa tujuan dalam pembuatan iklan adalah:

  1. Memberikan infromasi mengenai produk atau jasa, merek, perusahaan atau sebuah ide. Yang mana iklan menggunakan bahasa yang lebih persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk atau jasa yang di tawarkan tersebut.
  2. Memberikan pengaruh kepada orang lain atau target yang di tuju untuk menggunakan, membeli produk atau jasa yang di tawarkan kepada yang sudah di tuju.
  • Unsur dalam iklan

Iklan sendiri memiliki 2 unsur, dan adapun unsur dari iklan tersebut adalah:

  1. Kalimat deskriptif

Dimana di gunakan untuk menguraikan produk atau jasa yang di iklankan.

  1. Kalimat persuasif

Bertujuan untuk membujuk, mempengaruhi target masyarakat untuk menggunakan produk atau jasa yang sudah di iklankan.

  • Syarat dalam iklan

Agar iklan bisa di katakan baik dan menarik perhatian bagi banyak orang, maka dalam sebuah iklan haru mengandung syarat—syarat sebagai berikut ini:

  1. Iklan tentunya harus bersifat objektif, proporsional serta jujur.
  2. Dalam sebuah iklan pun juga harus berisi sebuah informasi jelas, padat dan mudah di pahami bagi banyak orang.
  3. Iklan di kemas sebaik mungkin untuk menarik perhatian bagi orang yang di tuju.
  4. Iklan tidak bisa menyinggung, menyakiti bahkan merendahkan pihak maupun dengan produk yang lainnya.
  • Jenis iklan

Dalam sebuah iklan pun masih terdapat beberapa jenis iklan yang berdasarkan isi, media dan sifat iklan tersebut. Adapun beberapa jenis iklan yang bisa anda ketahui adalah:

  1. Iklan berdasarkan isi
  2. Iklan pemberitahuan, dimana iklan bertujuan untuk memberi tahu sebuah informasi atau pemberitahuan.
  3. Iklan penawaran, iklan ini di gunakan untuk menawarkan jasa atau barang kepada banyak orang.
  4. Iklan masyarakat, Di tujukan untuk memberikan informasi pencerahan kepada masyarakat mengenai suatu isu atau hal tertentu. Yang mana iklan layanan masyarakat biasanya di buat oleh lembaga atau instansi pemerintah.
  5. Iklan berdasarkan media
  6. Media cetak, iklan ini di pasang pada dengan teknik cetak baik dalam bentuk laser, sablon, letter press dan masih banyak lagi. Seperti contoh dengan majalah, KR, Tabloid dan masih banyak lagi,
  7. Iklan elektronik, Iklan ini berbasis penggunaan perangkat elektronik yang perupa radio, televisi, film dan berbagai media digital yang menggunakan internet.
  8. Iklan berdasarkan tujuan
  9. Iklan komersial, Dimana untuk kebutuhan mencari keuntungan ekonomi dan meningkatkan penjualan. Jenis iklan ini ada 2 yaitu iklan konsumen, iklan bisnis dan iklan profesional.
  10. Iklan Non-komersial, Di buat untuk memberikan informasi, ajakan, edukasi terhadap masyarakat. Dimana iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi namun keuntungan sosial bagi semua masyarakat.

Inilah Beberapa Contoh Kalimat Iklan Yang Menarik

Untuk lebih jelas mengenai pengertian dan juga contoh iklan yang menarik, maka ketahui beberapa contoh iklan di bawah ini. Adapun beberapa contoh yang bisa anda ketahui adalah”:

  1. Produk baju kemeja dari wiwik online shop dengan desain up to date, bahan yang nyaman, harga terjangkau, berkualitas dan pastinya bergaransi.
  2. Dapatkan discount akhir tahun dengan membeli 2 pasang sepatu dan dapatkan gratis 1 pasang sepatu.
  3. Manisnya kopi goodday bikin hari—harimu makin berwarna selalu ada kejutan di tiap cangir kopi goodday. Karena hidup perlu banyak rasa!!!
  4. Catering bantul siap melayani pesanan antar gedung perkantoran, perumahan dan pabrik di bantul. Melayani catering prasmanan, serta menu pondokan untuk pernikahan.
  5. Selamatkan anak—anak dari bahaya penyalahgunaan Narkoba.
  6. Matikan rokok anda sekarang, sebelum rokok mematikan anda dan orang di sekitar anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *