MENGETAHUI PENGERTIAN, JENIS DAN CIRI—CIRI KALIMAT BERITA

  • Whatsapp
sumber: https://www.sekolahan.co.id/pengertian-kalimat-berita-ciri-ciri-jenis-dan-contohnya-paling-lengkap/

Mencari infromasi mengenai pengertian, jenis, ciri—ciri kalimat berita beserta dengan contohnya? Dapatkan informasi anda dengan KLIK DISINI!

Ciri—ciri kalimat berita – Apakah ada yang belum pernah mendengar mengenai kalimat berita? Tentu siapa saja sudah pernah mendengarnya. Dan untuk lebih jelas mengenai kalimat berita beserta dengan ciri—ciri kalimat berita anda bisa ketahui dengan ulasan artikel kali ini. Kalimat berita adalah sebuah kalimat yang mana isinya berupa pemaparan mengenai peristiwa maupun informasi. Tujuan dalam kalimat berita sendiri adalah memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar mengenai pengumuman atau isi kalimat yang akan di sampaikan kepada si pembaca. Dalam kalimat berita sendiri terdiri dari beberapa jenis juga yang mana ada kalimat berita langsung kalimat berita tak langsung, kalimat berita positive dan juga kalimat berita negatif. Yang mana penyampaian dalam sebuah berita tentunya di lakukan berbeda—beda. Bahkan ada yang di rencanakan maupun tidak di rencanakan. Seperti ketika berita orang meninggal, berita bencana alam tentunya menjadi sebuah berita yang tidak di rencanakan. Namun berita mengenai libur sekolah, berita peresmian gedung tentunya menjadi sebuah berita yang bisa saja di rencanakan. Dari berita pun kita tidak bisa terpengaruh begitu saja. Sebab seperti yang kita ketahui jika berita pun ada yang negatif juga ada yang positive. Maka dari itu kita benar—benar harus selektif dalam mendapatkan infromasi berita. Sebab tidak semua berita benar adanya, kini semakin banyak berita—berita hoax yang sering di jumpai. Terutama dengan penggunaan media sosial.

sumber: https://www.sekolahan.co.id/pengertian-kalimat-berita-ciri-ciri-jenis-dan-contohnya-paling-lengkap/

Mengetuai Ciri—Ciri Kalimat Berita

Berita sudah menjadi salah satu hal yang tidak asing lagi bagi kita saat ini. Dari media cetak seperti dari koran, majalah, dan berbagai media cetak lainnya tentunya kita sering kali menjumpai kalimat berita. Baik dengan berita mengenai alam, seorang, pekerjaan dan berbagai berita lainnya. Akan tetapi sebuah berita pun perlu di pastikan akurat, jangan sampai anda mendapatkan berita hoax yang membuat anda sendiri menjadi korban dari berita tersebut. Untuk itu penting saat ini anda ketahui ciri—ciri dari kalimat berita. Adapun beberapa ciri—ciri dari kalimat berita adalah sebagai berikut ini:

  1. Kalimat berita selalu di awasi dengan huruf kapital dan selalu di akhiri dengan tanda titik.
  2. Dan jika di sajikan dalam bentuk lisan, intonasi berita bersifat datar dan netral.
  3. Kalimat berita berisi sebuah pemberitahuan atau informasi tertentu.
  4. Sebuah kalimat berita wajib memiliki fakta.

Dan itulah ciri—ciri dari kalimat berita. Bila anda mendapatkan berita, namun anda tidak ada faktanya. Tentu berita tersebut tidak bisa di katakan berita, sebab bisa di katakan hanya hoax atau penipuan.

Mengetahui Jenis—Jenis Kalimat Berita

Dan kali ini kita akan membahas mengenai jenis—jenis kalimat berita yang mana agar anda bisa membedakan berita yang anda terima tersebut. Adapun beberapa jenis kalimat berita tersebut adalah:

  1. Jenis Kalimat berita berdasarkan isinya
  • Kalimat berita positif

Kalimat berita positif adalah sebuah kalimat berita yang mana isi dari berita tersebut adalah pemberitahuan mengenai sebuah informasi bukan lagi pengingkaran atau informasi tertentu. Kalimat berita positif juga tidak memiliki kata pengingkaran seperti tidak atau bukan pada kalimat tersebut. Adapun contoh dari kalimat berita positif adalah berikut:

  • Budi adalah pemenang lomba menggambar dan mewarnai tingkat provinsi DIY.
  • Kota bandung sore tadi hujan lebat hingga berakibat banjir yang menggenangi rumah warga.
  • Besok senin depan akan di adakan ujian fisika untuk seluruh kelas X.
  • Hujan beserta angin kencang membuat banyak warna resah.
  • Keluarga Rendy memutuskan untuk pergi berlibur ke Hongkong.
  • Kalimat berita negative

Kalimat berita negative adalah sebuah kalimat berita yang mana isinya sebuah pengingkaran atau penyangkalan atas sebuah informasi tertentu. Tentu saja kalimat berita negatif adalah kebalikan dari kalimat berita positif. Bahkan ciri khas yang di miliki dari kalimat berita negatif adalah dengan kata tidak dan kata bukan. Agar lebih jelas, adapun beberapa contoh dari kalimat berita negatif adalah berikut:

  • Dinda tidak berangkat ke sekolah tadi siang
  • Wanita yang bersama dengan Tiara tadi bukanlah kakaknya namun ibunya.
  • Wiwik Berkata kepada teman sekelasnya jika Indah tidak ikut mengerjakan tugas.
  • Orang yang suaranya merdu itu bukan Dika.
  • Bapak Ibu Guru tidak memberi pengumuman akan hasil ujian hari ini.
  1. Jenis kalimat berita berdasarkan penyampaiannya
  • Kalimat berita Langsung

Kalimat berita langsung adalah sebuah kalimat berita yang mana di gunakan untuk memberikan informasi maupun sebuah peristiwa yang langsung dari ujaran seseorang yang di kembalikan persis seperti aslinya. Dan dalam kalimat berita langsung tentunya memiliki ciri khas, dimana intonasi dari kalimat kutipan yang lebih tinggi di bandingkan dengan kalimat pengiring-nya. Agar lebih jelas, ketahui juga dengan contoh kalimat berita langsung, adapun diantaranya:

  • Ayah berkata, “Adik boleh keluar asalkan pulang sebelum jam 5 sore”.
  • “Kalian harus bisa mengerjakan PR itu untuk memperbaiki nilai”, Kata bu guru.
  • Kakak berkata, “Jangan sampai kamu pulang hujan—hujan”.
  • “Evakuasi korban bencana alam sudah berhasil di lakukan”. Ujar polisi pada konferensi pres.
  • Ibu berkata, “jangan sampai kamu iri kepada orang lain”
  • Kalimat berita tidak langsung

Kalimat berita tidak langsung adalah sebuah kalimat berita yang mana di sampaikan oleh orang lain tidak sama persis dengan pembicara aslinya. Dimana informasi berita tidak langsung di sampaikan kembali namun dengan bahasa yang berbeda akan tetapi isi berita tetap sama. Ciri khas dari kalimat berita tidak langsung ialah memiliki intonasi yang menurut di akhir kalimat. Agar lebih jelas, adapun beberapa contoh kalimat berita tidak langsung adalah sebagai berikut:

  • Menteri perikanan memerintahkan anak buahnya untuk menenggelamkan kapal asing yang berusaha mencuri ikan di perairan indonesia.
  • Ibu sudah menyuruh kakak untuk membantu bersih—bersih rumah besok.
  • Bapak ibu guru akan menghadiri acar perpisahan pada pukul 10:00 WIB.
  • Presiden beserta wakilnya telah di lantik dan dipublikasikan berbagai media sosial.
  • Setelah ayah pulang, kakak akan pergi bermain bersama teman-nya.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian, jenis, ciri dan juga contoh dari kalimat berita. Dan kesimpulannya ialah berita adalah sebuah kalimat yang di gunakan untuk memberikan informasi atau peristiwa. Berita yang baik wajib memiliki sebuah fakta, juga memiliki informasi tertentu. Dalam sebuah berita terdiri dari berita langsung, berita tidak langsung, berita positif dan berita negative. Semoga bermanfaat dan bisa menambahkan ilmu pengetahuan. Terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *