3 CONTOH KALIMAT KOMPLEKS SUBORDINATIF YANG SERING KITA JUMPAI

  • Whatsapp
sumber: https://rumusbilangan.com/contoh-kalimat-kompleks/

Ingin mengetahui 3 contoh kalimat kompleks subordinatif yang sering kita jumpai? Jangan khawatir temukan infromasi yang anda cari dengan KLIK DISINI!

3 contoh kalimat kompleks subordinatif – Kompleks subordinatif memiliki pengertian yang mana memuat 2 kata kerja dalam satu kalimat yang mana di hubungkan dengan konjungsi subordinatif. Sedangkan untuk konjungsi kompleks merupakan kata penghubung yang di gunakan untuk menghubungkan 2 buah frasa, klausa atau dengan kalimat yang memiliki kedudukan tidak setara atau bisa di sebut juga tidak sederajat. Nah untuk konjungsi subordinatif sendiri merupakan kebalikan dari konjungsi koordinatif. Dimana untuk konjungsi koordinatif merupakan sebuah unsur yang di gunakan dengan baik untuk menggabungkan sebuah kata, frasa, klausa dan juga dengan kalimat yang membuat kata atau kalimat tersebut akan bersatu dan lebih mengikat. Nah 3 contoh kalimat kompleks subordinatif yang mana bisa kita ketahui seperti dengan kata agar, supaya, untuk. Namun juga masih banyak contoh lain yang bisa kita temukan juga. Diantaranya mulai dari sebab, seperti, seakan—akan, jika, sejak, ketika, andaikan, walaupun, bahwa dan lain sebagainya. Tentu saja kata tersebut sudah tidak asing lagi. Tentu setiap orang pun sudah sering menyebut dari beberapa kata tersebut. Bahkan hampir setiap hari banyak orang yang menyebut kata tersebut. Sebagai salah satu contoh yang bisa kita jumpai dalam penggunaan kata tersebut dalam menggabungkan kalimat adalah “Dia belajar sungguh—sungguh agar bisa mendapatkan nilai terbaik saat ujian”.

sumber: https://rumusbilangan.com/contoh-kalimat-kompleks/

Inilah 3 Contoh Kalimat Kompleks Subordinatif

Dari yang sering kita jumpai, kalimat kompleks subordinatif menjadi salah satu kalimat yang memang sudah tidak asing lagi dan memang sering kita jumpai. Namun beberapa orang yang menyebutkan akan kata tersebut dalam menggabungkan sebuah frasa, kaula maupun kalimat kurang menyadari. Dimana banyak orang kurang menyadari jika kalimat tersebut termasuk di kategori kalimat kompleks subordinatif. Dan kali ini juga penting untuk anda mengenal dari jenis—jenis konjungsi subordinatif. Tujuannya agar anda bisa lebih jelas mengenal dari 3 contoh kalimat kompleks subordinatif, Adapun beberapa jenis konjungsi subordinatif adalah sebagai berikut ini:

  1. Konjungsi subordinatif atributif

Untuk Konjungsi subordinatif atributif ialah kata / klausa utama dengan adanya klausa penjelasnya. Untuk konjungsi yang di gunakan ialah dengan kata yang.

  1. Konjungsi subordinatif tujuan

Untuk konjungsi subordinatif tujuan sendiri ialah di gunakan sebagai cara menerangkan yang mana adanya kaitan hubungan dan tujuan diantara 2 klausa / kalimat. Untuk konjungsi yang di gunakan ialah dengan kata Agar, Supaya ataupun Biar.

  1. Konjungsi subordinatif syarat

Untuk konjungsi subordinatif syarat sendiri di gunakan untuk menggabungkan dua klausa yang mana sederajat, dimana kedua klausa tersebut memiliki syarat. Untuk konjungsi syarat sendiri kata yang di gunakan ialah jika, jikalau, asalkan, bila, dan manakala

  1. Konjungsi subordinatif waktu

Untuk konjungsi subordinatif waktu yang mana di gunakan untuk menghubungkan dua klausa atau kalimat yang tidak sejajar yang juga berhubungan dengan waktu. Untuk konjungsi subordinatif waktu sendiri terbagi menjadi 4 kategori diantaranya adalah:

  • Menurut waktu permulaan, kata yang di gunakan adalah sejak atau sedari
  • Menurut waktu bersama, kata yang di gunakan adalah Serta, Sewaktu, tatkala, ketika, selama, sambil, sementara, selagi, dan seraya
  • Menurut waktu berurutan, Kata yang di gunakan adalah Sebelum, begitu, sesudah, sesuai, sehabis, setelah, dan selesai
  • Menurut waktu batas akhir, Kata yang di gunakan seperti Sampai, hingga

 

  1. Konjungsi subordinatif pengandaian

Untuk konjungsi subordinatif pengandaian di gunakan untuk menghubungkan dua klausa atau kalimat yang mana untuk menerangkan hubungan pengandaian. Kata yang di gunakan untuk konjungsi ini seperti dengan andaikan, seandainya, umpamanya dan sekitarnya.

  1. Konjungsi subordinatif konsesif

Untuk konjungsi subordinatif konsesif ialah di gunakan untuk menyatakan keadaan yang berlawanan antara dua klausa atau dari kalimat tersebut. Kata yang di gunakan untuk konjungsi yang satu ini adalah dengan biarpun, walaupun, sekalipun, sungguhpun, dan kendatipun.

  1. Konjungsi subordinatif pembandingan

Untuk konjungsi subordinatif pembandingan sendiri ialah di gunakan untuk menyatakan persamaan diantara 2 klausa atau dengan kalimat. Kata yang di gunakan untuk konjungsi yang satu ini adalah seakan—akan, seolah—olah, sebagaimana, seperti, sebagai, laksana, ibarat, dan alih—alih.

 

  1. Konjungsi subordinatif sebab

Untuk konjungsi subordinatif sebab ialah di gunakan untuk menghubungkan sebab diantara dua klausa atau kalimat.  Dan bentuk konjungsi yang di gunakan adalah sebab, karena, oleh, oleh sebab, oleh karena.

  1. Konjungsi subordinatif hasil

Untuk Konjungsi subordinatif hasil dimana klausa ataupun kalimat hasil yang di dapatkan adalah dari klausa atau kalimat yang sebelumnya. Kata yang di gunakan untuk konjungsi yang satu ini adalah dengan sehingga, sampai-sampai, makanya.

  1. Konjungsi subordinatif alat

Untuk konjungsi subordinatif alat dimana menyatakan bila salah satu klausa atau kalimat yang di gunakan adalah dari suatu kegiatan maupun aktivitas yang kemudian dijabarkan dalam klausa atau kalimat sebelumnya. Untuk kata yang di gunakan pada konjungsi yang satu ini adalah dengan (menggunakan) dan tanpa (menggunakan)

  1. Konjungsi subordinatif cara

Untuk konjungsi subordinatif cara dimana akan menyatakan suatu klausa ataupun kata yang merupakan sebuah cara dari suatu kegiatan dan di tuliskan dalam klausa atau kalimat sebelumnya.  Untuk kata konjungsi yang di gunakan adalah dengan dan tanpa.

  1. Konjungsi subordinatif komplementasi

Untuk konjungsi subordinatif komplementasi sendiri adalah suatu klausa atau kalimat yang mana hanya di gunakan sebagai pelengkap kalimat sebelumnya. Untuk kata yang di gunakan adalah kata bahwa.

  1. Konjungsi subordinatif perbandingan

Untuk konjungsi subordinatif perbandingan ialah menyatakan adanya hubungan kesamaan ataupun perbedaan yang mana diantara dua klausa atau kalimat. Untuk kata yang di gunakan adalah dengan samadengan, lebihdari(pada)

Agar anda sendiri bisa lebih jelas dalam mengetahui 3 contoh kalimat kompleks subordinatif, tentunya anda bisa ketahui beberapa contoh di bawah ini juga. Inilah 3 contoh kalimat kompleks subordinatif yang bisa kita ketahui dengan baik adalah:

  1. Tina meninggalkan rumah karena ayah tina telah mengusir tina.
  2. Ibu membersihkan rumah setiap hari supaya rumah menjadi sehat dan rapi
  3. Ryan di tangkap polisi sebab rian sudah melakukan tindakan kriminal
  4. Ibu akan pergi ke pasar jika ibu membutuhkan keperluan dapur
  5. Rani membersihkan halaman rumah sambil mendengarkan musik pop
  6. Rumah sudah ramai Ketika ayah pulang bekerja
  7. Wulan akan pergi ke pesta jika hujan sudah reda
  8. Mereka diam—diam seakan—akan tidak mengetahui sebab kejadian kecelakaan
  9. Ayu bisa melakukan kuliah dengan gaji yang sudah di dapatkan bulan lalu
  10. Aku sudah tahu bahwa sejak dulu dia hanya hobi berenang

Nah itu baru 3 contoh kalimat kompleks subordinatif yang mana pastinya sudah sering kali kita dengar setiap hari. Namun masih banyak contoh lain yang juga bisa kita ketahui. Anda pun pastinya sudah sering menggunakan penggabungan kata tersebut, namun anda mungkin kurang menyadari jika yang anda katakan bukan kalimat kompleks subordinatif. Setelah mengetahui ulasan di atas, dan juga dengan 3 contoh kalimat kompleks subordinatif, di harap anda lebih mengetahui dengan jelas akan kalimat kompleks subordinatif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *