6 CARA MEMPERTAHANKAN PANGSA PASAR SEBUAH PERUSAHAAN

  • Whatsapp
sumber: https://pengajar.co.id/pengertian-pangsa-pasar-segmentasi-tujuan-contoh-dan-strateginya/

Jika anda sedang mencari cara mempertahankan pangsa pasar untuk sebuah perusahaan agar meningkat jumlah pelanggannya. Maka anda bisa KLIK DISINI!

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan pangsa pasar? Pangsa pasar atau market share sendiri adalah bagian dari pasar yang dikuasai sebuah perusahaan dan seluruh potensi jual. Umumnya dinyatakan dalam bentuk persentase. Market share atau pangsa pasar sendiri adalah persentase total penjualan perusahaan dari seluruh sumber dengan total penjualan produk. Baik bentuknya barang atau jasa dalam industri tertentu. Juga sering disebut sebagai persentase penjualan yang telah dibukukan perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu. Yang artinya, market share menjadi salah satu indikator yang dipakai perusahaan dalam mengukur keberhasilan dibanding kompetitor. Sebagai contoh, sebuah perusahaan pada tahun 2018 mempunyai target pangsa pasar sebanyak 15% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut dibutuhkan anggaran Rp. 50 juta untuk biaya promosi. Apabila pangsa pasar yang didapat oleh perusahaan tersebut lebih dari 15%, misalnya 17%. Maka artinya kinerja sebuah perusahaan tersebut sudah berjalan dengan baik. Tetapi jika di tahun tersebut pangsa pasar yang didapat hanya sebesar 10%. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pemasaran dari sebuah perusahaan tersebut kurang berjalan dengan baik. Dimana perusahaan tersebut nantinya bisa menghadapi masalah efisiensi dan efektifitas.

sumber: https://pengajar.co.id/pengertian-pangsa-pasar-segmentasi-tujuan-contoh-dan-strateginya/

6 Cara Mempertahankan Pangsa Pasar Yang Baik

Tentunya sebuah perusahaan pastinya menginginkan usahanya tetap berjalan dengan baik dan mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini tentunya tidak hanya menguntungkan perusahaan dan bos saja. Tetapi juga menyejahterakan karyawan yang sudah turut andil dalam memajukan perusahaan tersebut. Oleh sebab itulah jika sebuah perusahaan mengalami masalah terkait pangsa pasar. Maka ada beberapa hal yang harus dikaji dengan baik terlebih dahulu. Diantaranya adalah besarnya pangsa pasar yang terbilang cukup tinggi sehingga tidak mampu dicapai. Adanya pesaing baru yang semakin meningkat di industri yang sama. Juga terjadinya penurunan daya saing terhadap perusahaan. Serta promosi yang tidak bisa mencapai target market atau tidak bisa tepat sasaran. Saat sebuah perusahaan akan mengeluarkan produknya, maka perusahaan harus mengetahui dengan baik ukuran pasar saat itu apa saja. Dan dalam hal ini tentunya harus dilakukan riset pasar terlebih dahulu. Dengan begitu sebuah perusahaan bisa membidik dengan baik dan mengetahui potensi pasar tentunya. Jika sudah mengetahui segmen pasar yang akan dibidik, maka harus mempelajari siapa saja pesaingnya. Serta berapa jumlah pasar yang dikuasai oleh sang kompetitor.

Berikut ini ada beberapa cara mempertahankan pangsa pasar untuk perusahaan anda.

  1. Menambahkan produk dan layanan terbaru

Untuk cara pertama memang terdengar begitu sederhana. Karena hanya perlu menambahkan produk dan layanan baru. Tetapi perlu diketahui bahwa menjalankan strategi ini dengan baik tentunya membutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat. Karena anda harus mengerti dengan baik produk dan layanan seperti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Jika hanya asal menambah produk atau layanan baru tanpa mengetahui apakah bermanfaat atau tidak. Tentunya cara ini hanya menjadi boomerang untuk perusahaan sendiri. Selain itu, banyak dari mereka yang akan membayar untuk menambah jumlah produk dan layanan baru. Cara terbaik untuk mengetahui apakah produk dan layanan baru bisa memenuhi permintaan atau tidak. Maka cara terbaiknya adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Dengan begitu perusahaan bisa mengetahui apa dan jumlah yang diinginkan oleh masyarakat.

  1. Jual produk dan layanan yang sudah ada dengan peningkatan jumlah

Dengan menggunakan metode ini, anda bisa meningkatkan jumlah penjualan untuk pelanggan yang sudah ada. Selanjutnya anda bisa fokus ke penjualan serta strategi marketing pada segmen ini. Bisa dikatakan jika strategi ini pun terlihat sangat mudah, tetapi sebenarnya strategi ini cukup sulit dilakukan. Sebab membutuhkan analisis segmentasi pasar. Oleh sebab itulah sebelum melakukan strategi ini membutuhkan analisis segmentasi pasar. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi segmen konsumen yang paling banyak membeli.

  1. Melebarkan area pasar ke tempat yang baru

Untuk cara ini, maka perusahaan harus mencari pelanggan baru yang potensial. Dan dalam hal ini tentunya membutuhkan riset lapangan terlebih dahulu. Yang mana dilakukan untuk melihat apakah produk yang dijual nantinya bisa diterima oleh pelanggan atau tidak. Oleh sebab itulah riset pasar dibutuhkan untuk menentukan daerah mana yang akan dijadikan target pasar baru. Jika memang sebuah daerah memiliki potensi yang cukup besar, maka langkah selanjutnya adalah memilih lokasi strategis. Dimana lokasi strategis ini dipilih untuk memasarkan produk pada pelanggan baru sedekat mungkin. Perusahaan pun akan melakukan beberapa strategi untuk membangun bisnis dari awal. Tetapi jika daerah tersebut tidak memiliki potensi yang cukup baik untuk pemasaran produk. Maka akan lebih baik untuk mencari daerah lain yang memiliki potensi cukup besar.

  1. Menargetkan pasar dan pelanggan yang baru

Umumnya perusahaan yang akan memasarkan produk berdasarkan demografi tertentu. Misalnya dari segi usia, lokasi, dan jenis kelamin. Juga bisa berdasarkan psikografis seperti kegiatan, minat dan nilai-nilai tertentu. Namun perlu diketahui, bahwa tidak hanya berdasarkan hal-hal itu saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pelanggan baru lebih banyak. Karena ada banyak pelanggan baru yang bisa memanfaatkan produk sebuah perusahaan dengan baik mungkin. Dalam hal ini bisa memanfaatkan iklan atau memasarkan produk dengan memanfaatkan media. Baik itu media internet, media cetak, atau media elektronik. Namun usahakan memilih media yang tepat dan waktu yang tepat juga. Sehingga proses iklan bisa tersasar ke konsumen dengan lebih baik tentunya.

  1. Memasuki sistem penjualan baru

Seperti yang sudah sedikit disinggung pada poin nomor 4 untuk cara mempertahankan pangsa pasar. Jika media promosi yang anda lakukan sekarang sudah tidak efektif. Maka anda bisa mencoba media pemasaran yang sekarang ini sedang trend dan banyak diminati, yakni digital marketing. Untuk buktinya pun sudah banyak, salah satunya adalah toko kecil yang beralih ke sistem pemasaran online. Dan terbukti berhasil dan mendapatkan banyak keuntungan dari sistem pemasaran online ini. Terlebih lagi media untuk pemasaran online sendiri pun cukup banyak dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Juga perusahaan harus menentukan dengan baik strategi online marketing seperti apa yang akan dipilih. Dari segi SEO pun diperlukan untuk memudahkan customer dunia maya dalam menemukan sebuah produk.

  1. Mengambil alih bisnis lain

Jika bisnis perusahaan dirasa kurang mempunyai jumlah pasar atau ingin menjangkau pasar dengan lebih luas. Maka perusahaan tersebut bisa mengambil alih perusahaan lain. Maka nantinya jumlah pelanggan perusahaan tersebut akan otomatis meningkat. Untuk contohnya, perusahaan pembuatan makanan ringan ingin meningkatkan jumlah pelanggan dan mengurangi jumlah pesaing. Maka perusahaan tersebut akan membeli beberapa perusahaan makanan lain. Dengan begitu pelanggan perusahaan makan lain tersebut akan otomatis menjadi pelanggan perusahaan makanan ringan. Namun hal ini tentunya membutuhkan pertimbangan yang cukup matang terlebih dahulu sebelum eksekusi. Perusahaan yang akan di akuisisi pun harus benar-benar perusahaan yang legal dan tidak ada masalah.

Dengan adanya 6 cara mempertahankan pangsa pasar tentu anda bisa memetakan bagaimana perusahaan tersebut akan bertahan dan berkembang. Semoga poin-poin diatas juga bisa membantu anda untuk meningkatkan jumlah pelanggan secara siginifikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *