CIRI-CIRI DEMOKRASI PANCASILA DI INDONESIA

  • Whatsapp

Cari informasi ciri ciri demokrasi pancasila yang harus dipatuhi oleh seluruh warga negara Indonesia demi mewujudkan kehidupan masyarakat madani adil makmur!

Sebagai warga negara yang baik anda tentunya harus tahu ciri ciri demokrasi pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Hal ini sesuai dengan sistem pemerintahan yang ada di negara Indonesia dengan sistem demokrasi.  Sesuai asal kata demokrasi tersusun dari dua kata yakni demos yang bermakna rakyat dan kratos yang berarti pemerintahan.  Dimana demokrasi artinya pemerintahan rakyat atau pemerintahan ada di tangan rakyat.  Hal ini pun sudah dijalankan pemerintah dari puluhan tahun lalu Indonesia berdiri.  Pemilihan pemimpin rakyat atau anggota pemerintahan ada di tangan rakyat yang direalisasikan dalam ajang pemilihan umum.  Untuk negara Indonesia sendiri nilai-nilai pokok demokrasi pancasila dan ciri ciri demokrasi pancasila terurai jelas dalam UUD 1945.  Selain ciri ciri demokrasi pancasila pada Undang-Undang Dasar 1945 juga terurai tentang prinsip demokrasi, dan asas demokrasi pancasila.  Berdasarkan UUD 1945 jelas tercantum dimana Indonesia sebagai negara hukum dan sistem pemerintahan konstitusional.  Dasar negara ini sudah disadari oleh seluruh rakyat Indonesia dimana semua pelanggaran akan diselesaikan dengan cara hukum.  Dengan adanya sistem demokrasi pancasila sesuai dengan prinsipnya sebagai negara hukum diharapkan semua warga negara mematuhinya.  Selain itu dalam bertindak warga negara pun memegang penuh aturan Indonesia sebagai negara hukum.  Agar apa yang dilakukan wajar, normal dan tidak menyimpang.  Selain itu ilmu ciri ciri demokrasi pancasila diajarkan sejak dini kepada anak bangsa agar memupuk rasa demokrasi dalam kehidupannya sehari-hari.

sumber: https://wafajeagers.wordpress.com/2017/12/05/demokrasi-pancasila-dan-ciri-cirinya-paling-lengkap/

Apa Saja Ciri Ciri Demokrasi Pancasila Yang Harus Diketahui Dan Dipahami Oleh Seluruh Bangsa Indonesia? Berikut Informasinya!

Pentingnya mengetahui ciri ciri demokrasi pancasila tentunya bermanfaat bagi warga negara Indonesia dalam menjalankan kehidupan bernegara.  Seperti kenyataan dimana bahwa ciri demokrasi pancasila di Indonesia dengan negara lainnya sudah pasti berbeda.  Adanya sistem demokrasi dalam pemerintahan Indonesia bertujuan untuk membentuk stabilitas politik yang dinamis.  Selain itu juga untuk kehidupan warna negara Indonesia mampu memantapkan kehidupan konstitusional dan kehidupan demokrasi.  Pendidikan kehidupan demokrasi dengan ciri ciri demokrasi pancasila sejak dini memang harus dibangun.  Agar anak-anak atau generasi penerus bangsa mampu dengan bijak mencintai negara ini dan patuh pada aturan negara hingga usia dewasa kelak.  Bahkan informasi mengenai apa saja ciri ciri demokrasi pancasila mudah untuk anda temukan melalui media online.  Adanya ilmu online mengenai pembahasan demokrasi pancasila (pengertian, asas, prinsip hingga ciri-ciri demokrasi pancasila tentunya mengikuti perkembangan zaman.  Dimana anak bangsa di era canggih teknologi saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya gadget.  Agar ilmu terus bisa didapatkan maka dengan internet dan website pun mudah untuk tahu apa saja ciri ciri demokrasi pancasila.  Berikut ini ciri-ciri demokrasi pancasila menurut Idris Israil dalam bukunya (2005:52-53):

  1. Ciri ciri demokrasi pancasila yang pertama adalah kedaulatan ada di tangan rakyat. Artinya bahwa kekuasan tertinggi ada di tangan rakyat contohnya jelas pada pemilihan umum kepada pemerintahan negara ini.

 

  1. Kedua ciri ciri demokrasi pancasila selalu berdasarkan asa kekeluargaan dan gotong royong. Kegiatan demokrasi yang dilakukan oleh semua warga negara tidak lepas dari kehidupan gotong royong dan kekeluargaan.  Ini menjadi ciri dan budaya masyarakat Indonesia yang mana diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat seperti adanya kegiatan kerja bakti dll.

 

  1. Ketiga ciri ciri demokrasi pancasila cara pengambilan keputusan bersama dengan cara musyawarah atau mufakat. Hal ini bertujuan jelas untuk mengatur kehidupan rakyat dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama bukan dengan memaksakan kehendak.  Contoh mudahnya adalah pada rapat rukun tetangga untuk pemilihan ketua RT warga negara Indonesia menggunakan sistem mufakat keputusan bersama.

 

  1. Keempat ciri ciri demokrasi pancasila tidak ada partai pemerintahan atau pun partai oposisi. Hal ini penting untuk diketahui warga negara pada ajang pemilihan umum yang secara berkala dilakukan di Indonesia.  Harapannya jelas setelah adanya ajang pemilihan umum dan sudah diputuskan siapa yang menang dan kalah.  Demokrasi Indonesia diwujudkan dengan kondisi netral dan tidak memihak yang begitu fanatik untuk membangun bersama bangsa dan negara.

 

  1. Kelima ciri ciri demokrasi pancasila adalah adanya hak dan kewajiban warga negara Indonesia. Adanya persamaan antara hak dan kewajiban warga negara harus dipahami betul oleh seluruh warna negara agar kehidupan berjalan dengan baik.  Sehingga tidak ada keberpihakan atau ketimpangan antara hak dan kewajiban dari salah satu sisi.  Agar terwujud kehidupan masyarakat yang makmur dan terbentuk masyarakat madani.

 

  1. Keenam ciri ciri demokrasi pancasila adanya saling menghargai Hak Asasi Manusia (HAM). Ini menjadi sebuah ilmu demokrasi yang harus dipahami oleh semua warga negara.  Bahwa setiap orang memiliki HAM sebagai hak dasar yang tidak boleh diganggu gugat oleh siapa pun.  Bahkan oleh negara sekalipun, seperti contoh dalam hak untuk memeluk agama yang dipercaya.

 

  1. Ketujuh ciri ciri demokrasi pancasila ketidak setujuan pada kebijakan pemerintah disalurkan melalui wakil-wakil rakyat duduk di lembaga tinggi negara. Lembaga eksekutif negara ini disebut dengan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) yang mana tidak boleh mendukung adanya demonstrasi.  Karena hal ini akan memicu dan menimbulkan perpecahan antar warga negara di Indonesia.

 

  1. Kedelapan ciri ciri demokrasi pancasila tidak menganut sistem monopartai atau adanya partai tunggal di Indonesia. Hal ini harus dihilangkan karena akan merebut hak politik negara yang bertentangan dengan fungsi partai politik.  Itulah mengapa di negara Indonesia anda pasti menemukan banyak sekali partai politik.  Dengan aturan yang tepat dan sesuai untuk mendirikan partai politik semua warna negara memiliki kesempatan tersebut.  Yang mana memiliki tujuan jelas untuk sama-sama membangun bangsa ini menjadi negara yang lebih baik lagi.

 

  1. Kesembilan ciri ciri demokrasi pancasila pelaksanaan pemilu dilaksanakan secara terbuka dan jujur serta adil. Fungsi pemilu ini sangat dijunjung tinggi oleh negara Indonesia untuk memberikan hak yang sama dan keadilan.  Sehingga untuk pelaksanaan pemilu selain KPU Indonesia memiliki Badan Pengawas Pemilu di setiap daerah.  Tujuannya jelas agar pelaksana pemilu murni dari pilihan hati rakyat bukan karena adanya ajakan (kecurangan) atau money politik.

 

  1. Kesepuluh ciri ciri demokrasi pancasila adalah tidak kenal adanya diktator mayoritas dan minoritas. Artinya bahwa semua warna negara memiliki kedudukan yang sama di berbagai sektor dan bidang.  Sehingga tidak ada perbedaan apapun setiap warna negara.  Contoh mudahnya tidak ada perbedaan dalam pelayanan pada lembaga pemerintahan kepada seluruh warga Indonesia.

 

  1. Terakhir ciri ciri demokrasi pancasila adalah mendahulukan kepentingan rakyat dibandingkan kepentingan umum. Hal ini menjadi ciri demokrasi yang harus dijalankan oleh semua warga negara dalam kehidupan sehari-hari.  Tidak mendahulukan kepentingan pribadi atau golongan namun mendahulukan kepentingan umum yakni semua orang.  Sehingga kehidupan bermasyarakat bisa berjalan dengan baik.

Itulah informasi ciri-ciri demokrasi yang harus diketahui oleh semua warga negara Indonesia.  Yang mana sebaiknya diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.  Agar terbentuk kehidupan masyarakat yang madani, adil dan makmur tanpa perselisihan.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *