CIRI – CIRI DAN CONTOH TINDAKAN ORANG YANG BERFIKIR KRITIS DALAM ISLAM

  • Whatsapp

Mencari info ciri ciri berpikir kritis dalam islam, contoh tindakan orang yang berpikir kritis dalam islam untuk menambah pengetahuan anda. KLIK DISINI!

Ciri ciri berpikir kritis dalam islam, contoh tindakan orang yang berpikir kritis dalam islam sekarang dapat anda temukan dengan mudah di internet.  Dimana anda bisa mencari info nya melalui google. Cukup mengetikkan keyword ciri ciri berpikir kritis dalam islam akan muncul banyak sumber yang dapat anda manfaatkan. Salah satunya pewe.id melalui aplikasi ini anda akan mendapatkan banyak info seputar pengetahuan termasuk contoh tindakan orang yang berpikir kritis dalam islam. Untuk kali ini kami akan memulai membahas mengenai berfikir kritis yang mana dalam hal ini yang dibahas seperti pengertian, ciri aspek, manfaat, unsur, contoh, untuk lebih jelasnya simak beberapa ulasan berikut ini.  Pengertian berfikir kritis adalah kemampuan berfikir yang kompleks dengan menggunakan proses analisis dan evaluasi terhadap suatu informasi yang diterima maupun dalam menyelesaikan permasalahan.  Selain itu berfikir kritis juga dapat diartikan sebagai berfikir untuk mencari kebenaran terhadap informasi yang diterima atau dalam menyelesaikan masalah. Selain itu cara berfikir kritis yaitu secara tenang, jangan emosi, dan dahulukan logika, pahami permasalahan, evaluasi hasilnya, lakukan analisis, dan setelah itu baru mengambil keputusan dan juga tindakan.  Dan berfikir kritis juga dapat dikatakan sebagai proses suatu mental yang terorganisir untuk melakukan analisa dan evaluasi suatu informasi.

sumber : https://www.google.com/search?q=berpikir+kritis+dalam+islam&rlz

Ciri Ciri Berpikir Kritis Dalam Islam Yang Perlu Anda Tahu

Informasi yang diterima saat berfikir kritis bisa didapatkan dari hasil pengalaman dan juga pengamatan. Ataupun dari komunikasi dengan orang lain yang memberi informasi.  Dengan cara berfikir kritis jadi kita tidak mudah percaya dengan informasi yang diterima. Sehingga kita akan melakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut.  Berikut ini ada beberapa ciri ciri berpikir kritis dalam islam yang perlu anda tahu diantaranya:

  1. Pengambilan keputusan berdasarkan keyakinan

Untuk berfikir kritis ini memang digunakan untuk mengevaluasi suatu argumentasi dan kesimpulan. Dan juga memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu pemikiran baru dan alternatif solusi tindakan yang akan diambil.

  1. Dapat berfikir adil dan terbuka

Dengan berfikir kritis kita dapat mencoba untuk berubah dari pemikiran yang salah dan kurang menguntungkan menjadi benar dan lebih baik.

  1. Kemandirian berfikir

Untuk seorang pemikir kritis selalu berfikir dalam dirinya tidak pasif dan selalu menerika pemikiran dan keyakinan orang lain.  Selain itu menganalisis semua isu dan memutuskan secara benar dan dapat dipercaya.

  1. Termasuk bagian dari suatu sikap

Hal ini berkaitan dengan pemahaman dari suatu sikap yang harus diambil berfikir kritis akan selalu menguji. Apakah sesuatu yang dihadapi itu lebih baik atau lebih buruk dibandingkan dengan orang lain.  Dengan begitu mereka akan lebih berhati dan selalu menjaga sikap.

  1. Reflektif

Hal ini dimaksudkan jika pemikir kritis tidak menggunakan asumsi atau persepsi dalam berfikir atau mengambil keputusan.  Tetapi akan menyediakan waktu untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya. Dan hal ini berdasarkan disiplin ilmu, fakta dan kejadian.

  1. Rasional dan beralasan

Hal ini dimaksudkan jika argumen yang diberikan selalu berdasarkan analisis dan mempunyai dasar kuat dari fakta fenomena nyata.

  1. Konseptualisasi

Hal ini dimaksudkan terjadinya proses intelektual membentuk suatu konsep.  Dan sedangkan konsep adalah fenomena atau pandangan mental yang realitas.  Selain itu pikiran – pikiran tentang kejadian, atribut, objek, dan sejenisnya.  Sehingga dengan demikian konseptualisasi merupakan pikiran abstrak yang digeneralisasi secara otomatis.  Dan menjadikan simbol – simbol dan disimpan ke dalam otak.

Contoh Tindakan Orang Yang Berpikir Kritis Dalam Islam

Salah satu contoh tindakan berfikir kritis dalam islam adalah pada saat melakukan musyawarah.  Dimana kegiatan tersebut juga terdapat banyak tindakan yang membutuhkan pemikiran kritis. Di situ seseorang dituntut harus berusaha mengeluarkan berbagai macam ide yang ada di pikiran. Untuk mempertimbangkan oleh seluruh peserta musyawarah.  Dan dalam mempertimbangkan ide ini seseorang juga melakukan berfikir kritis karena hal tersebut menyangkut banyak kepentingan bersama.  Dan apakah itu baik untuk dilaksanakan atau tidak.  Sehingga kegiatan musyawarah tersebut akan menghasilkan pilihan yang paling bijak bagi kebaikan bersama. Selain contoh – contoh berfikir di atas, berikut ini ada beberapa aspek untuk berpikir kritis diantaranya:

  1. Width of understanding

Dalam hal ini dimaksudkan diskusi yang dilaksanakan senantiasa bersifat meluaskan isi atau materi diskusi.

  1. Pratical utility

Hal ini dimaksudkan untuk ide – ide baru yang dikemukakan dan selalu dilihat pula dari sudut kepraktisan atau kegunaannya dalam penerapan.

  1. Critical assessment

Hal ini dimaksudkan dapat melakukan evaluasi terhadap setiap kontribusi. Selain itu masukan yang dating dari dalam dirinya maupun dari orang lain.

  1. Justification

Hal ini dimaksudkan mampu memberikan bukti – bukti, contoh dan juga justifikasi terhadap suatu solusi atau kesimpulan yang telah diambilnya.  Termasuk didalam nya senantiasa memberi penjelasan mengenai keuntungan. Dan juga kekurangan dari suatu situasi dan solusi.

  1. Linking ideas

Hal ini memiliki arti senantiasa menghubungkan fakta, idea, atau pandangan serta mencari data baru dari info yang berhasil dikumpulkan.

  1. Ambiguity clarified

Hal ini dimaksudkan untuk mencari penjelasan atau informasi lebih lanjut jika dirasakan ada ketidak jelasan.

  1. Outside material

Hal ini dimaksudkan menggunakan pengalamannya sendiri atau bahan – bahan yang diterimanya dari perkuliahan.

  1. Novelty

Hal ini dimaksudkan pembaharuan dari isi pikiran, baik dalam membawa ide – ide atau informasi baru maupun dalam bersikap dan menerima adanya ide – ide orang lain.

  1. Importance

Hal ini dimaksudkan penting tidaknya isu atau pokok – pokok pikiran yang dikemukakan.

  1. Relevance

Adalah relevansi dari pernyataan yang dikemukakan.

Namun secara garis besar, untuk berfikir kritis di atas memang dapat dibedakan dalam berbagai macam kegiatan:

  1. Analisa argument
  2. Berpusat pada pernyataan
  3. Evaluasi kebenaran dari sumber informasi
  4. Bertanya dan menjawab pertanyaan untuk klarifikasi.

Lalu apa saja manfaat yang anda dapatkan dari berfikir kritis yang anda lakukan diantaranya:

  1. Mudah dalam memahami sudut padang orang lain

Karena orang yang berfikir kritis akan melakukan analisis terhadap sudut pandang orang lain sehingga tidak terpatok pada pemikiran diri sendiri.

  1. Memiliki banyak alternatif jawaban dan juga ide yang kreatif

Karena permasalahan tersebut akan dianalis dan evaluasi terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.  Saat mengevaluasi akan ditemukan sebagai jawaban dan ide untuk menyelesaikan masalah yang ada.

  1. Bisa anda jadikan sebagai rekan kerja yang baik dan dapat anda andalkan

Berfikir kritis dapat membentuk rekan kerja kita terutama dalam menyelesaikan tugas pekerjaan. Khususnya dalam membantu perusahaan juga.

  1. Menjadi lebih mandiri dalam menghadapi permasalahan

Berfikir kritis akan lebih mandiri terutama dalam menghadapi permasalahan. Karena mereka tidak banyak mengandalkan orang lain saat menghadapi permasalahan.

  1. Dapat memperoleh sebuah peluang baru

Dapat menemukan berbagai macam peluang baru, jika berfikir kritis karena lebih tajam dalam melihat.  Sehingga mampu menghasilkan ide yang lebih kreatif.

Demikian Ciri ciri berpikir kritis dalam islam, contoh tindakan orang yang berpikir kritis dalam islam, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *