CIRI CIRI IDEOLOGI AGAMA

  • Whatsapp
sumber: https://www.temukanpengertian.com/2015/08/pengertian-ideologi-agama.html

Anda ingin tahu informasi lebih detail mengenai ciri ciri ideologi agama untuk meningkatkan wawasan anda. Silakan anda klik Disini!

Ciri ciri ideologi agamaPastikan tidak sedikit dari anda akan bertanya apa yang dimaksud dengan ideologi agama.  Maka sebelum mengulas lebih dalam mengenai ideologi agama ini. Maka ada baiknya kita tahu lebih dahulu apa yang dimaksud dengan pengertian ideologi dan agama.  Hal ini tujuannya agar tahu apa itu ideologi dan agama.  Untuk ideologi ini sendiri adalah kumpulan ide – ide dasar, keyakinan, kepercayaan dan gagasan yang bersifat sistematis.  Tentu saja sesuai dengan arah serta tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional sebuah bangsa dan juga negara.  Sedangkan untuk agama adalah sebuah sistem dan ajaran yang mengatur tentang tata keimanan dan kepercayaan dari peribadatan kepada Tuhan yang maha esa.  dan juga tata kaidah yang terkait dengan pergaulan manusia dengan manusia dan lingkungannya.  Lalu apa yang dimaksud dengan ideologi agama?. Dan berikut ini adalah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan ideologi agama dan ciri ciri ideologi agama beserta contohnya.

sumber: https://www.temukanpengertian.com/2015/08/pengertian-ideologi-agama.html
  • Pengertian ideologi agama

Nah, ideologi agama adalah sebuah ideologi yang bersumber pada falsafah agama yang telah tercantum dan memuat dalam kitab suci agama.  Dan agama ini dijadikan sebagai ideologi dalam tataran individu. Dan etika ini berfungsi sebagai suatu proses awal pembentukan identitas.  Dan konstruksi identitas akan memberikan sebuah kesadaran untuk mempercayai segala bentuk kebenaran yang disampaikan oleh agama. Dan jika seseorang penganut agama sudah mempunyai kesadaran akan identitasnya dalam suatu agama.  Membuat komitmennya pada agama tersebut tidak diragukan identitas kelompok (agama) itulah yang dijadikan awal ideologisasi agama bagi para pemeluknya.  Selain itu ideologi sendiri berfungsi untuk memberikan pengaruh kehidupan suatu kelompok agar bisa sesuai dengan apa yang sudah digariskan sejak awal oleh agama tersebut.  Dimana pada tingkat lanjut identitas agama di sisi lain yang dapat memberikan harapan yang besar kepada masyarakat yang menganut nya untuk maju, karena dengan agama dapat membentuk moral personal dan solidaritas yang baik bagi para pemeluk agama.

  • Ciri ciri ideologi agama

  • Semua aspek kehidupan negara berdasarkan agama
  • Hanya satu agama resmi dalam negara
  • Urusan negara dan pemerintah dijalankan berdasarkan hukum agama

Berikut ini adalah contoh negara yang menganut ideologi agama adalah sebagai berikut:

  1. Jepang : Shinto
  2. Tibet: Budha
  3. India : Hindhu
  4. Vatikan di roma: Kristen
  5. Arab saudi : Islam

Ciri Ciri Ideologi Agama Dan Macam – Macam Ideologi Di Dunia

Kita sudah tahu jika setiap negara memiliki paham ideologi sendiri – sendiri.  Apalagi setiap negara mempunyai peran penting dalam sistem ideologi guna mengatur warga negara dan untuk mencapai cita – cita dan tujuan nasional.  Dan salah satu fungsi dari ideologi yaitu sebagai kekuatan yang mampu memberikan semangat yang mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan. dan sudah dibahas di atas jika ideologi ini sendiri merupakan suatu gagasan atau ide.  Dimana ideologi ini dianggap sebagai visi yang komprehensif.  Dan sebagai mana cara memandang segala sesuatu. Secara umum, ideologi diartikan sebagai sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan seluruh anggota masyarakat.  Dan dalam setiap negara memiliki paham ideologi masing – masing.  Dan perbedaan ini terjadi karena setiap negara memiliki perbedaan pandangan dalam menilai suatu kebenaran serta latar belakang sejarah yang berbeda.  Dan berikut ini informasi tentang macam – macam ideologi yang berlaku di dunia, diantaranya:

  1. Pancasila

Pancasila memang digunakan sebagai dasar negara, memiliki kekuatan yang mengikat secara hukum.  Sehingga semua peraturan hukum atau ketatanegaraan yang memang bertentangan dengan pancasila ini harus dicabut.  Dan perwujudan nilai – nilai pancasila sebagai salah satu dasar negara. Ideologi pancasila ini dalam bentuk peraturan perundang – undangan bersifat imperatif (mengikat). baik bagi penyelenggara negara, lembaga kemasyarakatan, lembaga kenegaraan, dan warga negara Indonesia dimana pun berada.  dan hal ini juga berlaku untuk penduduk di seluruh wilayah negara kesatuan republik Indonesia.  Berikut ciri – ciri ideologi pancasila, antara lain sebagai berikut:

  1. Bidang sosial budaya: Dimana pola kehidupan sosial adalah kekeluargaan dan ke gotong royoan.
  2. Bidang ekonomi: Sistem ekonomi yang memiliki tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.
  3. Bidang politik: Semua sistem politik yang dijalankan berdasarkan pancasila.

  1. Anarkisme

Untuk ideologi anarkisme ini adalah suatu paham yang mempercayai bahwa segala bentuk negara dan pemerintahan dengan kekuasaannya adalah sebuah lembaga – lembaga yang menumbuh suburkan penindasan. Terhadap kehidupan, maka dari itu negara dan pemerintahan beserta perangkatnya harus dihilangkan dan juga dihancurkan.  Akan tetapi secara spesifikasi pada sektor ekonomi, politik dan administratif, untuk anarki ini memiliki arti sebagai koordinasi dan pengelolaan. Tanpa adanya aturan birokrasi yang di definisikan secara luas.  Sebagai pihak yang superior dalam wilayah ekonomi, politik dan administratif.

  1. Fasisme

Adalah sebuah paham politik yang mengagungkan kekuasaan absolut tanpa adanya demokrasi.  Dimana dalam paham ini, nasionalisme yang memang fanatik dan juga otoriter memang sangat kentara.  Selain itu kata fasisme ini diambil dari bahasa italia yakni fascio. Untuk kata fascis ini berarti seikat tangkai tangkai kayu. Ikatan kayu ini lalu tengahnya ada kapak nya dan pada zaman kekaisaran romawi dibawah di depan pejabat tinggi.  Untuk fascis ini merupakan simbol daripada kekuasan pejabat pemerintah.

  1. Kapitaslisme

Untuk ideologi kapitalisme ini sendiri adalah suatu paham yang menyakini jika pemilik model bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar – besarnya.  Selain itu kapitalisme memiliki sejarah yang cukup panjang. Yakni sejak ditemukan sistem perniagaan yang dilakukan oleh pihak swasta. Dan di negara eropa, sering dikenal dengan sebutan guild sebagai ceikal baka dari kapitalisme.  Dan salah satu tokoh dari ekonomi kapitalisme ini adalah adam smith.   Dimana paham ini telah menyerang merkantilisme yang dianggapnya kurang mendukung ekonomi masyarakat.  dan beliau menyerang para psiokat yang mengap tanah adalah sesuatu paling penting dalam pola produksi.  Tidak hanya itu gerakan produksi haruslah bergerak sesuai dengan model commodity money. Dimana menjadi suatu hal yang tidak akan pernah berhenti karena uang akan berahli menjadi modal lagi.  Dan akan berputar lagi jika uang tersebut diinvestasikan.  Selain itu adam smith ini juga memandang bahwa ada kekuatan yang tersembunyi yang akan mengatur pasar. Maka pasar ini harus memiliki kebebasan dari intervasi pemerintah.  Pemerintah hanya bertugas sebagai pengawas dari semua pekerjaan yang dilakukan oleh rakyatnya.

  1. liberalisme

Yakni adalah paham yang mengutamakan kebebasan individu sebagai pangkal kebahagiaan hidup.  Selain itu ideologi liberalis ini mulai diperkenalkan di indonesia oleh orang – orang belanda.  Dimana mereka mendukung perjuangan indonesia.  Dan paham ini pun dikembangkan oleh organisasi – organisasi politik di indonesia seperti indiche partij.

Semoga ulasan mengenai Ciri ciri ideologi agama ini bermanfaat untuk anda dan dapat menambah wawasan anda. Selamat membaca!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *