ARTI GARUDA PANCASILA SEBAGAI LAMBANG NEGARA INDONESIA

  • Whatsapp

Cari informasi arti garuda pancasila sebagai lambang negara, arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia untuk diketahui bersamaKLIK DISINI!

Sebagai warga negara yang baik tentunya sudah seharusnya anda tahu arti garuda pancasila sebagai lambang negaraSeperti yang kita ketahui bahwa lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan bhineka tunggal ika.  Lambang negara Indonesia yakni berupa burung Garuda dengan kepala menoleh ke sebelah kanan.  Perisai burung garuda ini mempunyai jantung yang digantung dengan rantai pada leher burung Garuda.  Semboyan yang terdapat pada lambang negara Burung Garuda ini memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika dengan artik berbeda-beda namun tetap satu jua.  Letak tulisan semboyan negara Indonesia ini ada di atas pita yang di cengkeram oleh burung Garuda.  Tentunya semua lambang tersebut memiliki arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia yang sangan dalam maknanya.  Namun demikian sebelum membahas secara rinci mengenai arti garuda pancasila sebagai lambang negara.  Anda harus tahu sekilas sejarah penetapan lambang Burung Garuda sebagai lambang negara Indonesia.  Ternyata lambang tersebut dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak yang disempurnakan dan diresmikan oleh Ir. Soekarno.  Yakni pada saat pertama kai sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat pada tanggal 11 Februari 1950 silam.  Kini penggunaan lambang negara Burung Garuda ini diatur pada peraturan pemerintah No. 43 Tahun 1958.  Dan ternyata ada sebuah sejarah dan arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia yang harus diketahui seluruh bangsa Indonesia.

Deskripsi Arti Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Republik Indonesia

Melihat sekilas sejarah dari arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia ternyata dahulu sering tampil pada berbagai candi kuno di Indonesia.  Mulai dari candi Prambanan, Mendut, Sojiwan, Penataran, Belahan, Sukuh dan Cetho yagn berbentuk relief atau arca.  Banyak kisah-kisah tentang burung Garuda pada kerajaan kuno yang ada di Indonesia memiliki sebuah lambang yang mendalam.  Yang mana burung Garuda diartikan sebagai lambang kebajikan, pengetahuan, kekuatan, keberanian, kesetiaan dan juga disiplin.  Burung Garuda yang menjadi kendaraan Wisnu ini memiliki fungsi sebagai pemelihara dan penjaga tatanan alam semesta.  Mulai awal proses burung Garuda sebagai lambang negara dengan arti garuda pancasila sebagai lambang negara Indonesia yang begitu mendalam.  Yakni dimulai setelah perang kemerdekaan Indonesia tahun 1945 – 1949 yang disusul dengan pengakuran kedaulatan Indonesia oleh Belanda.  Melalui Konferensi Meja Bundar Tahun 1949 yang menetapkan bahwa Indonesia harus memiliki lambang Negara.  Pada tanggal 10 Januari 1950 dibentuk Panitia Teknis dengan sebutan Panitia Lencana Negara dibawah Koordinator Menteri Negara Zonder Porto Folio Sultan Hamid II.  Yang tersusun dari panitia Muhammad Yamin (ketua), Ki Hajar Dewantoro, M A Pellaupessy, Moh Natsir, dan RM Ng Poerbatjaraka.  Dalam sejarah penetapan arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia yang diterima adalah usulan rancangan Sultan Hamid II.  Dan karya rancangan Muhammad Yamin ditolak karena menyertakan lambang sinar matahari sebagai pengaruh Jepang.

Sejarah singkat mengenai penetapan dari arti garuda pancasila sebagai lambang negara Indonesia sudah kita bahas secara detail.  Selanjutnya anda pun sebagai warga negara yang baik harus tahu deskripsi dan filosofi dari arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia, berikut ini:

  1. Garuda
  • Arti garuda pancasila sebagai lambang negara, bahwa Garuda Pancasila sebagai burung Garuda yang dikenal pada     mitologi kuno sejarah Bangsa Indonesia. Yakni sebagai kendaraan Wisnu yang mirip dengan burung elang rajawali.  Garuda dipilih sebagai lambang negara Indonesia untuk menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan negara yang kuat.  Sehingga ini menjadi sebuah harapan yang diwujudkan secara nyata bahwa bangsa Indonesia harus kuat untuk tetap bersatu mencapai kehidupan lebih baik.
  • Warna keemasan pada arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia sebagai lambang keagungan dan kejayaan.
  • Burung Garuda memiliki paruh, sayap, ekor dan cakar yang memiliki arti garuda pancasila sebagai lambang negara Indonesia kekuatan dan tenaga pembangunan.
  • Jumlah seluruh bulu Garuda Pancasila sebagai lambang Negara Indonesia sesuai dengan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Adapun pembagiannya sebagai berikut:
  1. Bulu pada masing-masing sayap Garuda berjumlah 17 helai sesuai tanggal hari kemerdekaan negara Indonesia
  2. Bulu pada bagian ekor Garuda berjumlah 8 helai sesuai bulan hari kemerdekaan bangsa Indonesia
  3. Bulu pada bawah perisai dan pangkal ekor Garuda berjumlah 19 helai sesuai tahun kemerdekaan
  4. Dan bulu pada bagian leher Garuda berjumlah 45 helai sesuai tahun kemerdekaan

 

  1. Perisai

Selanjutnya anda juga harus tahu arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia pada bagian perisai.  Adapun penjelasan secara detail, arti garuda pancasila sebagai lambang negara, arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia.  Pada bagian perisai berikut ini:

  • Perisai adalah tameng yang sudah sejak lama dikenal pada kebudayaan dan peradaban bangsa Indonesia. Yakni sebagai sebuah senjata yang melambangkan sebuah perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai sebuah tujuan.
  • Pada bagian tengah perisai terdapat sebuah garis hitam tebal yang menggambarkan garis khatulistiwa sebagai lokasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yakni sebagai negara Tropis yang tepat berdiri dan dilintasi garis Khatulistiwa dari Timur ke Barat.
  • Warna pada ruang perisai yakni merah dan putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia dengan bagian tengah warna dasar hitam.
  • Pada bagian perisai terdiri dari 5 buah ruang dengan masing-masing lambang yang menggambarkan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Adapun pengertian masing-masing lambang pada perisai burung Garuda sebagai berikut;
  1. Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dengan lambang Bintang yang bersudut lima dengan latar hitam.
  2. Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab dilambangkan tali rantai bermata bulat dan persegi dengan latar merah.
  3. Sila ketiga Persatuan Indonesia dengan lambang Pohon Beringin dengan latar putih.
  4. Sila keempat Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan dengan lambang Kepala Banteng berlatar merah.
  5. Sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dengan lambang padi dan kapas dengan latar putih.

  1. Pita Dengan Tulisan Semboyan Bhineka Tunggal Ika

Selanjutnya anda juga harus tahu arti garuda pancasila sebagai lambang negara Indonesia pada bagian pita dengan tulisan semboyan bangsa Indonesia.  Adapun arti dari lambang pita pada arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia, arti garuda pancasila sebagai lambang negara Indonesia adalah:

  • Kedua cakar Burung Garuda Pancasila mencengkeram sebuah pita putih dengan tulisan semboyan bangsa Indonesia Bhineka Tunggal Ika warna hitam.
  • Semboyan bangsa Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika yang berasal dari kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Artinya bhineka beraneka ragam, atau berbeda-beda, sedangkan tunggal berarti satu, dan Ika berarti itu.  Makna rangkaian arti tersebut bahwa meskipun bangsa Indonesia tersusun dari banyak perbedaan, tetapi hakikatnya tetap satu kesatuan.  Bangsa yang saling mendukung satu sama lain, saling menghormati, salon menghargai dan saling mendukung untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Demikianlah tadi penjelasan secara detail arti garuda pancasila sebagai lambang negara indonesia untuk diketahui oleh seluruh bangsa Indonesia.  Ini sebagai sebuah sejarah bagi generasi penerus bangsa dari perjuangan pahlawan bangsa dan rakyat terdahulu untuk meraih kemerdekaan dari penjajahan.  Agar seluruh bangsa Indonesia sampai kapan pun tetap bersatu dan berjuang memajukan bangsa Indonesia.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *