PENGERTIAN CIRI SIFAT PASAR MONOPOLI SERTA KEBAIKAN DAN KEBURUKANNYA LENGKAP UNTUK ANDA

  • Whatsapp
sumber: https://moondoggiesmusic.com/pasar-monopoli/

Di dalam kehidupan sehari-hari, anda tentu sering menemui yang namanya pasar monopoli bukan. Namun ada juga orang yang masih belum mengerti apa sebenarnya pasar monopoli ini. pasar monopoli merupakan sebuah pasar yang hanya ada satu orang penjual produk dan produk yang ada tersebut tidak ada penggantinya. Di dalam keilmuan ekonomi dikatakan bahwa ada yang namanya monopoli. Apabila semua hasil industri diproduksi dan juga dijual oleh satu perusahaan saja. Nah, perusahaan tersebut bisa disebut dengan monopolis atau perusahaan monopoli. Anda tentu saja penasaran bukan apa yang sebenarnya disebut dengan pasar monopoli? Dan bagaimana ciri-ciri dari pasar monopoli itu sendiri beserta contohnya. Tidak perlu bingung, karena pada kesempatan kali ini, semua itu akan diulas beserta kelebihan dan juga kekurangannya. Pada pembahasan kami kali ini akan memberikan anda beberapa ulasan mengenai pasar monopoli yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri, penyebab, jenis, solusi, kelebihan dan juga kekurangan. Nah, agar anda lebih dapat memahami dan mengerti, simak ulasan selengkapnya dibawah ini. Ada beberapa informasi penting untuk anda mengenai pengertian dari pasar monopoli.

sumber: https://moondoggiesmusic.com/pasar-monopoli/

Pengertian Pasar Monopoli

Sebelum kami mengulas lebih jauh mengenai pasar monopoli, alangkah baiknya jika anda memahami secara jelas dan juga mendalam mengenai pengertian dari pasar monopoli itu sendiri. Secara bahasa, monopoli berasal dari kata mono yang artinya adalah satu. Dan kata polist yang berarti penjual. Kata tersebut asalnya adalah dari bahasa Yunani. Pasar monopoli sendiri merupakan salah satu bentuk interaksi antara permintaan dan juga penawaran yang cirinya hanya ada satu produsen maupun produsen tunggal yang menghadapi banyak sekali pembeli atau konsumen. Misalnya saja adalah perusahaan TV kabel lokal yang terdapat di kawasan kota besar yang disebut dengan monopoli. Pasar monopoli ini merupakan suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar tersebut adalah seorang penjual. Konsep dari pasar monopoli, pasar monopoli timbul akibat adanya praktek monopoli yaitu pemusatan kekuatan ekonomi oleh pelaku usaha. Hal tersebut mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan jasa tertentu. Sehingga bisa menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan pastinya juga bisa menimbulkan kerugian. Itulah beberapa pengertian pasar monopoli yang bisa anda ketahui. Selain pengertian dari pasar monopoli, anda juga perlu tahu apa saja ciri-ciri dari pasar monopoli.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Nah, setelah anda tahu tentang pengertian dari pasar monopoli. Maka selanjutnya akan diulas mengenai ciri-ciri pasar monopoli. Suatu pasar akan dianggap sebagai sebuah pasar monopoli jika memenuhi berbagai karakteristik atau ciri berikut.

  • Pasar monopoli adalah industri satu perusahaan

Hal ini rasanya tidak perlu diterangkan lagi kepada pembaca. Sifat ini memang sudah secara jelas dilihat dari definisi monopoli diatas yaitu hanya ada satu saja perusahaan dalam industri tersebut. Dengan demikian, barang maupun jasa yang dihasilkan juga tidak dapat dibeli dari tempat lain.

  • Tidak memiliki barang pengganti yang mirip

Barang yang dihasilkan oleh sebuah perusahan non monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lainnya yang ada dalam sebuah pasar. Aliran listrik adalah contoh dari barang yang tidak memiliki barang pengganti yang mirip. Yang ada hanya barang pengganti yang sangat berbeda sifatnya seperti halnya dengan lampu minyak.

  • Tidak terdapat kemungkinan pasar monopoli masuk ke dalam industri

Salah satu penyebab utama yang menimbulkan perusahaan memiliki kekuasan monopoli adalah tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam sebuah industri. Keuntungan dari perusahaan monopoli ini tidak akan menyebabkan perusahaan-perusahaan lainnya memasuki industri tersebut. Ada beberapa bentuk hambatan masuk dalam pasar monopoli. Ada yang bersifat legal yaitu dibatasi dengan undang-undang. Bahkan ada yang bersifat teknologi yaitu yang digunakan sangat canggih dan tidak akan mudah dicontoh. Selain itu ada juga yang bersifat keuangan yaitu modal yang diperlukan sangatlah besar.

  • Dapat mempengaruhi penentuan harga

Maka dari itu, perusahaan monopoli ini merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar. Maka penentuan harga bisa dikuasainya. Maka dari itu, perusahaan monopoli ini dipandang sebagai penentu harga atau price setter.

  • Promosi iklan kurang diperlukan

Oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan yang ada di dalam industri tersebut. Maka ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan atau promosi. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli sering membuat berbagai iklan atau promosi. Namun, iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli saja. Akan tetapi juga untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.

Kebaikan Pasar Monopoli

Pasar monopoli memang kerap dianggap sebagai sebuah pasar yang bisa mengeksploitasi para kerjanya. Selain itu juga merusak berbagai sumber daya yang menyebabkan masyarakat memberikan tanggap negative akan hal tersebut dan kehadiran dari sebuah perusahaan. Akan tetapi, sebagaimana bentuk pasar secara umum, pasar monopoli ini sesungguhnya juga memiliki beberapa kebaikan, seperti:

  1. Efisiensi serta pertumbuhan ekonomi

Dampaknya adalah riset pengetahuan dan teknologi yang bisa ter danai dengan kemampuan perusahaan. Adanya peningkatan efisien ini juga meningkatkan output yang lebih tinggi dan itu tidak bisa mendorong timbulnya ekonomi lebih luas.

  1. Menghindari adanya produk tiruan dan juga persaingan yang tidak bermanfaat

Ada banyaknya perusahaan pesaing tentu saja akan memunculkan pemborosan dan inefisiensi lantaran perusahaan akan lebih mementingkan keuntungan mereka yang lebih besar.

  1. Memunculkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi

Perlu anda ketahui bahwa pasar monopoli mampu menurunkan biaya produksi. Hal tersebut dapat dimaklumi lantaran di dalam pasar monopoli perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya jual.

  1. Efisiensi di dalam pengadaan barang publik

Melalui pasar, tidak semua barang bisa disediakan dengan lebih efisien lagi. Barang tersebut dikenal dengan istilah barang publik.

Keburukan Pasar Monopoli

Peran dari pasar monopoli selain memunculkan dampak positif atau kelebihan ternyata juga memiliki sisi buruk yang kurang menguntungkan. Nah, berikut ini beberapa keburukan dari pasar monopoli, seperti:

  • Adanya penyimpangan dari alokasi sumber daya

Dengan adanya kekuatan monopoli tersebut, bisa memicu munculnya penyalahgunaan alokasi sumber daya. Perusahaan monopoli yang membatasi produksi dengan sengaja tentu saja bisa memaksimalkan keuntungan.

  • Adanya ketidakadilan atau kesengajaan di dalam pembagian pendapatan

Kekuatan yang dimiliki oleh monopolis tentu saja bisa dimanfaatkan untuk mempengaruhi harga yang ada. Sehingga ia bisa mendapatkan keuntungan yang ada di atas normal. Baik itu di dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Mengurangi kesejahteraan dari konsumen

Setelahnya terjadi peningkatan naiknya harga dari monopolis. Tampaknya juga ada pada konsumen yang harus membayarkan pembelian produk. Sehingga hal tersebut bisa menurunkan kesejahteraan konsumen.

  • Adanya eksploitasi terhadap pekerja dan konsumen

Konsumen akan dirugikan lantaran mereka dipaksa membayarkan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya produksinya. Di sisi lain, gaji pekerja juga akan dibayarkan dengan harga lebih rendah.

  • Kondisi makroekonomi tingkat nasional menjadi memburuk

Dengan tidak adanya persaingan antar perusahaan dapat memicu adanya penurunan kualitas dan juga kuantitas barang produksi.

  • Kondisi perekonomian dunia menjadi memburuk

Perdagangan bebas memang dirasa mampu meningkatkan efisiensi. Akan tetapi dengan adanya berbagai perusahaan multinasional, sudah menjadi perusahaan monopoli secara ilmiah.

Nah, itulah pengertian ciri sifat pasar monopoli serta kebaikan dan keburukannya lengkap yang bisa anda ketahui. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan membantu. Selamat membaca…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *