PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT EFEKTIVITAS DALAM BAHASA INDONESIA

  • Whatsapp
sumber: https://infoana.com/kalimat-efektif/

Anda mencari informasi contoh kalimat efektivitas beserta dengan pengertiannya dalam bahasa indonesia? Dapatkan informasi anda dengan mudah KLIK DISINI!

Contoh kalimat efektivitas – Efektivitas sendiri adalah suatu keadaan yang mana menunjukkan sebuah keberhasilan atau tingkat keberhasilan yang mana sudah di capai dalam sebuah tujuan dan di ukur dengan kualitas, kuantitas, waktu yang mana disesuaikan dengan rencana sebelumnya. Ada juga yang memberikan penjelasan jika efektivitas adalah suatu tingkat keberhasilan yang di hasilkan baik seseorang maupun organisasi yang mana menggunakan cara tertentu dan sesuai dengan tujuan yang hendak di lakukan. Yang mana jika rencana berhasil dan sesuai dengan susunan di anggap semakin lebih efektif. Namun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, efektivitas adalah daya guna, keaktifan sertanya adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan yang mana antara seseorang dalam menjalankan tugas dan mendapatkan hasil yang mencapai sesuai dengan tujuan. Untuk efektivitas pun juga memiliki rumus sendiri. Dimana “efektivitas = (output aktual / output target) lebih dari sama dengan 1” dengan ketentuan. Jika hasil perbandingan output aktual dengan output target kurang dari 1 maka efektivitas tidak tercapai. Sedangkan dengan hasil perbandingan output aktual dengan output target lebih dari sama dengan 1 maka efektivitas tercapai.

sumber: https://infoana.com/kalimat-efektif/

Beberapa pengertian dan contoh kalimat efektivitas dari beberapa ahli

Dan adapun pengertian dari beberapa ahli mengenai efektivitas adalah sebagai berikut ini:

  1. Ravianto

Menurut Ravianto (2014:11) Yang mana efektivitas adalah seberapa baik sebuah pekerjaan yang sudah di lakukan dan sejauh mana hasil yang di keluarkan juga sesuai dengan yang di harapkan. Nah efektif sendiri artinya dimana sebuah pekerjaan yang bisa di selesaikan sesuai dengan rencana baik dalam bentuk waktu, biaya dan mutunya dengan hasil terbaik.

  1. Gibson Et.al

Dan menurut Gibson (Bungkaes 2013:46) ialah penilaian yang mana berhubungan dengan prestasi dari setiap individu, kelompok, dan juga organisasi. Dimana semakin prestasi yang di dapatkan sesuai dengan apa yang di harapkan, maka mereka bisa di nilai semakin efektif dalam menjalankan hal yang sudah di tuju.

  1. Prasetyo Budi Saksono

Dan menurut Prasetyo Budi Saksono, Efektivitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan diantara keluar (output) yang sudah di capai dan sudahkah sesuai dengan harapan dengan jumlah pemasukan (Input) dalam suatu perusahaan atau perseorangan.

  1. Sondang P. Siagian

Menurut Sondang, efektivitas adalah suatu keadaan yang mana memanfaatkan sarana dan prasarana dengan jumlah sumber daya tertentu yang sudah di tetapkan dengan tujuan menghasilkan jumlah barang atau jasa kegiatan yang akan di jalankan seorang atau sebuah perusahaan.

  1. Schemerhon John R, Jr

Kali ini efektivitas adalah sebuah pencapaian yang mana target keluar (output) akan di ukur dengan membandingkan output anggaran Atau OA yang (seharusnya) dengan Output realisasi atau OS(sesungguhnya). Jika OA > OS maka bisa di katakan dengan nilai efektif.

Dan suatu kegiatan atau aktivitas yang bisa di katakan lebih efektif bila sudah memenuhi kriteria tertentu. Dimana efektivitas sendiri berhubungan dengan terlaksananya sebuah tugas pokok, tercapai tujuan, tepat waktu dan adanya usaha yang aktif dari pelaksana tugas tersebut. Juga selain dengan contoh kalimat efektivitas, kali ini kita akan membahas mengenai tolak ukur atau kriteria dari efektivitas itu sendiri. Adapun beberapa hal tersebut sebagai berikut:

  1. Efektivitas keseluruhan, sejauh mana seorang yang menjalankan tugas pokok yang sudah di tentukan.
  2. Produktivitas, Dimana kuantitas dari hasil produk atau jasa yang sudah di hasilkan oleh seorang, kelompok atau dengan organisasi.
  3. Efisiensi, Ukuran keberhasilan yang mana di sesuaikan dengan besarnya sumber daya yang di gunakan guna mencapai hasil yang sudah di tuju.
  4. Laba, Dimana sebuah keuntungan dari penanaman modal yang sudah di pakai untuk menjalankan kegiatan tersebut.
  5. Pertumbuhan, Perbandingan diantara keadaan saat ini dan keadaan sebelumnya. Mulai dari tenaga kerja, fasilitas, laba, modal dan lain sebagainya.
  6. Stabilitas, Sebuah pemeliharaan struktur, sumber daya dan fungsi yang mana dalam waktu khusus dan dalam masa—masa yang sulit.
  7. Semangat kerja, Dimana cenderung ke perseorangan yang memiliki tekat lebih jelas dengan tujuan organisasi tersebut.
  8. Kepuasan dalam kerja, yang mana sebuah timbal balik kompensasi positif yang di rasakan oleh seorang atas peran alam perusahaan, organisasi atau kelompok.
  9. Penerimaan tujuan organisasi, Dari segala tujuan yang sudah di buat pun di terima oleh setiap individu dan unit—unit dalam sebuah organisasi.
  10. Keterpaduan, Yang mana komunikasi dan kerja sama yang di lakukan antar organisasi.
  11. Keluwesan dalam adaptasi, Yang mana kemampuan seorang dalam menyesuaikan terhadap perubahan yang ada.
  12. Penilaian dari pihak luar, dimana penilaian yang di berikan oleh orang lain terhadap individu atau dengan organisasi dari lingkungan sekitar.

Adapun selain pengertian, kriteria dan contoh kalimat efektivitas, ada pun dengan aspek—aspek dalam efektivitas. Beberapa aspek yang bisa anda ketahui adalah sebagai berikut ini:

  1. Aspek peraturan

Dimana sebuah peraturan yang di buat dengan tujuan untuk menjaga kelangsungan sebuah kegiatan yang sudah di rencanakan. Dan peraturan pun tentunya harus si laksanakan agar kegiatan pun lebih efektif.

  1. Aspek fungsi / tugas

Di anggap lebih efektif jika individu atau sebuah organisasi dapat melakukan tugas dan fungsi yang mana sudah di tentukan. Maka dari itu individu maupun organisasi juga wajib mengetahui tugas dan fungsi yang akan dilaksanakan.

  1. Aspek rencana/ program

Dan suatu kegiatan akan di nilai lebih efektif bila mana sebuah rencana yang akan di laksanakan sudah mencapai tujuan yang diinginkan. Dan tentu saja tanpa adanya rencana atau program maka tujuan tersebut tidak akan tercapai.

  1. Aspek tujuan /kondisi ideal

Dimana target yang di capai dalam sebuah kegiatan tersebut berorientasi pada hasil dan proses yang memang sudah di rencanakan.

Mengetahui Beberapa Contoh Kalimat Efektivitas

Dan tahukah anda ada banyak sekali contoh yang bias anda ketahui mengenai kalimat efektivitas. Adapun beberapa contoh yang bisa anda ketahui adalah sebagai berikut ini:

  1. Seorang pekerja di harapkan bisa mencapai target hingga 10 customer dalam setiap harinya. Akan tetapi pada kenyataan seorang pekerja tersebut mampu memberikan pelayanan untuk 12 customer dalam sehari. Tentu saja dengan hal tersebut pekerja memiliki nilai efektivitas kerja yang baik.
  2. Sebuah perusahaan melakukan pemasaran produk melalui sosial media yang mana hasilnya sesuai dengan kriteria yang diinginkan dan tentu memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan hasil penjualan.
  3. Seorang manajer di suatu perusahaan memiliki anggora sebanyak 10 orang dan di perlukan pembagian tugas. Namun seorang manajer tidak mampu membagikan tugas tersebut dengan rata dan jelas. Dan tidak bisa menempatkan posisi tersebut sesuai dengan kemampuan mereka dalam bekerja. Hal ini membuat efektivitas bekerja pun tidak bisa di dapatkan dengan baik.

Setelah anda mengetahui beberapa contoh kalimat efektivitas, di harap anda bisa ketahui dengan baik dari setiap hal yang di kerjakan. Terima kasih sudah membaca artikel di atas, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *